PENGARUH GAYA HIDUP, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KEAMANAN TRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET DANA (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Madiun)

Sheldy Yasi Pralytha, Heny Sidanti, Hendra Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, kemudahan penggunaan, dan keamanan transaksi terhadap keputusan penggunaan e-wallet DANA. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan software SmartPLS. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan melakukan survei kepada 384 responden yang merupakan pengguna aktif e-wallet DANA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup bengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan e-wallet DANA, kemudahan penggunaan bengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan e-wallet DANA, keamanan transaksi bengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan e-wallet DANA. Secara simultan gaya hidup, kemudahan penggunaan, keamanan transaksi berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan e-wallet DANA. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi referensi bagi peneliti lain yang tertarik dalam bidang teknologi pembayaran elektronik di Indonesia.

 

Kata Kunci : Gaya Hidup, Kemudahan Penggunaan, Keamanan Transaksi, Keputusan Penggunaan

Full Text:

PDF

References


Ahmad Mustofa, Mutmainah. 2015. “Perancangan E-Commerce Penjualan Komputer Dan Alat Elektronik Berbasis Web Pada Toko Damar Komputer Pringsewu.” Jurnal TAM (Technology Acceptance Model) 4(1):62–67.

Alawiyah, F. F., & Canta, D. S. (2022). Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Shopee Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). Journal of Information System Research (JOSH), 3(4), 344−350. https://doi.org/10.47065/josh.v3i3.1527

Darista, S. M. R. (2021). Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Ovo Sebagai Alat Pembayaran E-Money. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 09(01), 27–37.

Dewi, W. S., Hasiolan, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Journal of Management, 2(2).

Ekonomi, J., & Novitasari, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan. 17(1), 34–45.

Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji ValiditasReliabilitas. Health Books Publishing.

Iliyin, A. (n.d.). Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Ovo Pt Visionet Data Internasional ( Studi Pada Pengguna Ovo Di Kota Surakarta ).

Irawati, T., Rimawati, E., & Pramesti, N. A. (2020). Penggunaan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Analisis Sistem Informasi Alista (Application Of Logistic And Supply Telkom Akses). Is The Best Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise This Is Link for OJS Us, 4(2), 106–120.

Lubis, R. H. (2022). Penggunaan Dompet Digital dan Wallet Terhadap Budaya Konsumtif pada Masyarakat di Kota Tangerang Serta Pandangan Syariah Tentang Etika Konsumsi. Al-Tasyree: Jurnal Bisnis, Keuangan Dan Ekonomi Syariah, 2(1), 1–10.

Mahendra, & Irfan. (2016). Penggunaan technology acceptance model (TAM) dalam mengevaluasi penerimaan pengguna terhadap sistem informasi -pada PT . ari jakarta. Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa, 5(2), 183–195.

Maulidiyah, N. F. A., Singasatia, D., & Sunandar, M. A. (2022). Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Mobile Application VLive Menggunakan Model SCSI. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 2(2), 28–34. https://doi.org/10.57152/malcom.v2i2.398

Rahmawati, YD, & Yuliana, R. (2020). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan terhadap keputusan penggunaan e-wallet pada mahasiswa STIE Bank BPD Jawa. ECONBANK: Jurnal Ekonomi dan Perbankan , 2 (2), 157-168

Rachbini, W., Evi, T., Pramesworo, I. S., & Rahmawati, E. (2022). Effect of E-Wallet Experience on E-Satisfaction and E-Word of Mouth (Study on E-Wallet Applications in Indonesia). Central European Management Journal, 30, 302–316. https://doi.org/10.57030/23364890.cemj.30.4.25

Setiawan, Hendra; Sanoesi, R. N. W. O. (2022). Pengaruh Presepsi Kemudahan, Manfaat, Intensitas Penggunaan, Gaya Hidup terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Shopee Paylater. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA).

Wardana, A. A., Saputro, E. P., Wahyuddin, M., & Abas, N. I. (2022). The Effect of Convenience, Perceived Ease of Use, and Perceived Usefulness on Intention to Use E-Wallet. Proceedings of the International Conference on Economics and Business Studies (ICOEBS 2022), 655(Icoebs), 386–395. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220602.051

Widhya. C. R. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Pengalaman Menggunakan Teknologi Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet. Undiksha Repository, Thesis, 34–67. https://repo.undiksha.ac.id/8398/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun