PENGARUH LIFESTYLE, BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEPATU VENTELA (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Madiun)

Endah Dwi Rahayu, Rizal Ula Ananta Fauzi, Hendra Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti dalam Keputusan Pembelian Produk Sepatu Ventela Yang Dipengaruhi Oleh Lifestyle, Brand Image, Kualitas Produk, Dan Electronic Word Of Mouth. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian survei. Populasi penelitian adalah pengguna sepatu Ventela di Kota Madiun yang berjumlah 385 orang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sofware SmartPLS (Partial iLeast iSquare) versi 4.0, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya beberapa masalah tentang keputusan pembelian produk sepatu Ventela yang dipengaruhi oleh lifestyle, brand image, kualitas produk dan electronic word of mouth. Hasil penelitian membuktikan bahwa lifestyle, brand image, kualitas produk, electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk sepatu Ventela.

 

Kata Kunci: Lifestyle, Brand Image, Kualitas Produk, Electronic Word Of Mouth, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Anam, M. iS., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal ikonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277

Aprillio, R. G., & Wulandari, A. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth TerhadapiKeputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Favehotel Hyper Square Bandung Tahun 2018). Proceeding of Applied Science, 4(3), 1–8. www.pikiranrakyat.com

Arrahman, B. ., Jupriani, & Heldi. i(2018). Dampak Modernisasi Fashion Terhadap Remaja Di Bangko Dalam Karya SeniiLukis Realis Kontemporer. The Journal of Art Education, 6(3).

Chandra, A. prijaya, & Santoso, T. (2019). Outlet Mini Melts Surabaya. Agora, 7(1), 1–5. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8172

Chevalier, J., and Mayzlin, D. (2006). The Effect of Word of Mouth on Sales: Online. In Book Reviews (p. i3).

Hidayat, R. I., & iudarwanto, T. (2022). Pengaruh gaya hidup, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan. 14(2), 470–478.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. In Surabaya: Unitomo Press.

Kotler, Phillip, & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 (Edisi i13). Erlangga.

Kotler, P. i(2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. PT. indeks Gramedia. Jakarta.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principle of Marketing (15th ied.). New Jersey: Pearson Prantice Hall.

Kotler, Philip & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., i& Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (12th ied.). Jakarta: PT. Indeks

Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontro. In Jilid 1. Edisi Bahasa Indonesia dari Principles of Marketing 9e. PT. Prenhalindo. Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management.. London: Pearson.

Laila, E. J., & Sudarwanto, T. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani Di Butik Qta Ponorogo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(2), 1–9.

Mahyarni, M. (2013). Theory Of Reasoned Action Dan Theory Of Planned Behavior. Jurnal EL-RIYASAH, 4(1), i13. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elriyasah/article/view/17

Maupa, H, Kadir N, S. (2019).iPengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian SepatuiConverse di Makassar. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 16(2), 135–168.

Prayoga, I., & Mulyadi, M. R. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PadaiFore iCoffee. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 73–91.

Rido Kurniawan, F. S. (2002). Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sepatu Merek Fladeo Di Basko Grand Mall Padang. 1–11.

Saputri, L. E., & Utomo, A. (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu iConverse Di Surakarta. Excellent, 8(1), 92–103. https://doi.org/10.36587/exc.v8i1.911

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Valentine parengkuan, Altje tumbel, R. wenas. (2014). ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE DAN CELEBRITY ENDORSMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAMPO HEAD iAND SHOULDERS DI 24 MART MANADO. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1792–1802.

Widyanto, I., & Albetris, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga, Promosi dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bedak Padat Wardah Pada PT Pargon Tecnology and Inovation (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi STIE Graha Karya Muara Bulian). iJ-MAS i(Jurnal Manajemen Dan Sains), i6(1), 138.ihttps://doi.org/10.33087/jmas.v6i1.239


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun