PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SCARLETT WHITENING DI KOTA MADIUN (Studi kasus pada pengguna Scarlett Whitening Kota Madiun)

Andini Feby Mulandari, Rizal Ula Ananta Fauzi, Dwi Murniyati

Abstract


Persaingan perusahaan kecantikan menuntut perusahaan untuk terus melakukan inovasi produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh electronic word of mouth, social media marketing dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada pengguna produk Scarlett Whitening di Kota Madiun. Penelitian ini dilakukan pada pengguna Scarlett Whitening di Kota Madiun dengan pengambilan sampel sebanyak 384 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan bantuan software SmartPLS versi 4. Hasil penelitian ini adalah electronic word of mouth tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Scarlett Whitening di Kota Madiun, social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Scarlett Whitening di Kota Madiun dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Scarlett Whitening di Kota Madiun.

 

Kata Kunci : Electronic Word of Mouth, Social Media Marketing, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Abdilla, M., & Husni, E. (2018). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Barbershop ‘X’ Kota Padang. Menara Ekonomi, IV(1).

Ardhiansyah, A., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Social Media Marketing dan E-Wom Terhadap Minat Beli Produk Geoffmax. Jurnal Akuntabel, 18(3), 379–391. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL/article/view/9704

Daud, A. (2011). Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. AKMEN Jurnal Ilmiah, 8(4). https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i4.9890

Furyanah, A., Adi, P. H., & Maharani, H. (2021). Social Media Is A Moderating Variables of purchasing Decisions: A Case Study on SMEs Robusta Coffee. Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 169–180.

Ghozali, & Latan. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Badan Penerbit UNDIP.

Ismagilova, E., Dwivedi, Y. K., Slade, E., & Williams, M. D. (2017). Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing Context. In SpringerBriefs in Business. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-52459-7

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. In Pearson (17th ed.). Lego.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15 New Jer). Pearson Pretice Hall,Inc.

Kujur, F., & Singh, S. (2017). Engaging customers through online participation in social networking sites. Asia Pacific Management Review, 22(1), 16–24. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2016.10.006

Mendur, M. E. M., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal Emba, 9(3), 1077–1086. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/35296/33013

Narayana, K. G. S., & Rahanatha, G. B. (2020). Peran Brand Image Memediasi Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1962. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i05.p16

Putri, N. H., Sari, N. S., & Rahmah, N. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Riset Konsumen: Target Pasar, Perilaku Pembelian Dan Permintaan Pasar (Literature Review Perilaku Konsumen). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(5), 504–514.

Rahma, Y. P., & Setiawan, B. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Sunscreen Azarine. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 2477–1783.

Rosita, A., Lukitaningsih, A., & Fadhilah, M. (2022). Peran Celebrity Endorse, Citra Merek, Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Niat Beli (Studi Kasus Pada Produk Scarlett). Jurnal MANAJERIAL, 21(1), 95–110. https://doi.org/10.17509/manajerial.v21i1.47201

Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado (The Influence Of Location, Promotion And Price Perception To Consumer Purchase On Kawanua Emerald City Manado Housing). Jurnal EMBA, 7(1), 881–890. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/22916

Septyansyah, I., & Abadi, F. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Kekinian di Bekasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.

Sualang, G. M. C., Mandey, S. L., & Ogi, I. W. J. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt . Mandala Finance Tbk , Cabang Ratahan. EMBA, 11(2), 335–344.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suhud, U., Allan, M., Rahayu, S., & Prihandono, D. (2022). When Brand Image, Perceived Price, and Perceived Quality Interplay in Predicting Purchase Intention: Developing a Rhombus Model. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 11(1), 232–245. https://doi.org/10.36941/ajis-2022-0021

Upadana, M. wahyu K., & Pramudana, K. A. S. (2020). Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1921. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i05.p14


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun