PENGARUH BRAND AMBASSADOR, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), CITRA MEREK, PERSEPSI KONSUMEN, PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE WHITELAB (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Madiun)

Isnaini Khusnul Magfiroh, Rizal Ula Ananta Fauzi, Hendra Setiawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh brand ambassador, electronic word of mouth (e-wom), citra merek, persepsi konsumen, pengetahuan produk terhadap minat beli masyarakat pada pengguna skincare Whitelab di Kota Madiun dengan pengambilan sampel sebanyak 384 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan bantuan software SmartPLS versi 4.0.9.3. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada pengguna skincare Whitelab di Kota Madiun, electronic word of mouth (e-wom) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada pengguna skincare Whitelab di Kota Madiun, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada pengguna skincare Whitelab di Kota Madiun, persepsi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada pengguna skincare Whitelab di Kota Madiun, pengetahuan produk tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat beli pada pengguna skincare Whitelab di Kota Madiun.

 

Kata Kunci: Brand Ambassador, Electronic Word of Mouth (E-Wom), Citra Merek, Persepsi Konsumen, Pengetahuan Produk, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Aynie, R. Q., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2021). Strategi pemasaran electronic word of mouth pada e- commerce dalam menghadapi era digital 4 . 0 di indonesia Electronic word of mouth marketing strategy on e-commerce in facing the digital era. 17(1), 136–143.

Badri, J., & Safitri, T. S. R. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli Dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Instagram Pada Mahasiswa Di Kota Padang. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 372–380. https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i4.1377

Fernandes, & Junaedi, S. (2016). Pengaruh Country of Origin Image, Product Knowledge, Dan Product Involvement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Samsung. E-Journal UAJY, `, 1–15.

Fitriyah, F. (2020). Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Toko Seragam Lancar Jaya Kediri). 15–25. http://etheses.iainkediri.ac.id/1512/

Goldsmith, R. E., & Horowitz, D. (2006). Measuring Motivations for Online Opinion Seeking. Journal of Interactive Advertising, 6(2), 2–14. https://doi.org/10.1080/15252019.2006.10722114

Goyette, I., Richard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). Word-of-mouth measurement scale for eservice context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5–23.

Hosfiar, C. R., Astuti, M., & Iswanto, A. H. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek dan E-Wom Terhadap Minat Beli Obat Jamu Masuk Angin Bejo Jahe Merah Di Indonesia. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(10), 4920. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i10.4351

Ismagilova, E., Dwivedi, Y. K., Slade, E., & Williams, M. D. (2017). Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing Context. In SpringerBriefs in Business. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-52459-7

Limartha, M., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Brand Equity dan Product Knowledge Terhadap Minat Beli Konsumen Komunitas Hello Beauty Jakarta pada Produk Wardah. Prologia, 2(2), 426. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3723

Muflih, M., Setyowati, D. H., Assidiki, H., Purbayati, R., & Arshad, D. (2020). Niat Perilaku Pengguna Tabungan Koperasi Syariah : Peran Pengetahuan Produk , Kepercayaan , Persepsi Keuntungan , dan Persepsi Kualitas. 26–27.

Nainggolan, N. P., & Heryenzus, H. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Rumah Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 41–54. https://doi.org/10.30596/jimb.v19i1.1772

Oktaviani, N., & Zainurossalamia, S. Z. (2021). Pengaruh Brand Ambassador “Blackpink” terhadap Purchase Intention melalui Brand Image. Inovasi, 17(3), 395–402. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/Inovasi

Osak, D. J., & Pasharibu, Y. (2020). Pengaruh Brand Ambasador Dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Mediasi Brand Awareness. E- Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 9.4 (2020):357-380, 9.4, 357–380.

Putra, M. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Pengguna Line Di Asia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 12(1), 83211.

Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). Articel Pemasaran Citra Merek Ryan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870

Sukarta, I. W., Badera, I. D. N., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Pengaruh Kompetensi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Komitmen Dan Revisi Anggaran Pada Efektivitas Pengelolaan Anggaran Universitas Udayana. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 11, 3917. https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i11.p07

Sulistyowati, R., Paais, L. S., & Rina, R. (2020). Persepsi Konsumen Terhadap Penggunaan Dompet Digital. 4(1), 17–34.

Syamsu, A., & Produk, P. P. (2014). Aditya Syamsu dan Sanaji; Pengaruh Pengetahuan Produk ... 2.

Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 75–84. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.258

Ujianto Ujianto, & Abdurachman Abdurachman. (2004). Analisis Faktor-Faktor Yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung (Studi Perilaku Konsumen Sarung Di Jawa Timur). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), Pp.34-53. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/15648

Widiastuti, P. W., Sos, S., Yudisiani, D., & Si, M. (2014). Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Tas Hermes Tiruan Pada Wanita Karir Skripsi Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh derajat Sarjana Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu Oleh Rusdiana Wisudawati D1e008076.

Wiska, M., Resty, F., & Fitriani, H. (2022). Jurnal manajemen dewantara. Jurnal Manajemen Dewantara, 4(2), 90–97.

Yurita, A. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Matic Di Dealer Prima Motor Pasir pengaraian. Managemen Faculty, 2, 1–10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun