FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2021

Anggita Talia Hermanto, Frimicia Intan Sholati, Devita Maharani, Anastia Elia Putri

Abstract


Penelitian ini berjudul "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Tahun 2021". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan dari Earning Per Shares (EPS), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE) terhadap harga saham di perusahaan sektor Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2021. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan di sektor Consumer Goods tahun 2021. Sampel ditentukan dengan metode Purposive Sampling dan didapatkan sejumlah 43 perusahaan di sub sektor Food & Beverages dan Pharmaceuticals. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan data yang diperoleh dari laporan keuangan (Annual report) yang telah diterbitkan di web resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), sedangkan alat analisis yang digunakan yaitu SPSS 25. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini yaitu Earning Per Shares (EPS) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Sedangkan, Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham. Secara simultan, Earning Per Shares (EPS), Return On Assets (ROA), dan Return On Equity (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham.

 

Kata Kunci: Earning Per Shares (EPS), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), harga saham


Full Text:

PDF

References


Almira, N. P. A. K., & Wiagustini, N. L. P. (2020). Return On Asset, Return On Equity, dan Earning Per Share berpengaruh terhadap return saham (Doctoral dissertation, Udayana University).

Arif, R. (2020). Pengaruh ROA, ROE, dan EPS Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Semen Di Bursa Efek Indonesia.

Arifiani, R. (2019). Pengaruh Return On Asset (ROA) Dan Return On Equity (ROE) Terhadap Harga Saham Berdasarkan Closing Price (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Bisnis, 7(1), 1-20.

Dewi, N. S., & Suwarno, A. E. (2022, April). Pengaruh ROA, ROE, EPS dan DER terhadap harga saham perusahaan (Studi empiris pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2016-2020). In Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK) (Vol. 1, pp. 472-482).

Ekawati, S., & Yuniati, T. (2020). Pengaruh ROA, ROE, dan EPS terhadap harga saham pada perusahaan transportasi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(3).

Hery, S. E. (2015). Analisis laporan keuangan. Media Pressindo. Indah, D. R., & Parlia, P. (2017). Pengaruh Earning Per Share Terhadap Harga Saham Pada PT. Bank Mega Tbk. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (Jensi), 1(1), 72-81.

Pantow, M. S. R., Murni, S., & Trang, I. (2015). Analisa pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, Return On Asset, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan yang tercatat di indeks lq 45. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(1).

Rahmadewi, P. W., & Abundanti, N. (2018). Pengaruh EPS, PER, CR dan ROE terhadap harga saham di Bursa Efek Indonesia (Doctoral dissertation, Udayana University).

Santy, V. A. D., & Triyonowati, T. (2017). Pengaruh ROA, ROE, dan EPS terhadap Harga Saham PT. Garuda Indonesia Tbk. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(9).

Sartono, A. (2010). Manajemen Keuangan teori dan Aplikasi edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Sujatmiko, W. (2019). Pengaruh ROE, ROA, dan EPS Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Widayanti, R., & Colline, F. (2017). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Harga Saham Perusahaan LQ 45 Periode 2011-2015. Bina ekonomi, 21(1), 35-49.

Yuniningsih, Y., Hasna, N. A., Wajdi, M. B. N., & Widodo, S. (2018). Financial performance measurement of with signaling theory review on automotive companies listed in Indonesia stock exchange. IJEBD (International Journal Of Entrepreneurship And Business Development), 1(2), 167-177


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun