PENGARUH WORD OF MOUTH, KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK COKLAT “MADCO” (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Coklat “MADCO” Di Kota Madiun)

Elinda Via Megalita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh word of mouth, kualitas produk, brand image dan promosi terhadap keputusan pembelian produk coklat “madco” (studi kasus pada  konsumen produk coklat “madco” di Kota Madiun). Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang membeli produk coklat “madco” di Kota madiun dengan pengambilan sampel sebanyak 384 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan bantuan software SmartPLS 4. Hasil penelitian ini adalah variabel word of mouth, kualitas produk, brand image  berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian produk coklat “madco” di Kota madiun, sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk coklat “madco” di Kota Madiun. Selanjutnya variabel word of mouth, kualiras produk, brand image, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk coklat ”madco” di Kota Madiun.

 

Kata Kunci : Word Of Mouth, Kualitas Produk, Brand Image, Promosi dan keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

References


Andriani, N. K. A. (2023). Pengaruh Brand Image, Promotion, Word Of Mouth Terhadap Purchase Decision Ms Glow Di Kota Denpasar.

Brata, B. H., Husani, S., & Ali, H. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi at PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(4), 357–374.

Firmansyah, A. (2018). Pengantar Manajemen (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.

Foster, B. (2016). Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product “Amidis” (Case Study on Bintang Trading Company). American Research Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 1–11.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, A. (2010). Word of Mouth Marketing. Jakarta: Medpress.

Indra, C. (2018). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Purchase Intention dengan Brand Image dan Perceived Service Quality Sebagai Variabel Intervening pada Program KPR Bersubsidi di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 1–9.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2015). Marketing an Introducing (12th ed.). London: Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th ed.). London: Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Marketing (7th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Journal of Marketing (Vol. 37, Issue 1). London: Pearson. https://doi.org/10.2307/1250781

Rumandor, P. W., Tumbel, A. L., & Ogi, I. W. J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Kopi dan Mie Toronata di Kawangkoan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 1060–1192.

Sernovitz, A. (2009). Word of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People Talking. New York: Kaplan Publishing.

Siami, L., & Hartanti, N. D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik

Wardah. UG Jurnal, 12(6), 37–50.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Trihapsari, T., & Talkah, A. (2022). Analisis Digital Marketing, Quality Product dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Matahari Brand Trenggalek saat Pandemi Covid-19. Otonomi, 22(1), 150–159.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun