PENGARUH FINANCIAL LITERACY, OPPORTUNITY COST, KONTROL DIRI, DAN FINANCIAL HEDONISM TERHADAP MINAT PENGGUNAAN FITUR PAYLATER PADA GENERASI MILENIAL

Ada Nerissa Arviana, Anggita Langgeng Wijaya, Moh. Ubaidillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Financial Literacy, Opportunity Cost, Kontrol Diri dan Financial Hedonism terhadap minat penggunaan fitur paylater pada generasi milenial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berada di Kota Madiun dengan sampel sebanyak 175 responden yang dipilih menggunakan teknik Non Probability Sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa financial literacy tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan fitur paylater pada generasi mienial. Opportunity costberpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan fitur paylater pada generasi milenial. Kontrol diri tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan fitur paylater pada generasi milenialdan financial hedonism berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan fitur paylater padagenerasi milenial. Dengan demikian, variabel financial hedonism memiliki pengaruh paling dominan terhadap minat menggunakan fitur paylater pada generasi milenial.

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif Edisi Ke Dua. 2nd ed.Jakarta: Kencana.

Damayant i, Wulan. 2019. “ANALISIS OPPORTUNITY COST DALAM

PENGAMBILAN KEPUTUSAN BEKERJA ATAU MENDIDIK ANAK

OLEH DOSEN PEREMPUAN IAIN JEMBER.” Skripsi.

Edelson, Steven A. 2019. “Promethean Business: From Financial Hedonism to Financial Eudaimonia.” Journal of Management Inquiry 28(4):420–25. doi:10.1177/1056492617725201.

Friedman, Elizabeth M. S., Jennifer Savary, and Ravi Dhar. 2018. “Apples, Oranges, and Erasers: The Effect of Considering Similar versus Dissimilar Alternat ives on Purchase Decisions.” Journal of Consumer Research 45(4):725–42. doi: 10.1093/jcr/ucy023.

Ghozali, Imam, and Hengky Latan. 2015. “Partial Least Squares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 3.0 Untuk Penelitian Empiris.” Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghufron, M. Nur, and Rini Risnawita Suminta. 2010. “Teori-Teori Psikologi.”

Haryono, Siswoyo. 2019. Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen Dengan AMOS, LISREL, PLS. 1st ed. edited by H. Mintardja. PT. Intermedia Personalia Utama.

Idris, Fazean, Ihsan Nazurah Zulkipli, Khadizah Haji Abdul-Mumin, Siti Rohaiza Ahmad, Shahid Mitha, Hanif Abdul Rahman, Rajan Rajabalaya, Sheba Rani David, and Lin Naing. 2021. “Academic Experiences, Physical and Mental Health Impact of COVID-19 Pandemic on Students and Lecturers in Health Care Education.” BMC Medical Education 21(1):1–13. doi: 10.1186/s12909021-02968-2.

Islamy, Ricky Yoko Satya Nur, Esy Suraeni Yuniwati, and Azis Abdullah. 2021. “Perilaku Hedonis Pada Masa Dewasa Awal.” Seminar Nasional Dan Call for Paper Mahasiswa (Senacam) 2021 (April):179–90.

Marko Sarstedt, Christian M. Ringle, and Joseph F. Hair. 2017. Partial Least Squares Structural Equation Modeling.

Nasir, Muhammad. 2013. “Evaluasi Penerimaan Teknologi Informasi Mahasiswa Di Palembang Menggunakan Model UTAUT.” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 1(1):15–2013.

Rahmawat i, Gina, and Elly Mirati. 2022. “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya

Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee Paylater Pada

Generasi Millenial.” Jurnal Multidisiplin Madani 2(5):2415–30.

RISED. 2021. “Semakin Diminat i Masyarakat, Layanan ‘Bayar Nanti’ Jadi Solusi Pengelolaan Keuangan Di Masa Pandemi.” Retrieved (https://rised.or.id/press-release-semakin-diminati-masyarakat-layananbayar-nanti-jadi-solusi-pengelolaan-keuangan-di-masa-pandemi/).

Rumayya, Faradilla Rahma Sari, Eka Wahyuni, M. Syaikh Rohman, Hesti Retno Budi Arini, and Kemala Sari Agust i. 2020. “Persepsi Pasar Terhadap Pemanfaatan Fitur Pembayaran Paylater -Laporan Penelit ian.” Research Institute of Socio-Economic Development 1–43.

Selvy, Diana Putri, and Mulatsih Listiana Sri. 2022. “PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN FINTECH PAYMENT (PAYLATER) PADA SHOPEE(Studi Kasus Pada Mahasiswa

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bung Hatta Padang).”

Sengupta, Ashok. 2022. “BNPL as a New Financial Instrument & Its Impact on Consumer’s Buying Behaviour.” SSRN Electronic Journal (December). doi: 10.2139/ssrn.4175857.

Setiawan, Roy. 2022. “A Study Of Behavioral Intent ion: The Practices For Mobile Payment Technology Users In Indonesia.” Webology 19(2):2364–81.

Sholihin, Mahfud, and Dwi Ratmono. 2013. Analisis Sem-Pls : Dengan Warppls 3.0. 1st ed. Yogyakarta : Andi Offset, 2013.

Strömbäck, Camilla, Thérèse Lind, Kenny Skagerlund, Daniel Västfjäll, and Gustav Tinghög. 2017. “Does Self-Control Predict Financial Behavior andFinancial Well-Being?” Journal of Behavioral and Experimental Finance14:30–38. doi:10.1016/j.jbef.2017.04.002.

Sugiyono, and Setiyawati. 2014. Metode Penelitian Manajemen : Pendekatan : 1.Kuantitatif, 2. Kualitatif, 3. Kombinasi (Mixed Methods), 4. PenelitianTindakan (Action Researh), 5. Penelitian Evaluasi. 2nd ed. edited bySetiyawat i. Bandung : Alfabeta, 2014.

Taiwo, Ayankunle Adegbite, and Alan G. Downe. 2013. “The Theory of UserAcceptance and Use of Technology (UTAUT): A Meta-Analytic Review ofEmpirical Findings.” Journal of Theoretical and Applied InformationTechnology 49(1):48–58.

Venkatesh, Viswanath, James Y. L. Thong, and Xin Xu. 2012. “Venkatesh_Thong_Xu_MISQ_forthcoming (GENDER AGE EXPERIENCE).” MIS Quarterly 36(1):157–78. Zulfah. 2021. “Karakter: Pengembangan Diri.” IQRA: Jurnal Pendidikan Agama

Islam 1(1):28–33.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun