PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, E-TRUST DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK EMINA DI KOTA MADIUN

Adhilla Velya Pebrianti, Dian Citaningyas Ari Kadi

Abstract


Maraknya perkembangan teknologi saat ini, seperti contohnya perkembangan bisnis yang sudah menggunakan teknologi modern untuk mengambil hati para calon konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review, e-trust dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Emina di Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan model pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik purposive sampling melalui google form dan 384 responden termasuk dalam sampel. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan online customer review terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Emina di Kota Madiun. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan e-trust terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Emina di Kota Madiun. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Emina di Kota Madiun. 4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan online customer review, e-trust dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Emina di Kota Madiun.

Kata kunci: Online Customer Review, E-Trust, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Analita, N. S., & Wijaksana, T. I. (2020). Analisis Perbandingan E-Service Quality dan E-Trust. Aplikasi Link Aja Dengan Aplikasi DANA. XIV(02), 97–109.

Arbaini, P. Zakaria,W. Merlina, W. (2020). Pengaruh Consumer Online Rating dan Review Terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Marketplace Tokopedia, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 7 No.1: 25-33.

Assauri, S., (2015). Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Auliya, Z, F. Moh, R, K, U. & Septi. K.P. (2017). Online Customer Review(OTRs) dan Rating:Kekutan Baru pada Pemasaran Online di Indonesia Online Customer Reviews (OTRs) dan Rating New Era in Indonesia Online Marketing, Ebbank, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 8 No.1 : 25-33.

Farki, A. Imam, B, & Berto.M.W. (2016). Pengaruh Onine Customer Review dan Rating terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia, Jurnal Teknik ITS,Vol. 5 No. 2 : 2301-9271.

Fauziah, Y. (2023). Pengaruh Online Consumer Review, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. JKIS. Vol. 1, No 1, January 2023.

Febtiani, T.A. (2022). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Lip Product Emina Melalui Citra Merek. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan. Strategy. Penerbit Qiara Media.

Istiqomah, L. (2021). Pengaruh Online Customer Review , Kepercayaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi terhadap Mahasiswa pengguna Platform Pasar Online). Jurnal Jaem Vol 1 No. 1 Maret (2021) Hal 76-88, P-ISSN : 2809-655X E-ISSN : 2809-6487.

Karundeng, EF. (2023). Pengaruh Harga Dan Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Brand Erigo Di Marketplace Shopee Pada Pemuda Gmim Sion Malalayang. Jurnal EMBA Vol. 11 No. 1 Februari 2023, Hal. 873-884.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2015): Marketing Management. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Lee, S., & Lawson-Body, A. (2013). Perceived Price of Dynamic Pricing. Journal of Indutrial Management Data Systems, 111 (4). Li, C. P. (2017).

Lupiyoadi,R. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Malik, F., Yaqoob, S., dan Aslam, A.S. (2012). The Impact of Price Perception, Service Quality, and Brand Image on Customer Loyalty (Study of Hospitality Industry in Pakistan). Interdisclipnary Journal of Contemporary Research in Business, 4(5), 487-505.

Mariyasari, T. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Emina cosmetics, Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Siswi Pengguna Produk Emina Cosmetics di MTSN 2 Surabaya). Journal of Sustainability Business Research ISSN : 2746 – 8607 Vol 2 No 2 Juni 2021.

Mayer, R.C., Davis, J. H., dan Schoorman, F. D., (2012), An Integratif Model of Organizational Trust, Academy of Management Review, 30 (3): 709-734.

Naomi, I.P. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, Online Trust Dan Price Pada Keputusan Pembelian Marketplace Di Indonesia.

Ningsih, E.S. (2019). Pengaruh Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.

Peter, J Paul dan Olson, Jerry C., (2014). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi. Pemasaran, Edisi keempat, Erlangga.

Pratiwi, H.I. (2021). Pengaruh Online Customer Review Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Warga Surabaya Timur). Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol 02 No. 03.

Robbins, S. (2015), Perilaku Organisasi, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Rozalinda. (2015). Ekonomi Islam: Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sari, Syskadiana. (2019), Pengaruh kelompok referensi online customer review dan citra merek terhadap minat beli dan keputusan pembelian. Jurusan Manajemen, Fakultas ekonomi dan bisnis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2014). Perilaku Konsumen. Edisi. Ke-7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.

Silvia, V. (2020). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Di Jakarta Utara. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol 03 No. 01.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2020). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryani, M. (2022). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR) Vol. 1, No.1, 2022: 49-74.

Sarwono, Jonathan dan K. Prihartono, A.H. (2014). Perdagangan Online (e-Commerce) Cara. Bisnis Internet. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Swastha, B. & Handoko, H, (2018). Manajemen Perusahaan Analisa Perilaku. Konsumen, Yogyakarta : Liberty Edisi Pertama.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta. ANDI.

Tjiptono, F. (2015). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Vermeulen, I. E., & Seegers, D. (2018). Tried and tested: The impact of online hotel reviews on consumer consideration. Tourist Management, 1-5.

Yuni, P. (2021) Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Kosmetik N203r Di Jombang). Undergraduate thesis, STIE PGRI Dewantara Jombang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun