PENGARUH TIKTOK LIVE STREAMING, SALES PROMOTION, SHOPPING LIFESTYLE, DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING PRODUK PADA E-COMMERCE TIKTOK SHOP (STUDI KASUS PADA GENERASI Z DI KOTA MADIUN)

Ika Nuraini Siti Amalia Wulan Sari, Dian Citaningyas Ari Kadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tiktok Live Streaming, Sales Promotion, Shopping Lifestyle, Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying  Produk Pada E-Commerce Tiktok Shop Pada Generasi Z Di Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data penyebaran kuesioner. Sampel pada penelitian ini adalah 385 responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis dengan menggunakan IBM SPSS ver.25 menggunakan uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dengan menggunakan pengujian t statistik sebagai uji hipotesis. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa Live streaming dan Sales Promotion tidak berpengaruh positif secara parsial dan signifikan terhadap Impulse Buying produk, Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement berpengaruh positif secara parsial dan signifikan terhadap Impulse Buying produk.

Kata Kunci: Live Streaming, Sales Promotion, Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Impulse Buying, Generasi Z, E-Commerce Tiktok Shop


Full Text:

PDF

References


Angela, V., Paramita, E. L., Kristen, U., Wacana, S., Produk, K., & Buying, I. (2020). Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z. 10, 248–262.

Ardiyanti, V. D. (2023). The Effect Of Tiktok Live Streaming Shopping On Impulse Buying Behavior In The 2023 Global Crisis. 2(1), 1–6.

Della Octavilia. (2023). Penjualan Tiktok Shop Melebihi Marketplace Tokopedia. Cek Faktanya. Popstar. Https://Www.Pop-Star.Me/Blogs/Penjualan-Tiktok-Shop-Melebihi-Marketplace-Tokopedia-Cek-Faktanya

Edwy, F. M., Anugrahani, I. S., Pradana, A. F., & Putra, I. F (2022). The Phenomenon Of Impulsive Buying At Tiktok Shop. In International Journal Of Social Science Research And Review (Vol. 5, Issue 1, Pp. 159–165).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibs 25. Universitas Diponegoro.

Gunawan Kwan, O. (2016). Pengaruh Sales Promotion Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Planet Sports Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1), 27–34. Https://Doi.Org/10.9744/Pemasaran.10.1.27-34

Hermawati, N. Y. S. ; S. (2022). The Effect Of Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation, And Sales Promotion On Impulse Buying Behavior In E-Commerce (Case Study Of Berrybenka Consumer). In Ijabis (Vol. 25, Issue 1, Pp. 45–54). Https://Doi.Org/10.35760/Eb.2020.V25i1.2343

Mawara, N. L., Worang, F. G., Tumewu, F. J., B Mawara, N. L., Worang, F. G., & Tumewu, F. J. (2022). The Influence Of Shopping Lifestyle And Fashion Involvement On Impulse Buying Behavior Of Uniqlo Product At Shopee Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Keterlibatan Mode Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Produk Uniqlo Di Shopee. Jurnal Emba, July, 2–3.

Muhammad Rizki Maulana Putra, M. Alimul Kabir Albant, Laeli Novita Sari, & Vicky F Sanjaya. (2020). Pengaruh Promosi, Fashion Involvement, Dan Shopping Life Style, Dan Impulse Buying Di E-Commerce Shopee. Revenue : Jurnal Ekonomi Pembangunan Dan Ekonomi Islam, 3(02), 21–29. Https://Doi.Org/10.56998/Jr.V3i02.16

Naharul, T. S., Citaningtyas, D., & Kadi, A. (2022). Peran Kepercayaan Sebgai Mediasi Pada Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Website Terhadap Niat Pembelian Tiktok Shop Di Madiun. Simba, September 2022.

Ningrum, R. A., & Widanti, A. (2023). The Effect Of Shopping Lifestyle And Sales Promotion On Impulse Buying Moderated By Openness To Experience On Shopee. 2(12), 14–29.

Padmasari, D., & Widyastuti, W. (2022). Influence Of Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Sales Promotion On Impulse Buying On Users Of Shopee. In Jurnal Ilmu Manajemen(Vol. 10, Issue 1, Pp. 123–135). Https://Doi.Org/10.26740/Jim.V10n1.P123-135

Pratiwi, V. J., Efendi, F., Fariz, M., Zikrinawati, K., & Fahmy, Z. (2023). Pengaruh Voucer Diskon Belanja Pada Live Streaming Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Implusive Buying Dikalangan Mahasiswa Uin Walisongo Semarang. Student Scientific Creativity Journal (Sscj), 1(2), 391–400. Https://Doi.Org/10.55606/Sscj-Amik.V1i2.1839

Rahma, S. A., & Ridanasti, E. (2022). The Impact Of Marketing Strategy On Consumer ’ S Impulsive Buying Behavior On Tiktok Live. 439–455.

Santoso, B. M. I. ; I. H. (2023). Pengaruh Sales Promotion, Content Marketing, Dan Shopping Lifestyle Content Creator Tiktok Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 905–914. Https://Jurnal.Unived.Ac.Id/Index.Php/Er/Article/View/3368

Santoso, G., & Triwijayati, A. (2018). Gaya Pengambilan Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online Pada Generasi Z Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(3), 231–242. Https://Doi.Org/10.24156/Jikk.2018.11.3.231

Saputra, G. G., & Fadhilah. (2022). Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Online Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah, 4(2), 442–452. Https://Doi.Org/10.47065/Ekuitas.V4i2.2353

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Tambuwun, M. (2016). Shopping Lifestyle As Intervening Relation Between Hedonic Motive And Gender On Impulse Buying. Ijbfmr, 4, 9–16.

Tapscott, D. (2013). Grown Up Digital : How The Net Generation Is Changing Your World. Gramedia Pustaka Utama.

Ulfia Zuhriyatul Muayyidah. (2022). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Value, Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Online Consumer E-Commerce (Studi Kasus Pengguna E-Commerce Shopee Di Madiun). Braz Dent J., 33(1), 1–73.

Umboh, Z., Mananeke, L., & Samadi, R. (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Behaviour Konsumen Wanita Di Mtc Manado. The Influence Of Shopping Lifestyle, Fashion Involvement And Sales Promotion To Impulse Buying Behavior Of Women Consumer. Pengaruh Shopping…… 1638 Jurnal Emba, 6(3), 1638–1647.

Wijoyo, H. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0 (Issue July).

Wulandari, D. S. (2023). Bab I Pengaruh Mobile Marketing, Fashion Involvement Dan Discount Terhadap Impulse Buying Dengan Emotional Gratification Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pelanggan Marketplace Shopee Di Malang Raya). Progress In Retinal And Eye Research, 1–10. Https://Etd.Umm.Ac.Id/Id/Eprint/3043

Yulinda, A. T., Rahmawati, R., & Sahputra, H. (2022). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Mantan Karyawan Kota Bengkulu). Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 1315–1326. Https://Doi.Org/10.37676/Ekombis.V10i2.2456


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun