PENGARUH BRAND IMAGE, CELEBRITY ENDORSER DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK SKINCARE SOMETHINC MELALUI MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA MADIUN

Niken Agustina Pratiwi, Apriyanti Apriyanti, Dian Citaningtyas Ari Kadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, celebrity endorser dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk skincare somethinc melalui marketplace shopee di Kota Madiun. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pada penelitian menggunakan teknis regresi linear berganda. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 384 responden. Berdasarkan hasil pengujian secara statistik menunjukkan bahwa secara parsial brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan secara simultan brand image, celebrity endorser dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk skincare somethinc melalui marketplace shopee di Kota Madiun.

Kata Kunci: Brand Image, Celebrity Endorser, Electronic Word Of Mouth Dan Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Abdjul, R., Soegoto, A. S., & Soepeno, D. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Pproduk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina Pada PT .Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3553–3562. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/21659

Adinugraha, H. H., & Sartika, M. (2019). Halal Lifestyle Di Indonesia. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), 57–81. https://doi.org/10.21274/an.2019.6.1.57-81

Anas, A. A., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian di Eiger Store Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 953–958.

Angkouw, B. W., Lapian, J. S. L. H. ., & Loindong, S. S. . (2021). Keputusan Pembelian Di Pt. Bosowa Berlian Motor Manado Pada Masa Pandemik Covid-19 Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Purchase Decision At Pt. Bosowa Berlian Motor Manado During the Covid-19 Pandemic and the Factors That Affect It. Tielung Jurnal EMBA, 9(3), 1189–1200.

Ariescawati, J. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Produk Tas Palomino Di PT. Matahari Departement Store Banjarmasin.

Dharmawan, E., & Hidayat, I. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Brand Image Terhadap Word of Mouth (Wom) Yang Dimediasi Kepuasan Konsuen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(2), 1–19.

Dirgantara, I. M. B. (2021). PENGARUH ATRIBUT KEMASAN ( PACKAGING ) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK KOSMETIK EMINA. 10, 1–14.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Univertas Diponegoro.

Habibah, Hamdani, & Lisnawati, S. (2018). Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Perempuan Muslim di Kota Bogor). Iqtishoduna, 7(2), 233–261.

Harmaniar, N. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi Dan Demografi Terhadap Keputusan Membeli Smartphone Blackberry. 4(1).

Haryono, N., & Octavia, R. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Mutu Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan, 4(1), 20–27. http://jurnal.unnur.ac.id/index.php/indept/article/view/139

Huda, N. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha Di Makassar. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 37–43. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v2i1.311

Martha, L., & Maini, D. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE, DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA NMAX DI CV. TJAHAJA BARU SURANTIH. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2, 1172–1192.

Nurlatifah, S. Z., & Masykur, M. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Word Of Mouth (Wom) Dan Produk Pembiayaan Syariah Terhadap Minat Dan Keputusan Menjadi Anggota (Nasabah) Pada Baitul Tamwil Muhammadiyah (BTM) Kota Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Indonesia, 17(3), 219–226.

Qomariah, N. (2019). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTORAN RUNNING KOREAN STREET FOOD DI MALL PLAZA MULIA. 7(4).

Rahma, A. (2018). Event Sebagai Salah Satu Bentuk Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fashion Nasional (Event Tahunan Jakcloth). Nyimak (Journal of Communication), 1(2), 149–169. https://doi.org/10.31000/nyimak.v1i2.480

Rahmawati, A. W., Udayana, I., & Maharani, B. D. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser , Brand Image , Online Customer Review Dan E-Trust Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(4), 1030–1043. https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i4.

Sudjiman, P. E., & Sudjiman, L. S. (2018). Analisis Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Dalam Proses Pengambilan Keputusan. TeIKa.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. CV. ALFABETA.

Utarsih, H. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Kartu As (Studi Kasus Pada Penduduk Bandung). 1(2), 105–112.

Wuryanta, A. (2018). KONSUMTIVISME DAN HEDONISME DALAM MEDIA MASSA Tinjauan Teori Kritis Sensualisme pada Majalah Pria Menurut Perspektif Kritis Herbert Marcuse dan Jean Braudillard. 1–28. https://doi.org/10.31227/osf.io/jn2bz


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun