PERAN HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MINERAL AQUA DI MADIUN (STUDI KASUS DI AGEN AQUA LIA MADIUN)

Arga Anggana Widigda, Dian Citaningyas Ari Kadi

Abstract


Salah satu kebutuhan primer yang paling penting bagi setiap manusia adalah air minum. Banyaknya jumlah produk air mineral private label yang dimiliki oleh perusahaan mulai berkembang kearah pemasaran. Perusahaan sudah mulai mengikuti perkembangan zaman dengan tujuan untuk memberikan kepuasana kepada konsumen. Ketatnya persaiangan membuat pembisnis harus pandai mengatur bisnis yang dijalankan agar tetap eksis dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empirik peran harga,  promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian air mineral agen aqua lia madiun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mengambil sempel sebanyak 384 responden. sempel dalam penelitian ini menggunakan rumus lemeshow. Teknik pengambilan sempel menggunakan kuesioner yang disebar melalui google formulir. Teknik analisis data menggunakan smartPLS 4.0. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah model pengukuran (Outer model) dan model struktural (Inner model). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel harga, promosi dan kualitas produk terhadap variabel keputusan pembelian secara parsial.

Kata Kunci: Harga, Promosi, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Kotler, & Keller. (2016a). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta : PT. Indeks Gramedia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran. edisi revisi

Maretiana, R. S., & Abidin, Z. (2022). Pengaruh harga , kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen (JEBM), 14(3), 590–597.

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga , Promosi , Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 165–173.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitarif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Surya, A., & Setiyaningrum, A. (2009). Analisis Persepsi Konsumen Pada Aplikasi Bauran Pemasaran Serta Hubungannya Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Hypermart Cabang Kepala Gading. Jurnal Of Bussiness Strategy and Execution, 2(1), 13–39.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.

Tolan, M. S., Pelleng, F. A. ., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita ( Studi pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado ). E-Jurnal Unsat, 2(5), 360–364.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun