PENGARUH E-PROMOTION, BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE

Egidia Sofia Tasya, Rizal Ula Ananta Fauzi, Dwi Murniyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh E-Promotion, Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee dengan mengambil sampel sebanyak 384 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dan kemudian diolah menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini adalah e-promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna Shopee di Madiun, brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna Shopee di Madiun, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna Shopee di Madiun.

 

Kata Kunci: E-Promotion, Brand Ambassador, Brand Image, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.55583/invest.v2i1.111

Andriani, F. (2021). Pengaruh Iklan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia di Jabodetabek). 1(3), 266–278.

Asdarianto, M. A. (2022). Pengaruh Harga, Promsi dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV. Honda Makmur Motor Enrekang Di Kab. Enrekang.

Astuti, N. L. G. S. D., Widhyadanta, I. G. D. S. A., & Sari, R. J. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Lazada Terhadap Keputusan Pembelian Online. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(10), 897. https://doi.org/10.24843/eeb.2021.v10.i10.p07

Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 114. https://doi.org/10.24036/jkmb.10994100

Cahyanti, & Purwati. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan. Manajemen, 12(1), 12.

Darmawan, P. (2022). Strategi Harga Dan Promosi Yang Dilakukan E- Commerce Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Bina Manajemen, 10(2), 64–77. https://doi.org/10.52859/jbm.v10i2.206

Eddy Soegiarto K Mardiana, M. (2016). Perilaku Konsumen dalam Berbelanja Pakaian Wanita di Pasar Pagi Samarinda. Ekonomia, 5(3), 298–312.

Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840

Firdaus, N. I., & DH, A. F. (2017). Pеngaruh Grееn Markеting Tеrhadap Brand Imagе Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian ( Studi pada Follow е rs Instagram @ Starbucksindon е sia ). 50(3), 19–26.

Ghoni, A., & Bodroastuti, T. (2012). Pengaruh Faktor Budaya , Sosial , Pribadi Dan Psikologi Terhadap Perilaku Konsumen ( Studi Pada Pembelian Rumah di Perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang ) The Influence Of Factor Of Cultural , Social , Personality And Psychology On Customer Behavior S. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala, 1–23.

Hermansyah, T., Kamanda, S. V., & Qolbi, N. (2022). Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Ditinjau Dari Pengaruh Faktor Sales Promotion, Brand Image Dan Price. Jurnal Al-Amal, 1(1), 19–25. https://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/jurnal-al-amal/article/view/122

Ilmi, S., Pawenang, S., & Marwati, F. S. (2020). Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador, Brand Image, dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Korean Spicy Chicken. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(01), 103–113. https://doi.org/10.29040/jie.v4i01.822

Mauludin, M. S., Saputra, A. D., Sari, A. Z., & Munawaroh, I. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Transaksi Di e-Commerce. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(1). https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings

Misri, & Sasmita, Y. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Handphone OPPO ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi ). Jurnal Universitas Islam Sumatera Utara Medan, 58–66.

Mz, S. R. A. A., & Wulandari, A. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Chatime (Studi Pada Mahasiswa Universitas Telkom 2016). 14–19.

Nuryani, F. T., Nurkesuma, N., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 452–462. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4

Oscar, B., & Sumirah, D. (2019). Pengaruh Grooming Pada Customer Relations Coordinator (CRC) Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Astra international TBK Toyota Sales Operation (Auto2000) Pasteur. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 9(1), 1–11.

Paendong, M., & Tielung, M. V. J. (2016). Pengaruh Kebutuhan Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Smartfren Di Galeri Smartfren Cabang Manado. 16(04), 387–395.

Prasastono, N., Rahmawati, E., Yulianto, S., & Pradapa, F. (2017). Effect Of Price , Quality Products And Brand Image Purchase Decisions Getuk Pisang " Sari Madu " Kediri. 324–337.

Probosini, D. A., Hidayat, N., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Promosi, Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian dan Brand Image sebagai Variabel Intervening Pengguna Tokopedia di Jabodetabek. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Rusli, R., Hutabarat, R. D., & Salasa, Y. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Word of Mouth Terhadap Brand Image Produk Fashion Damn! I Love Indonesia Di Kalangan Mahasiswa Tangerang. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 6(Agustus), 77–89.

Silfiani, Y. Y., & Utomo, H. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amdk Java (Studi Kasus Pada Konsumen Mahasiswa STIE AMA, IAIN Dan UKSW Salatiga) (Yen Yen Silfiani, Hardi Utomo). 37–54.

Simangunsong, R., & Morina. (2021). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa Universitas Hkbp Nommensen Medan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 1(2), 131–149. https://doi.org/10.51622/jispol.v1i2.413

Sri Wdyanti Hastuti, M. A., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99–102. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v8i2.622

Suparwi, & Fitriyani, S. (2020). Pengaruh Product Knowledge , Brand Image , Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Top White Coffe. 8(2), 253–272.

Wajongkere, R. D., Tampi, J. R. E., & Tamengkel, L. F. (2020). Brand Image Mobil Daihatsu Sigra terhadap Keputusan Pembelian di PT . Astra International Tbk . Daihatsu Malalayang. Productivity, 1(5), 441–445.

Wijaya, V. H. (2019). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Kirei Indonesia Bandung. 3, 614. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41711%0Ahttp://repository.unpas.ac.id/41711/1/BAB I.docx

Yolanda, R. F., & Soesanto, H. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Daya Tarik Promosi, Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Mahasiswi FEB Universitas Diponegoro Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(4), 834–845.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun