PENGARUH KEPERCAYAAN, CITRA PERUSAHAAN, KEMUDAHAN TRANSAKSI,KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI E-COMMERCE LAZADA DI KOTA MADIUN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI MADIUN)

Redy Apriyanto, Apriyanti Apriyanti

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kepercayaan, Citra Perusahaan, Kemudahan Transaksi, Kemudahan Penggunaan, dan Promosi Terhadap Minat Beli E-Commerce Lazada di Kota Madiun. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas PGRI Madiun dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dan diperoleh sebanyak 216 responden. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengunakan SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini adalah Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli, Citra Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli, Kemudahan Transaksi berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli, Kemudahan Penggunaan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli, Promosi berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli, dan Kepercayaan, Citra Perusahaan, Kemudahan Transaksi, Kemudahan Penggunaan, Promosi secara Simultan berpengaruh terhadap Minat Beli.

 

Kata Kunci: Citra Perusahaan, Kepercayaan, Kemudahan Transaksi, Kemudahan Penggunaan, Minat Beli, Promosi.


Full Text:

PDF

References


Alwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan terhadap Toko dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.com. Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Ardianto, E. (2016). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama.

Budaya, I. (2016). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Beli Di Toko Cermin Simpang Tiga Pasar Bedeng Viii Kayu Aro Kecamatan Kayu Aro Barat. Jurnal Benefita, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i1.650

Davis. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Harga, Dan Kemudahan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Online.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008

Ghozali. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Heni, D. A., Mursito, B., & Damayanti, R. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Transaksi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pengguna Situs Shopee. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 18(2), 146–150.

Hidayah, A., & Mudjiyanti, R. (2020). Pengaruh Sikap, Fashion Leadership, Kepercayaan Konsumen Dan Orientasi Belanja Terhadap Niat Beli Produk Fashion Secara Online. In Prosiding Seminar Nasional LPPM UMP, 458–469.

Kim, S., & Park, H. (2013). Effects of Various Characteristics of Social Commerce (S-Commerce) on Consumers’ Trust and Trust Performance. International Journal of Information Management, 33(2),. 318–332.

Kotler. (2008). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kurniawaty, E. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Tarif Premi Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Kepuasan Pelanggan Di PT Asuransi Cigna Jakarta. Jurnal Kreatif : Pemasaran, Sumberdaya Manusia Dan Keuangan, 5(1), 1–17. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kreatif/article/viewFile/703/573

Leksono, R. B., & Herwin, H. (2017). Pengaruh Harga Dan Promosi Grab Terhadap Brand Image Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Transportasi Berbasis Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(3), 381–390. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i3.72

Maryati, Darna, N., & Muhidin, A. (2020). Pengaruh citra perusahaan dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen (Studi pada PD. Sumber Rezeki Singaparna). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2, 104–115.

Maskuri, M. A., Kurniawan, E. N., Wardani, M. K., & Andriyani, M. (2019). Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Online. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 139. https://doi.org/10.33370/jmk.v16i2.348

Meme, R., & Byre, R. O. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Di Mediasi Oleh Minat Beli Konsumen Roxy Swalayan Ende. Analisis, 10(2), 1–13. https://doi.org/10.37478/als.v10i2.686

Nathani, D., & Budiono, H. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Popularitas, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Kamera Sony. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(4), 953. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i4.13437

Nurmalia, V. D., & Wija, L. E. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Beli Secara Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 13(1), 69. https://doi.org/10.21460/jrmb.2018.131.305

Rachmawati, R. M., Wahyudi, H. D., & Hariri A.P, A. (2016). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Minat Beli Melalui Persepsi Risiko Pada Transaksi Jual Beli Online Melalui Media Sosial (Studi pada Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2014) Ratna. Ekonomi Bisnis, 2(2), 214–224. http://journal.um.ac.id/index.php/ekobis/article/view/7433/3384

Ramadonna, Y., Nasfi, & Azis, Z. (2019). the Effect of Customer Relationship Management and Customer Value on Customer Satisfaction of Services and Its Impact on Customer Loyaltyin Pt. Bpr Rangkiang Aur. Ttps://Jurnal.Umsb.Ac.Id/Index.Php/Menaraekonomi/Article/View/1277/1116, 5(1), 103–115.

Ramayah, T., & Ignatius, J. (2010). Intention to Shop Online: The Mediating Role of Perceived Ease of Use. In Middle-East Journal of Scientific Research (Vol. 5, pp. 152–156).

Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 318. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20164

Rozana, Y., & Susanta Nugraha, H. (2018). Pengaruh Keamanan Bertransaksi, Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Secara Online Di Situs E-Commerce Lazada (Studi pada Pengguna Situs Lazada.id di Kota Semarang). Jurnall Ilmu Administrasi Bisnis, 7(1), 1–11. www.apjii.or.id

Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2. Https://Doi.Org/10.34127/Jrlab.V6i1.169

Septianie, I., & Wiyata, M. T. (2020). Pengaruh kemudahan dan kepercayaan terhadap niat pembelian secara online pada platform e-commerce lazada Indonesia. Imwi Student Research Journal, 1(1), 73–83.

Sugiyanto, Mulyana, M., & Ramadhan, M. V. (2021a). Pengaruh Keamanan, Kemudahan Transaksi dan Persepsi Resiko terhadap Minat Beli. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 23–30. https://doi.org/10.37641/jikes.v1i1.404

Sugiyanto, Mulyana, M., & Ramadhan, V. (2021b). Pengaruh Keamanan Bertransaksi, Kemudahan Transaksi dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Beli Studi Kasus Pada Tokopedia. Jurnal Informatika Kesatuan, 1, 23–30.

Trisnawati, E., Suroso, A., & Kumorohadi, U. (2012). Analisis faktor-faktor kunci dari niat pembelian kembali secara. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 19(2), 126–141. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://media.neliti.com/media/publications/24175-ID-analisis-faktor-faktor-kunci-dari-niat-pembelian-kembali-secara-online-study-kas.pdf

Verhagen, T., & van Dolen, W. (2009). Online purchase intentions: A multi-channel store image perspective. Information and Management, 46(2), 77–82. https://doi.org/10.1016/j.im.2008.12.001


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun