PENGARUH RELIGIUSITAS, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI BANK MUAMALAT INDONESIA KCP MADIUN

Erna Kartika Sari

Abstract


Penelitian ini tentang pengaruh religiusitas, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas nasabah di salah satu bank yang ada di kota Madiun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh Religiusitas, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Nasabah di Bank Muamalat KCP Madiun. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan Software SPSS versi 24. Penelitian ini dilakukan pada nasabah bank Muamalat KCP Madiun dengan pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dan diperoleh sebanyak 312 responden. Hasil penelitian ini adalah Religiusitas memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, Kepuasan Pelanggan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah.

Kata Kunci: Religiusitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Nasabah


Full Text:

PDF

References


Arif Munandar & Nurma Sari. (2019). Pengaruh Religiusitas, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Pada Pt. Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Pembantu Darussalam. Al - Muamalat: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 4(2), 101–120. https://doi.org/10.32505/muamalat.v4iii.1377

Dr. Muhammad, M. A. (2005). Manajemen Bank Syari’ah (Edisi Vers). (UPP) AMPYKPN.

Dwi Pebranadian Putra. (2016). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Online. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Fauzi, A. A. (2019). Mengukur pengaruh kualitas layanan model CARTER terhadap kepuasan nasabah perbankan syariah Indonesia. Journal of Business & Banking, 6(2), 301–314. https://doi.org/10.14414/jbb.v6i2.718

Hidayat, R., Industri, J. T., & Madura, U. T. (2009). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), 59–72. https://doi.org/10.9744/jmk.11.1.pp.59-72

Junior, O. M. S., Areros, W. A., & Pio, R. J. (2019). Pengaruh Brand Image dan Persepsi Harga Terhadap Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Datsun Nissan Martadinata). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 1. https://doi.org/10.35797/jab.8.2.2019.23508.1-9

Mahfuz, D. S., Lubis, P. H., & Utami, S. (2020). The Effect of Religiosity and Service Quality on Customer Satisfaction and Its Impact on Priority Customer Loyalty of Sharia Mandiri Bank Branch Banda Aceh. International Journal of Scientific and Management Research, 3(3), 48–54. http://www.ijsmr.in/doc/ijsmr_01_6888_59.pdf

Makrifah, L., & Trishananto, Y. (2021). Pengaruh Bukti Fisik, Layanan, Dan Religiusitas Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Intervening. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 11(2), 330–341. https://doi.org/10.37932/j.e.v11i2.306

Nurmaeni, R., Hasanah, S., & Widowati, M. (2020). Analisis Pengaruh Hedonisme, Religiusitas, Motivasi, dan Promosi terhadap Keputusan Menabung pada Bank Syariah (Studi Kasus Pada Pt Bank Bri Syariah, Tbk Kantor Cabang Pembantu Majapahit Semarang). Jurnal Tabarru: Islamic Banking and Finance, 3(2), 303–312.

Octavia, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Index Lampung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 35–39. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.35-39

Parida, R. (2018). Pengaruh Islamic Branding Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Di Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa FAI UMSU).

Patria N, A, E. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan Dan Religiusitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Di Soto Segeer Hj Fatimah. Jurnal Ekonom Syariah, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Pramana, I., & Rastini, N. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar Bali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(1), 706–733.

Sugiyono, P. D. (2015). Motode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Supriyanto, A., Wiyono, B. B., & Burhanuddin, B. (2021). Effects of service quality and customer satisfaction on loyalty of bank customers. Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1937847

Susanto, Heri & Kholis, N. (2016). Analisis Rasio Keuangan Terhadap Profitabilitas Pada Perbankan Indonesia. Ebbank, 7(1), 11–12.

Syah, R. A. N. A. (2021). FAKTOR MINAT MASYARAKAT KOTA MADIUN DALAM MENGGUNAKAN BANK SYARIAH. 3(2), 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun