PENGARUH KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK, DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA (STUDI KASUS PADA PENGGUNA SEPEDA MOTOR HONDA PCX DI KOTA MADIUN)

Niken Eka Pratiwi, Hendra Setiawan

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, pengaruh desain produk terhadap keputusan pembelian, pengaruh harga produk terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh secara simultan kualitas produk, desain produk, dan harga produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda PCX di Kota Madiun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu masyarakat Kota Madiun yang pernah membeli dan menggunakan sepeda motor Honda PCX dengan usia minimal 23 tahun. Pengambilan sampel dengan purposive sampling dan diperoleh sebanyak 385 responden. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini adalah kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, desain produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, harga produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan kualitas produk, desain produk, dan harga produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda PCX di Kota Madiun.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Desain Produk, Harga Produk, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Ababil, R., Muttaqien, F., & Nawangsih. (2019). Analisis Kualitas Produk, Word Of Mouth, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Merek Senduro Coffee. Journal Progress Conference, Vol. 2(July), 572–581. http://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/131/117

Adyas, D., & Setiawan, I. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Cbr150R Di Cibinong. Economicus, 13(1), 80–90. https://doi.org/10.47860/economicus.v13i1.167

Armstrong, Gary & Kotler, P. (2008). Prinsip-Prinsip PEMASARAN. 1–63.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2018). Marketing. 3–27.

Baihaqi, A. I., Ikaningtyas, M., & Nirawati, L. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Motor Honda Beat. Jurnal Bisnis Indonesia, 13(1), 60–68. https://doi.org/10.33005/jbi.v13i1.3075

Hananto, D. (2021). Pengaruh desain produk, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk jersey sepeda di tangsel. Prosiding SEMNASLIT. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/11027

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing. Pearson. Principles of Marketing. Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management.

MUKLIS, A. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Tipe Mx King (Studi pada Pengguna Sepeda Motor Yamaha Tipe MX King Di Sangatta). Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 9(4), 314. https://doi.org/10.54144/jadbis.v9i4.6005

Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(2), 1–20.

Punarbawa, M. A. V, & Suwena, K. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pcx Pada Masyarakat Di Kecamatan Negara. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 109–116.

Putra, Y. P., Purwanto, H., & Sulistiyowati, L. N. (2022). Kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening. MBR (Management and Business Review), 6(1), 69–80. https://doi.org/10.21067/mbr.v6i1.6952

Ridwan, M., & Desi, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada Collection Furniture Di Pondok Bambu. Kinerja, 3(02), 245–263. https://doi.org/10.34005/kinerja.v3i02.1553

Setiawan, O., Simorangkir, E. S., Astri, D., Purwati, A., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Indonesia, P. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Relationship Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk di PT Asaba Pekanbaru The Effect of Product Quality, Price And Relationship Marketing on Consumer Purchase Decisions at PT Asaba Pekanbaru. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1(1), 64–77. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Soraya, A., Fauziah, H., & Sodirin, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Sepeda Motor Suzuki Jenis Satria Fu Di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS), 1(02), 24–32. https://doi.org/10.24967/jmms.v1i02.509

Tannia, P. V., & Yulianthini, N. N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek PCX. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 88–94.

Titing, A. S., -, S.-, & Sriwahyuni, E. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Vivo (Studi Kasus pada Ziola Aneka Jaya Kolaka). ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 21–28. https://doi.org/10.24269/asset.v5i1.4817


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun