PENGARUH DIRECT SELLING DAN ELECTRONIC WORD OFMOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SIKAP KONSUMEN PADA RISOL MAYOYO DI KOTA MADIUN

Ayun Maulita Istiqomah

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengaruh Direct Selling Dan E-Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Sikap Konsumen Pada Risol Mayoyo Di Kota Madiun”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui secara empiris adanya Pengaruh Direct Selling dan E-Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Sikap Konsumen Pada Risol Mayoyo di Kota Madiun. Grand theory yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sempel sebanyak 384 orang. Metode pengambilan sampel yaitu dengan cara Purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan penyebaran melalui google form. Teknik analisis data menggunakan alat uji berupa softwere SmartPLS 3.0.Dengan hasil ini a) Direct selling berpeingaruh signifikan terhadap Sikap konsumein. b) E-word of mouth tidak birpengaruh terhadap sikap konsumen. c) Direct Selling tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. d) E-word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. e) Sikap tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. f) Direct selling tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Sikap konsumen. g) E-word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Sikap konsumen.

Kata Kunci: Direct Selling, E-word Of Mouth, Keputusan Pembelian, Sikap Konsumen


Full Text:

PDF

References


Armstrong, K. &. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi kedelapan Jilid 1.

Ayu Qirana, R. P. S. (2020). Pengaruh Electronic Word-of-Mouth terhadap Niat Beli pada E-commercei dengan Kepercayaan sebagaiIntervening.

Chusnah, K. T. I. (2019). Pengaruh Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Konsumen Finteich” (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi DANA). Indrasari, M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Preiss. Surabaya.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Metode dan Apliikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Edisi 2. Universitas Diiponegoro Semarang.

Hair, J., Ringle, C. and S. (2011). PLS-SEM: Indeed a Silver Bullet. Journal of Marketiing Theiory and Practiice.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press. Surabaya.

Islamia, M. (2013). Peingaruh Gaya Hidup Dan Sikap Terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking BANK Syariah Indonesia (Studi pada Geinerasi Z di Kota Banda Aceh).

Millatina, A. N., Hamidah, S., & Herianingrum, S. (2020). Efektifitas Media Instagram Dan E-Wom ( Electronic Word Of Mouth ) Terhadap Minat Beli Serta Keputusan Pembelian Konten Sosial Media Yang Sering di Kunjungi. Jurnal Penelitian Ipteks Vol. 5 No. 1 Januari 2020, 5(1), 101–115.

Perindustrian, K. (2019). Analisis Perkembangan Industri Edisi 1.

Prayitno, B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Citra Merek dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha. Urnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Volume 8.

Prayustika, P. A. (2016). Kajian Literatur: Manakah Yang Lebih Efektif? Traditional Word of Mouth Atau Electronic Word of Mouth. Jurnal Matrix.

Pride, W. M. et al. (2010). Busiiness.

Purnama, R., & Pralina, A. R. (2016). Pengaruh Direct Marketing Terhadap Keputusan Peimbelian Di Restoran the Centrum Bandung. THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, 6(1), 973. https://doi.org/10.17509/theij.v6i1.2008

Purwanto, N. . (2020). Bantuan Fiskal Untuk UMKM Pada Masa Pandemi Covid19.

Sanusi, A. (2020). TheEffect od Profitatibility, Company Size, Company Growth on Firm Value Throught Capital Structurein Food and Baverage Companies on the Indoneisia Stock Exchange 2014-2018 Period.

Setiadi, Nugroho, J. (2003). Perilaku Konsumen.

Soewito, Y. (2013). Kualiitas PRODUK, Merek DAN Desain Pengaruhnya Teirhadap Keputusan Pembelian Sepeda MOTOR YAMAHA Mio. 1(3), 218–229.

Solimun, Adji Achmad Rinaldo Fernand, N. (2017). Metode statistika multivariiat : peimodeilan persamaan struktural (SEM) pendekatan WarpPLS.

Sugiyono. (2010). Meitode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Wijaya, T., & Paramita, Ei. L. (2014). Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWoM) terhadap Keputusan Pembelian Kamera DSLR. Seminar Nasional Dan Call for Papeir, 978-602-70429-1–9, 12–19.

Zuliatin. (2012). Pengaruh Personal Selling, Direct Selling DAN HUBUNGAN MASYARAKAT Terhadap Kepuasan NASABAH Studi Kasus Pada BMT UGT Sidogiri KCP Kanigoro Blitar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun