PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), PERSEPSI LABEL HALAL, KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC (Studi Kasus Pada Masyarakat Muslim di Kota Madiun)

Virdha Anggun Saputri

Abstract


Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, diantaranya adalah faktor E-WOM, Persepsi Label Halal, Kualitas Produk dan Citra Merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh E-WOM, Persepsi Label Halal, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap keputusan pembelian produk Skintific di Kota Madiun . Penelitian dilakukan di Madiun. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berdomisili di Madiun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penentuan jumlah sample menggunakan rumus Hair (2009) dan ditetapkan sebesar 200 Responden. Teknik analisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas,uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji koefisien determinasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa : 1. E-WOM berpengaruh Positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 2. Persepsi Label Halal berpengaruh Positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 3. Kualitas Produk berpengaruh Positif dan  signifikan terhadap keputusan pembelian. 4. Citra Merek berpengaruh Positif dan  signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: E-WOM, Persepsi Label Halal, Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Alintiana, M. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (e-WOM), Program Diskon dan Empati Terhadap Keputusan Pembelian Pada Klinik Kecantikan Natasha Skincare Jember. Digital Repository UNEJ.

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277

Efendi, F. B., & Aminah, S. (2023). 762 Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific (Studi pada Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur). Jurnal Manajemen Dan Sains, 8(1), 762–766. https://doi.org/DOI 10.33087/jmas.v8i1.1055

Fryda Lucyani, D. (2009). Pengaruh Elektronik Word Of Mouth (Ewom), Lokasi dan Produk Halal Terhadap Keputusan Pembelian Di B’lian Resto Undalan Kudus. Journal Information, 10(3), 1–16.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25. B.P.U.Diponegoro.

Kusuma, A. C., Listyorini, S., & Hadi, S. P. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Brand Image, dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Emina Cosmetics di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 118–126. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.33528

Pratama, A. Y., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., Bisnis, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2023). Penaruh Digital Marketing dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Yang Membeli Produk Perawatan Skintific ).

Rahmawaty, P. (2014). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sari Roti. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 82–89. https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11768

Rohyani, I. S., Komang, T., Dewi, S., Melani, W. W., & Ratni, Z. (2021). Ragam Produk Minuman dan Masker Kecantikan Berbahan Dasar Kopi dalam Menunjang Perekonomian Masyarakat di Masa Pandemi. 0–5.

Satupiston. (2023). Apakah Skintific Halal atau Tidak. https://m.satupiston.com/2023/03/apakah-skintific-halal-atau-tidak.html

Suci, D., & Lestari, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Skincare Korea. September.

Widyaningrum, P. W. (2019). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Iklan, dan Celebrity Endorser terhadap Minat Pembelian kosmetik melalui variabel Persepsi sebagai Mediasi (Studi Pada Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 74. https://doi.org/10.25273/capital.v2i2.3984


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun