PENGARUH KESADARAN MEREK, ASOSIASI MEREK, DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE PADA MASYARAKAT KOTA MAGETAN

Dhea Nur Imaniar, Hendra Setiawan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena berbagai merek baru khususnya produk mie instan di Indonesia makin marak. Para produsen mie instant di Indonesia berkompetisi untuk menciptakan produk mie instant yang berkualitas dan digemari masyarakat. lndomie, sebagai market leader mie instant di Indonesia menghadapi datangnya pesaing yang tak kalah hebat. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian indomie di kota Magetan. Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang membeli indomie di kota Magetan, dan jumlah sampel yang ditentukan 384 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik dilakukan dengan analisis regresi berganda, pengujian hipotesis uji koefisien determinasi (R). Hasil Penelitian membuktikan bahwa, Kesadaran Merek berpengaruh positif secara parsial dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie di Kota Magetan, Asosiasi Merek berpengaruh positif secara parsial dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie di Kota Magetan, Ekuitas Merek berpengaruh positif secara parsial dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie di Kota Magetan, dan Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Ekuitas Merek berpengaruh simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk mie Indomie di Kota Magetan.

 

Kata Kunci : Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Amin, A. M., & Ardyanto, A. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Tepung Terigu Segitiga Biru Di Pekanbaru (Studi Kasus Pada Pelanggan Cv.Abadi Pekanbaru). Jurnal STIE,Pelita Indonesia, 3(2), 103–111.

Ariwindi, A. (2012). ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RESTORAN STEAK (Studi pada Waroeng Steak and shake, Obonk Steak and Ribs, dan Steak Moen-MoendiDaerahIstimewaYogyakarta).1(15),12–53. https://homecareassistancetracy.com/perkembangan-internet-saat-ini/

Ariyanti, A., & Darmanto, R. F. (2019). Kualitas Produk, Harga Dan Ekuitas Merek Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Di J’Co Donuts & Coffee Metropolitan Mal Bekasi. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 21(3), 183. https://doi.org/10.33370/jpw.v21i3.347

Atmaja. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, Dan Ekuitas Merek Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sanata Dharma). 4(1), 1–23.

Cahyadi, S. W. A. & I. G. (2007). Majalah Ekonomi Tahun XVII, No.2 Agustus 2007. Majalah Ekonomi, 2, 145–156.

Firdaus, Q., & Suhaeni, T. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli (Studi Pada Konsumen Oronamin C di Kota Bandung). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 6(2), 64–71. https://doi.org/10.35313/jrbi.v6i2.2218

Goble, J., Gruska, G. F., & Bajaria, H. J. (1981). Perceived Quality. Transactions, Annual Technical Conference - American Society for Quality Control, 639–645. https://doi.org/10.3139/9783446440821.005

Herdioko, J., & Karisma, C. V. (2022). Pengaruh Media Sosial, Brand Infuencer Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Di Marketplace Shopee Pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 97. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.162.395

Mahmud, A. (2022). Peran Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Abstrak Abstract. Journal of Management & Business, 5(c), 383–392.

Nisaa, F. L. A. (2018). Faktor-Faktor Yang … (Afifah Fathiin L. N.) 1. 1–10.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), 16. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445

Ramadhani, D., & Panglipurningrum, S. (2021). The Effect Of Products, Prices And Promotions On Decision Buying Instant Mie Indomie Brands In Kemiri Village Kecamatan Kebakkramat Karanganyar District. AKTUAL : JurnalAkuntansi Dan Keuangan,6(1),23–30.

https://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/aktual

Rosita, I. (2022). Simba 1. Seminar Inovasi Majemen Bisnis Dan Akuntansi, September.

Sari, V. Y., & Gumanti, D. (2017). Pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, dan asosiasi merek terhadap keputusan pembelian handphone samsung. Economica,5(2),199–208. http://dx.doi.org/10.22202/economica.2017.5.1852

Weinard Pinassang, A., Toto Rahardjo, S., & Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Jl Soedharto, J. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Toshiba Di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 6, 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Yuliarmi, N. N. (2019). Cv.Sastra Utama.

Yusanto, R. S. E. (2011). ASSOCIATION DAI PERCEIVED QUALITY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun