PENGARUH CITRA DESTINASI, HARGA, FASILITAS WISATA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA KAMPUNG WISATA CERIA DESA PULE KECAMATAN SAWAHAN KABUPATEN MADIUN

Anggun Novia Dwi Ukirnawati, Dian Citaningyas Ari Kadi

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengaruh Citra Destinasi, Harga, Fasilitas Wisata Dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Kampung Wisata Ceria Desa pule Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun.”. Tujuan penelitian ini untuk memberikan bukti secara empiris pengaruh citra destinasi, harga, fasilitas wisata dan promosi terhadap keputusan berkunjung pada kampung wisata ceria desa pule kecamatan sawahan kabupaten madiun. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 384 responden. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive sampling dengan memperoleh 384 sampel dengan kriteria minimal pernah berkunjung satu kali. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode kuantitatif, sedangkan alat analisis menggunakan SPSS 25. Analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis (Uji t). Berdasarkan hasil dari Uji t, ditemukan bahwa variabel citra destinasi (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Harga (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Fasilitas wisata (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) dengan nilai 0,000. Promosi (X4) secara parsial berpengaruh siginifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) dengan nilai 0,000.

Kata Kunci: Citra Destinasi, Harga, Fasilitas Wisata, Promosi, Keputusan Berkunjung


Full Text:

PDF

References


Alhemoud, & Armstrong. (1996). Image of Tourism Attractions in Kuwait. Journal of Travel Research, 34(4).

Ardiansyah, I. (2019). Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Dengan Metode Structural Equation Modeling. E-Jurnal Binawakarya, 14(3).

Eva Sriwiyanti, & Sri Martina. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Secara Online Saat Pandemi Covid 19 Pada Masyarakat Millenia Di Kota Pematangsiantar. Jurnal Ilmiah Accusi, 2(2), 138–147. https://doi.org/10.36985/jia.v2i2.62

Isman, I., Patalo, R. G., & Pratama, D. E. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing, Ekuitas Merek, Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ke Tempat Wisata. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(1), Inpress. https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i1.7447

Kerap, V. T., & Lintong, D. C. . (2022). Pengaruh Advertising, Daya Tarik Wisata dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung di Pantai Tulap Kecamatan Kombi Kabupaten Minahasa. Jurnal EMBA : Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 317–326.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga. p125.

Kusumawati, D., & Saifudin. (2020). Pengaruh Persepsi Harga dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Secara Online Saat Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Millenia Di Jawa Tenggah. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 6(01), 1–13.

Nafi’ati, N. S. (2021). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata, Dan Strategi Electronic-Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Studi Pada Pengunjung Wisata Bukit Kapur Selo Tirto Giri, Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik).

Sodik, M., & Sujibto. (2019). The NU ’ s Youths among The Radical Movements in Yogyakarta. Internatioal Conference on Social Sciences and Humanities, 339, 19–24.

Alhemoud, & Armstrong. (1996). Image of Tourism Attractions in Kuwait. Journal of Travel Research, 34(4).

Ardiansyah, I. (2019). Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Dengan Metode Structural Equation Modeling. E-Jurnal Binawakarya, 14(3).

Eva Sriwiyanti, & Sri Martina. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Secara Online Saat Pandemi Covid 19 Pada Masyarakat Millenia Di Kota Pematangsiantar. Jurnal Ilmiah Accusi, 2(2), 138–147. https://doi.org/10.36985/jia.v2i2.62

Isman, I., Patalo, R. G., & Pratama, D. E. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing, Ekuitas Merek, Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ke Tempat Wisata. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(1), Inpress. https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i1.7447

Kerap, V. T., & Lintong, D. C. . (2022). Pengaruh Advertising, Daya Tarik Wisata dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung di Pantai Tulap Kecamatan Kombi Kabupaten Minahasa. Jurnal EMBA : Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 317–326.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga. p125.

Kusumawati, D., & Saifudin. (2020). Pengaruh Persepsi Harga dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Secara Online Saat Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Millenia Di Jawa Tenggah. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 6(01), 1–13.

Nafi’ati, N. S. (2021). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata, Dan Strategi Electronic-Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Studi Pada Pengunjung Wisata Bukit Kapur Selo Tirto Giri, Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik).

Sodik, M., & Sujibto. (2019). The NU ’ s Youths among The Radical Movements in Yogyakarta. Internatioal Conference on Social Sciences and Humanities, 339, 19–24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun