PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT MERAPI UTAMA PHARMA MADIUN (STUDI KASUS PADA APOTEK DI KOTA MADIUN)

Xrisna Mega Perkasa, Rizal Ula Ananta Fauzi, Hendra Setiawan

Abstract


Dalam research ini, PT Merapi Utama Pharma Madiun (studi kasus pada apotek di Kota Madiun) akan dikaji untuk melihat apa pengaruh kualitas product, harga, dan service quality terhadap kepuasan pelanggan. Sebuah teknik kuantitatif diterapkan dalam penyelidikan research ini. Pendekatan regresi linier multivariat digunakan dalam research. menggunakan pendekatan sampling non-probabilitas untuk sampel. Ada 100 responden dalam sampel. Berdasarkan hasil uji statistic dapat disimpulkan bahwa pada PT Merapi Utama Pharma Madiun (studi kasus pada apotek di Kota Madiun), service quality berpengaruh positive dan significant terhadap customer satisfaction,, harga berpengaruh positive dan significant berpengaruh terhadap customer satisfaction, dan kualitas product berpengaruh positive dan significant terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: Kualitas Product, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan


Full Text:

PDF

References


Alfian, & Silvina, V. (2021). Pengaruh Merek, Harga Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi kasus pembelian smartphone Oppo pada Puja Cell kabupaten Solok Selatan ). 2(2), 185–192.

Ardianto, Y., Sidanti, H., & Apriyanti. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Product Dan Responsivitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PDAM. Simba, 11325–11336.

Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Product Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse. Akmami: Akuntansi, Manajemen, Ekonomi, 2(2), 204–219.

Bansaleng, J. M., Sepang, J. L., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Kualitas Product, Kualitas Pelayanan dan Harga Product Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu XL di Manado. Jurnal EMBA, 331–340.

Buditjahjanto, I. G. P. A. (2020). Analisis Layanan Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi Berbasiskan Fuzzy Service Quality. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 9(3), 225–232.

Choir, F. Al. (2018). Pelaksanaan Quality Control Productsi Untuk Mencapai Kualitas Product Yang Meningkat (Studi Kasus PT. Gaya Indah Kharisma Kota Tangerang). 1(4), 1–20.

Christopher, H., Sutiono, L., & Lesmana, R. (2021). Analisis Pengaruh Harga Dan Varian Product Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Benua Emas Singkawang. 2.

Dian, P., & Nadhar, M. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Minat Beli pada Pasar Tradisional Cakke Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. YUME: Journal of …, 3(3), 65–83.

Fathurrohman, N., & Nababan, B. O. (2021). Pengaruh Desain Product Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Product Korek Api Gas Tokai. 3(2).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Univertas Diponegoro.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

Haenady, F. A., Wahono, B., & Asiyah, S. (2021). Pengaruh Kualitas Product, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus PadaToko Prabujaya Malang). E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma, 81–95.

Halin, H. (2018). Pengaruh Kualitas Product Terhadap Kepuasan Pelanggan Semen Baturaja Di Palembang Pada PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk. 3, 167–182.

Harahap, R., & Pakpahan, R. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Medan. Japanese Journal of Allergology, 44(3), 307.

Haryanti, N., & Baqi, D. A. (2019). Strategi Service Quality Sebagai Media Dalam Menciptakan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Journal of Sharia Economics, 1(2), 101–128.

Hatma, D., & Nainggolan, B. M. . (2021). Pengaruh Kualitas Product, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan pembelian Di Katering Yvonne’s. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 16(1), 1–14.

Islamiati, P., & Hermani D.S, A. (2019). Pengaruh Kualitas Product (Product Quality) Dan Kualitas Layanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Konsumen (Consumer Satisfaction) (Studi pada Konsumen E-Commerce B2C Zalora.co.id di Kota Semarang). 1–9.

Kadi, D. C. A., & Setyanta, B. (2021). Antesenden Dari Kepuasan Pengguna Telepon Seluler Merk Vivo Di Madiun. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 15(1), 109–117.

Khoirunnisa, A. (2020). Analisis Penerapan Strategi Generik Porter Dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan (Studi Kasus Bisnis Kuliner Sehat “Naturicha Healthy Food And Drink”). Al Intaj: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 159.

Krisdayanto, I., & Haryono, A. T. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Di I Cafe Lina Putra Net Bandungan.

Kudmasa, L. F., Hidayati, K., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Surabaya Simokerto (Studi Kasus KPP Pratama Surabaya Simokerto). UBARA Accounting Journal, 1(November), 391–399.

Kurniawan, H. D. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Jasa Jne Jl. Glagahsari No. 62 Yogyakarta). 1(4), 73–82.

Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Sucofindo Batam. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 232–243.

Manurung, L., & Syarifah, T. (2021). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Citra Toko, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada UD. Terang Jaya Kisaran. Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains, 2(2).

Mapaung, F. K., S, M. W. A., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Product Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 7(1), 49–64.

Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Product , Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Air Manado. 6(3), 1658–1667.

Muctharom, M. Z. A. (2019). Pengaruh Kualitas Product Murabahah, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Di Baitul Maal Wat Tamwil Nurul Ummah Ngasem Bojonegoro. 1, 41–54.

Muis, A., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Pengguna Transportasi Go-Jek Di Semarang.

Prima, N. I., Sujiono, & Sumarsono, H. (2018). Pentingnya Penerapan Model Service Quality (Servqual) Dalam Perbaikan Kualitas Layanan Jasa Pengiriman Barang Pada Kantor Pos Ponorogo. 18(1), 50–55.

Rahman, A. (2019). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Yudha Swalayan Jakarta. 4(2), 257–264

Rahyono, & Alansori, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan ( Studi Pada Yayasan Baitul Jannah Bandar Lampung ). 3(1).

Santoso, B., Budi, L., & Seputra, A. (2021). Pengaruh Kualitas Product, Promosi Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Honda Brio” (Studi Kasus Pada Dealer Honda Semarang Center).

Saputra, S. T. (2017). Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone ( Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang ). 50(6), 85– 95.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. CV. ALFABETA.

Sulistiani, A., Wahyudi, T., & Wijayanto, D. (2018). Pengaruh Service Quality Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Kembali Layanan Jasa Kantor Pos Di Kota Pontianak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sumarsid, & Paryanti, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 70–83.

Susanti, T., & Sari, A. F. R. (2021). Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Product Sabun Lifebuoy di Kota Pontianak. JEMBA: Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen Dan Bisnis, Akuntansi, 1(2), 123–137.

Winarno, S. H., Givan, B., & Yudhistira, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Product Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Im3 Ooredoo. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 1(2), 1–7.

Wowor, C. A., Lumanuw, B., Ogi, I. W. J., Merek, P. C., Dan, H., Hidup, G., Keputusan, T., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Ratulangi, U. S. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Kota Manado. Jurnal EMBA Vol. 9 No.3 Juli 2021, 9(3), 1059.

Zakaria, D. G., & Suwito. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Product Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Ilmu Dan Riset Manajemen, ISSN: 2461-0593, 6(4), 1– 18.

Zaputera, H., Amri, & Radiansyah, A. (2019). Pengaruh Kualitas Product, Kualitas Layanan, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Yang Berdampak Pada Loyalitas Konsumen. 34–52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun