PENGARUH PERSEPSI KUALITAS, PERSEPSI HARGA, PERSEPSI NILAI DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI MOTOR VESPA MATIC DI KOTA MADIUN (STUDI PADA DEALER MOTOR VESPA MATIC DI KOTA MADIUN)

Dheka Putra Adriansyah, Apriyanti Apriyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pada masing-masing varibel, adanya pengaruh persepsi kualitas, persepsi harga, persepsi nilai, dan brand image terhadap minat beli motor vespa matic di Kota Madiun, memberikan bukti empiris adanya pengaruh secara bersama-sama variabel persepsi kualitas, persepsi harga, persepsi nilai, dan brand image terhadap minat beli motor vespa matic di Kota Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebesar 386 responden. Metode pengambilan sampel yaitu dengan cara simple random sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan penyebaran melalui google form. Teknik analisis data menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa a) variabel persepsi kualitas berpengaruh signifikan terhadap minat beli, b) variabel persepsi harga tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli, c) variabel persepsi nilai berpegaruh signifikan terhadap minat beli, d) variabel brand image berpengaruh signifikan terhadap minat beli, dan e) variabel persepsi kualitas, persepsi harga, persepsi nilai, dan brand image secara bersama sama berpengaruh terhadap minat beli

Kata Kunci: Persepi Kualitas, Persepsi Harga, Persepsi Nilai, Brand Image, Minat Beli.

Full Text:

PDF

References


Annisa, N. (2017). Pengaruh Country Of Origin Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pada Produk Smart Phone Samsung. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 4(2), 1–8.

Barat, U. S., & Pariaman, K. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Go-Food.

Campbell Cockril dan Goode. (2010). The Strategy and Tactics of Pricing. New York: Kogan Page.

Durianto. (2011). Marketing Mix Pemasaran. Cetakan kedua. Bandung: CV. Mandar Maju.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 26. Edisi 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hermawan, B. (2011). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan, Reputasi Merek Dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin Pt. Sido Muncul. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan., 4(2): 10-1.

Indarto, A. F., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Brand Image dan Persepsi Kualitas terhadap Minat Beli Iphone di Surabaya. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(4), 1258–1266. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i4.919

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Marketing Management. Edinburgh: Pearson Education.

Kotler dan Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. 12 Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Nanggala, A., Orivia, A. I., Cantika, J., & Suyatno, A. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Online dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen ( studi pada toko kue lumpur bakar shekinah ).

Peter dan Olson. (2016). Consumer Behaviour and Marketing Strategic, 8th,. Boston: McGraw-Hill. Terjemahan Diah Tantri Dwi Andani: Jakarta, Erlangga.

Repi, O. W., Lumanaw, B., & Wenas, R. S. (2020). Pengaruh Bauran Promosi, Kesadaran Merek Dan Persepsi Nilai Terhadap Minat Beli Di Bukalapak Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4), 110–119.

Rosita, I. (2022a). Simba 1. Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Vespa Matic Di Kota Madiun, September.

Rosita, I. (2022b). Simba 4. Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Vespa Matic Di Kota Madiun, September.

Safitri, A. N. (2021). Pengaruh brand image, persepsi harga dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang pada Lazada. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i1.212

Saputra, A. L., & Tia Aprilia. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Notebook Acer. Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu 37, 2(1), 37–68.

Tannia, P. V., & Yulianthini, N. N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek PCX. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 88–94.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Virena, A. R., & Renwarin, J. M. J. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli dengan Kualitas Pelayanan sebagai Moderator. Kalbisiana, 8(3), 2744–2760.

Wibisono, P. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, Persepsi Kualitas, Dan Persepsi Nilai Terhadap Minat Beli Konsumen.

Annisa, N. (2017). Pengaruh Country Of Origin Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pada Produk Smart Phone Samsung. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 4(2), 1–8.

Barat, U. S., & Pariaman, K. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Go-Food.

Campbell Cockril dan Goode. (2010). The Strategy and Tactics of Pricing. New York: Kogan Page.

Durianto. (2011). Marketing Mix Pemasaran. Cetakan kedua. Bandung: CV. Mandar Maju.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 26. Edisi 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hermawan, B. (2011). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan, Reputasi Merek Dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin Pt. Sido Muncul. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan., 4(2): 10-1.

Indarto, A. F., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Brand Image dan Persepsi Kualitas terhadap Minat Beli Iphone di Surabaya. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(4), 1258–1266. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i4.919

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Marketing Management. Edinburgh: Pearson Education.

Kotler dan Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. 12 Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Nanggala, A., Orivia, A. I., Cantika, J., & Suyatno, A. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Online dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen ( studi pada toko kue lumpur bakar shekinah ).

Peter dan Olson. (2016). Consumer Behaviour and Marketing Strategic, 8th,. Boston: McGraw-Hill. Terjemahan Diah Tantri Dwi Andani: Jakarta, Erlangga.

Repi, O. W., Lumanaw, B., & Wenas, R. S. (2020). Pengaruh Bauran Promosi, Kesadaran Merek Dan Persepsi Nilai Terhadap Minat Beli Di Bukalapak Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4), 110–119.

Rosita, I. (2022a). Simba 1. Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Vespa Matic Di Kota Madiun, September.

Rosita, I. (2022b). Simba 4. Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Vespa Matic Di Kota Madiun, September.

Safitri, A. N. (2021). Pengaruh brand image, persepsi harga dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang pada Lazada. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i1.212

Saputra, A. L., & Tia Aprilia. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Notebook Acer. Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu 37, 2(1), 37–68.

Tannia, P. V., & Yulianthini, N. N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek PCX. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 88–94.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Virena, A. R., & Renwarin, J. M. J. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli dengan Kualitas Pelayanan sebagai Moderator. Kalbisiana, 8(3), 2744–2760.

Wibisono, P. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, Persepsi Kualitas, Dan Persepsi Nilai Terhadap Minat Beli Konsumen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun