PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING, SERVICE QUALITY DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Warung Cetot (Warcet) Mas Gimbal Ponorogo)

Wardhatul Tamara, Apriyanti Apriyanti, Hendra Setiawan

Abstract


Loyalitas Pelanggan merupakan faktor yang sangat penting terutama di tengah persaingan bisnis yang tinggi, karena loyalitas akan bermanfaat bagi perkembangan jangka panjang pada suatu bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh Experiential Marketing, Quality Service dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pelanggan.  Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Warung Cetot (Warcet) Mas Gimbal Ponorogo dengan menggunakan metode penelitian Purposive Sampling, dimana jumlah responden sebanyak 384 orang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan Software SPSS 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa experiential marketing (X1) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) dengan nilai t hitungsebesar 3,212 > t tabelsebesar1,966 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, quality service (X2)berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) dengan nilai t hitungsebesar 3,146 > t tabelsebesar1,966 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05, fasilitas (X3) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) dengan nilai t hitungsebesar 3,133 > t tabelsebesar1,966 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05, serta experiential marketing (X1) , quality service (X2)dan fasilitas  (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) dengan nilai F hitung 34,559 > Ftabel 2,62 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05.

 

Kata Kunci : Experiential Marketing, Quality Service, Fasilitas, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Afriyanti, S., & Rasmikayati, E. (2018). Studi strategi pemasaran terbaik berdasarkan perilaku konsumen dalam menghadapi persaingan antar kedai kopi di Jatinangor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 4(3).

Agiesta, W., Sajidin, A., & Perwito, P. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan ka lokal Bandung Raya. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(2).

Alfirahmi, A. (2019). Fenomena kopi kekinian di era 4.0 ditinjau dari marketing 4.0 dan teori uses and effect. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(1).

Angelia, V., & Rezeki, S. (2020). Pengaruh Experiential Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Rumah Makan Abeng 38. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya Penelitian Ilmu Manajemen, 6(1).

Griffin, J. 2016. Customer Loyalty, Menumbuhkan Dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa. Erlangga.

Hardati, R. N. (2021). Pengaruh Kinerja Driver dan Fasilitas Aplikasi Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Gojek Kota Malang). PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 15(1).

Kukuh, Familiar., & Maftukhah, I. (2015). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 4(4).

Kurniawan, R., & Auva, M. A. (2022). Analisis Pengaruh Kepuasan, Kualitas layanan, Dan Nilai Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Restoran Seafood Di Kota Batam. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2).

Nanang, N., & Pasharibu, Y. (2021). Brand image, Lokasi, dan Fasilitas Sport Club Gym terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 5(1).

Schmitt, B. 2013. “Experiential Marketing.” Journal of Marketing Management.

Tjiptono, Fandy, and Gregorius Chandra. 2016. Service Quality dan Satisfaction Edisi Keempat. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, Fandy. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

———. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : C.V Andi Offset.

Wardani, E. K., & Hidayat, M. S. (2022). Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Gartenhutte Café Trawas. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 1(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun