PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN AIR MINUM ISI ULANG TIRTA WENING (STUDI KASUS RUMAH TANGGA DESA SELOPURO KECAMATAN PITU KABUPATEN NGAWI)

Andika Saputra, Hendra Setiawan

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Air Minum Isi Ulang Tirta Wening (Studi Kasus Rumah Tangga Desa Selopuro Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Air Minum Isi Ulang Tirta Wening (Studi Kasus Pada Rumah Tangga Desa Selopuro Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan alat analisis yang digunakan IBM SPSS 26. Pengambilan sampel dalam penlitian ini menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 384 responden. Berdasarkan hasil pengujian secara statistik menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan secara simultan kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen air minum isi ulang Tirta Wening.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen.

Full Text:

PDF

References


Aditia, A., Komara, A. T., Roslina, N. Y., & Jatmika, L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Acman: Accounting and Management Journal, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.55208/aj.v1i2.25

Budiarno, B., Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(02), 226–233. https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.4531

Ghozali, I. (2018). (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.

Juita, B. S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bpw Clean Bandung Tahun 2022 The Effect of Service Quality on Customer Satisfaction at Bpw Clean Bandung in 2022. 9(2), 619–625.

Kurniawati, E., & Mohklas, M. (2018). Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pemilihan Pts Yang Dimediasi Variabel Brand Image (Studi Pada Siswa SMAN di Kota Semarang). Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 13(2), 257–279. https://doi.org/10.34152/fe.13.2.257-279

Manurung, D. M. A., & Hasoloan, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan Air Minum Isi Ulang Pada Depot Martunas Water Medan. Jurnal Bisnis Corporate, 5(2). https://doi.org/10.46576/jbc.v5i2.1086

Olson, J. P. P. dan J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (M. Masykur (Ed.); 9th ed.). Salemba Empat.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), 16. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445

Putro, S. W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1404

Sani, A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Poliklinik Gigi Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Bangka Tengah. Jurnal Studia Administrasi, 3(2), 1–14. https://doi.org/10.47995/jian.v3i2.61

Utami, T. D. T., Windarto, A. P., Hartama, D., & Solikhun, S. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Penjualan Air Minum Isi Ulang Dengan Menggunakan Metode Rough Set. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika), 1(1), 69. https://doi.org/10.30645/jurasik.v1i1.11


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun