PENGARUH DIGITAL MARKETING, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TELUR ASIN RAMADANI DI KERESIDENAN MADIUN

Lala Munika Afrilia, Heny Sidanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh digital marketing, electronic word of mouth, dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan pada konsumen Telur Asin Ramadani di Keresidenan Madiun dengan menggunakan metode Purposive Sampling, dimana teknik pengambilan sampel sebanyak 384 respoden. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan Software SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) digtal marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) electronic word of mouth secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) inovasi produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan (4) digital marketing, electronic word of mouth, dan inovasi produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Digital Marketing, Electronic Word Of Mouth, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Arnott. 2002. “Internet, Interaction and Implications for Marketing Internet.” Marketing Intelligence and Planning Vol. 22 (2).

Dismawan, Rangga. 2016. “Pengaruh Kreativitas.” Jurnal Manajemen Vol. 2 (3).

Ernawati. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung.” Jurnal Wawasan Manajemen Vol. 1 (1).

Fitriana, Hafizh. 2020. “Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Coklat Monggo Di Yogjakarta.” Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia Vol. 3 (3).

Gupta, Pranjal, dan Judy Harris. 2010. “How E-WOM Recommendations Influence Product Consideration and Quality of Choice: A Motivation to Process Information Perspective.” Journal of Business Research Vol.1 (1).

Ha, L. 2008. “Penelitian Periklanan Online Dalam Jurnal Perikanan: Tinjauan.” Jurnal Lancar Masalah Dan Penelitian Dalam Periklanan Vol. 30 (1).

Harlim. 2022. 78180408, Pengaruh Digital Marketing Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Melalui Aplikasi Layanan ShopeeFood Di Jakarta / Junio Montero Harlim / 78180408/ Pembimbing: Sylvia Sari Rosalina. Jakarta: Institut Bisnis dan Informatika.

Henning Thurau, Thorsten, Kevin Gwinner, Gianfranco Walsh, and Dwayne. 2004. “Electronic Word-of-Mouth via Consumer-Opinion Platfroms: What Motivates Consumers to Articulture Themselves on the Internet.” Journal of Interactive Marketing Vol. 18 (1).

Ismagilova, Elvira. 2017. Electronic Word of Mouth (e-Women) in the Marketing.

Kadi, Dian Citaningtyas Ari. 2022. “Labeling Dan Packaging Sebagai Pemasaran UMKM Keripik Tempe Barokah Desa Garon Balerejo Madiun.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 (1).

Kasakeyan, Rico Febriwan. 2021. “Pengaruh Electronic Word of Mouth, Kualitas Produk Dan Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Street Boba Manado.” Jurnal Emba Vol. 9 (4).

Kotler, Keller, Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

———. 2016. Marketing Management. Jersey: PPerson Pretice Hall.

———. 2018. Principles of Marketing Global. London: Pearson Education.

Kotler. 2012. Manajemen Pemasaran Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Amstrong. 2010. Priciples of Marketing. New Jersey: Upper Sadle River.

Kusumasondjaja. 2012. “Credibility of Online Review and Initial Trust: The Role of Reviewer’s Identity and Review Valence.” Journal of Vacation Marketing Vol. 18 (3).

Megawati, Nuraidah dan Liya. 2023. “Pengaruh Digital Marketing Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembeli Produk Skincare Ms Glow (Survei Pada Pelanggan Store Ms Glow Sukabumi).” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Vol. 9 (8).

Okhtavia, Riska. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepatu Olahraga NIKE (Studi Pada Pengguna Sepatu Olahraga NIKE Di Kota Kendal).” Journal of Management and Business Vol. 4 (3).

Rachmawati. 2011. “Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran).” Jurnal Kompetensi Teknik Vol. 2 (2).

Rumagit, Iren. 2023. “Pengaruh Digital Marketing E-WOM, Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi: Konsumen Kopi Kenangan Di Kota Manado).” Jurnal Emba Vol. 11 (1).

Sanjaya, Ridwan, dan Josua Tarigan. 2015. Creative Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sari, Novita. 2017. “Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.” Jurnal Manajemen Magister Vol.3 (1).

Sidanti, Heny. 2022. Pengantar Bisnis Era Transformasi Digital. Madiun: UNIPMA Press.

Sugiyono. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia.

———. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taroreh, Ratela dan. 2016. “Analisis Strategi Diferensiasi, Kualitas Produk 33 Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Kopi Coffee Island.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi Vol. 4 (1).

Tjiptono, Andi. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Zulfiandri. 2013. “Analisa Kelayakan Kapasitas Saluran Drainase (Study Kasus Drainase Keluhan Tambuasai Tengah).” Jurnal Mahasiswa Teknik Vol. 1 (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun