PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS KONSUMEN WARDAH PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PGRI MADIUN)

Ferlinda Mustika Dwi Palupi, Apriyanti Apriyanti, Hendra Setiawan

Abstract


Kemajuan industri produk perawatan kulit telah membuat persaingan dalam bisnis korektif semakin berkembang, dimana perawatan kesehatan kulit merupakan hal yang sangat populer di kalangan wanita. Adanya oposisi ini menyebabkan organisasi berlomba-lomba membuat suatu produk untuk menjawab permasalahan manusia yang semakin berkembang. Berkembangnya permintaan pasar membuat variasi permintaan yang diinginkan oleh pembeli. Wardah adalah salah satu skincare lokal Indonesia yang sangat populer melalui hiburan virtual karena banyak kekuatan yang harus diperhitungkan untuk mempromosikannya. Eksplorasi ini diarahkan untuk menentukan dampak penjaminan emisi VIP, citra merek, dan pilihan pembelian terhadap minat beli suatu barang. Informasi ini dikumpulkan dengan cara mengadakan polling kepada 385 responden yang memenuhi model yang didapat dengan menggunakan teknik pengujian purposive, khususnya pengukuran responden adalah individu yang pernah membeli atau menggunakan item merek  Wardah. Menggunakan prosedur pemeriksaan uji t, uji f dan koefisien Determinan (R2).

 

Kata kunci: Celebrity Endorsement, Brand Image, Keputusan Pembelian, Minat Beli.

Full Text:

PDF

References


Abzari, M., Ghassemi, R. A., & Vosta, L. N. (2014). Analysing the Effect of Social Media on Brand Attitude and Purchase Intention: The Case of Iran Khodro Company. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 822–826. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.483

BPOM. (2019). Mengenal Kosmetik dan Penggunaannya.

Chen, C.-M., Liu, H.-M., & Ann, B.-Y. (2018). Product Attributes and Purchase Intention For Smartphones: A Moderated Mediation Model. Int. J. Mobile Communications, 16(1), 1–23.

Dewi, R. N. T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. EJournal Administrasi Bisnis, 7(4), 409–423. www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prA

Ferdinand, A. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Universitas Diponegoro.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Palnning & Strategy) (Issue August). CV. Penerbit Qiara Media.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Elief, Attitude, Intention, and Behavior an Introduction and Research (I. Ajzen, Ed.). Reading.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gramedia, Blog. (2022). Ketahui 8 Manfaat Moisturizer Untuk Kulit, Perbedaan, Jenis Moistruraizer.

Hanif, J. A. F. M. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Dan Keputusan PembelianDengan Minat Beli Sebagai

Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Skincare Ms Glow

di Universitas Muhammadiyah Surakarta). Publikasi Ilmiah, 1(1), 1–18.

Kotler, P., Bowen, J. T., & Makens, J. C. (2014). Marketing for Hospitality and Tourism. Pearson Prentice Hall.

Kresnardi, V. C. (2017). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Buying

Intention Melalui Self-Brand Connection Pada Dum Dum Thai Drinks

Surabaya. JUrnal Strategi Pemasaran, 4(1), 1–8.

Kurniyawati, E., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2020). Pengaruh Layanan dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening.

Larasati, I. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Cabang Pekanbaru. Universitas Islam Riau.

Lustiyani, R. I. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Minat Beli Kue Solo Pluffy dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Intervening. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Makrufah, I. A. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi pada Konsumen di Outlet Toserba Laris Kartasura). Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Muslih, Nasution, M. I., & Mentari, K. (2021). The Influence Of Celebrity

Endorser And Product Quality On Purchase Decisions Through Brand Image

As Intervening Variable In “Wardah” Cosmetics. International Seminar on

Islamic Studies, 2(1), 412-432

Napitupulu, M. H., & Supriyono, S. (2022). Pengaruh Keamanan dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Lazada di Surabaya. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 789–800. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i2.1335

Pantjawati, J. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Di Kartini Restoran Surabaya Plaza Hotel. Jurnal Ilmiah, 1(1), 1–22.

Prabowo, Y. W., & Sunarti, S. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli (Survei pada Pengunjung 3Second Store di Jalan Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 14(2).

Pratiwiningsih, I. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image (Studi pada Konsuen Honda Vario di CV. Sumber Makmur Abadi). In Unnes. Universitas Negeri Semarang.

Priansa, D. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. CV. Alfabeta.

Prihartini, E., Mahiri, E. A., Hakim, A., & Kurnadi, E. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorse Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Toko Elzatta Majalengka. Co-Management, 4(3), 775–783.

Purnamasari, Y. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Survei Pada Pengunjung Angkringan Gayeng Ponorogo Yang Pernah Melihat Iklan Dan Membeli Sprite) (Vol. 1, Issue 2). Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Restanti, F. A. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Electronic Word of Mouth

Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian.Unive

rsitas Brawijaya Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis

Bisnis Konsentrasi Pemasaran Malang.

Santoso, D. H. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Universitas Muhammadiyah Malang.

Schiffman, & Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen (edisi 7). Prentice Hall.

Shimp, T. A. (2003). Periklaan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran

Terpadu. Erlangga.

Silalahi, T. H. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier dengan Minat Beli Sebagi Variabel Mediasi. Universitas HKBP Nommensen.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Abzari, M., Ghassemi, R. A., & Vosta, L. N. (2014). Analysing the Effect of Social Media on Brand Attitude and Purchase Intention: The Case of Iran Khodro

Company. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 822–826. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.483

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (B. Sabran, Ed.;

Edisi 13). Erlangga.

Kotler, P., Bowen, J. T., & Makens, J. C. (2014). Marketing for Hospitality and Tourism. Pearson Prentice Hall.

Kurniyawati, E., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening.

Matheos, M. I., Soepono, D., & Raintung, M. C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk

Kosmetik Wardah Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA, 10(1), 973–983.

Muslih, Nasution, M. I., & Mentari, K. (2021). The Influence Of Celebrity Endorser And Product Quality On Purchase Decisions Through Brand Image As Intervening Variables In “Wardah” Cosmetics. International Seminar on Islamic Studies , 2(1), 412–432.

Napitupulu, M. H., & Supriyono, S. (2022). Pengaruh Keamanan dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Lazada di Surabaya. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 789–800. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i2.1335

Pantjawati, J. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Di Kartini Restoran Surabaya Plaza Hotel. Jurnal Ilmiah, 1(1), 1–22.

Shimp, T. A. (2003). Periklaan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Erlangga.

Silalahi, T. H. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier dengan Minat Beli Sebagi Variabel Mediasi. Universitas HKBP Nommensen.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tondang, G. A., & Silalahi, P. R. (2022). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smarthphone Android. Peshum: Jurnal

Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(2), 92–99.

Waqas, M., Qalati, S. A., Hafeez, S., Rana, L. T., & Farhan, S. M. (2020). Effects of Celebrity Endorsement , Promotional activities , Packaging of products , and

Brand image , on Green Consumer buying behavior. Paradigms, 14(1), 66–72. https://doi.org/10.24312/1930140110

Wicaksono, M. A. (2018). Pengaruh Desain Produk dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Honda New Sonic 150r (Studi Pada Pengguna Honda New Sonic 150R di Kota Surabaya) Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6, 1–8.

Widyaningrum, P. W. (2016). Pengaruh Label Halal Dan Celebrity Endorser

Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah Di Ponorogo). VI(2), 83–98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun