PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP NILAI PERUSAHAANIDENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASII (StudiIEmpiris Pada Perusahaan SektorIProperti dan Real Estate Yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2020)

Argareta Noviandari, Anggita Langgeng Wijaya, Moh. Ubaidillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris intellectual capital dan investment opportunityiset terhadap nilai perusahaan, dengan menggunakan ukuran perusahaan sebagai moderator. Survei dilakukan terhadap perusahaan real estate dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2018-2021. Populasiiipenelitian sebanyak 80 perusahaan dan sampel penelitian menggunakan metode purposiveiisampling sehingga diperoleh besar sampel sebanyak 51 perusahaan. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan moderated regressionianalysis (MRA) dengan memanfaatkan program SPSS versi 25. Hasil penelitianiini menunjukkan bahwa intellectual capital dan investment opportunityiset menunjukkan mampu mempengaruhi nilai perusahaan. Ukuran perusahaan tidakomampu memoderasimpengaruh intellectual capital terhadaponilai perusahaan. Ukuran perusahaan tidak mampusmemoderasi pengaruh investment opportunity set terhadap nilaikperusahaan.


Full Text:

PDF

References


Apriantini, N. M., Widhiastuti, N. L. P., & Novitasari, N. L. G. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Kepemilikan Manajerial, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Kharisma, 4(2), 190–201.

Ariyanti, K. S., Novitasari, N. L. G., & Widhiastuti, N. luh P. (2022). Pengaruh Keputusan Finansial, Investment Opportunity Set, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 4(1), 264–275. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/kharisma/article/view/4569

Barmin, H., & Herlina, E. (2022). Pengaruh Modal Intelektual, Arus Kas Bebas Dan Pertumbuhan Aset Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 422–429.

Barney, J. B. (1991). The Resource-Based Theory of the Firm. https://doi.org/https://doi.org/10.1287/orsc.7.5.469

Callista, C., & Wi, P. (2022). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. ECo-Buss, 4(3), 676–688. https://doi.org/10.32877/eb.v4i3.363

Dwita, R., & Kurniawan, K. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan. STATERA: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 76–89. https://doi.org/10.33510/statera.2019.1.1.76-89

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, M. C., & Sagala, L. (2020). Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2019). Jurnal Manajemen, 6(2), 91–100.

Haryanto, S., Rahadian, N., Mbapa, M. F. I., Rahayu, E. N., & Febriyanti, K. V. (2018). Kebijakan Hutang, Ukuran Perusahaan dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan: Industri Perbankan di Indonesia. AFRE (Accounting and Financial Review), 1(2), 62–70. https://doi.org/10.26905/afr.v1i2.2279

Kartika, M., & Hatane, S. E. (2013). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Capital Gain (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Business Accounting Review, 1(1), 9–22.

Kelana, Surya Kartika Putra & Amanah, L. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan

Putri, A. S., & Miftah, D. (2021). Pengaruh Intellectual Capital, Leverage, Profitabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. CURRENT: Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis Terkini, 2(2), 259–277. https://doi.org/10.31258/jc.2.2.259-277

Putri, R. A. A., & Setiawan, M. A. (2019). Pengaruh Investment Opportunity Set (IOS), Kebijakan Dividen, Dan Opportunistic Behavior Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1392–1410. https://doi.org/10.24036/jea.v1i3.150

Wahidniawati, U., Agung Ulupui, I. G. K., & Fauzi, A. (2021). Efek Moderasi Ukuran Perusahaan Pada Pengaruh Kesempatan Investasi dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Sosial Teknologi, 1(7), 717–723. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i7.165

Wijaya, R. A., & Suganda, T. R. (2020). Pengaruh investment opportunity set, kinerja keuangan, dan intangible asset terhadap nilai perusahaan. Jurnal Akuntabel, 17(2), 2020–2215. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL

Wulanningsih, S., & Agustin, H. (2020). Pengaruh Investment Opportunity Set, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 2(3), 3107–3124. https://doi.org/10.24036/jea.v2i3.271


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun