PENGARUH DIGITAL MARKETING, CELEBRITY ENDORSEMENT, BRAND IMAGE, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GARNIER MEN FACHIAL WASH PADA MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA MADIUN

Ivan Afria Listiana Putra, Karuniawati Hasanah, Hendra Setiawan

Abstract


Pria mulai memahami perawatan kulit wajah, kepedulian saat ini menjadi perhatian utama, disadari bahwa kebutuhan akan produk perawatan wajah sangat besar, perawatan kulit saat ini diperankan artis tampan dan berkulit putih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Digital Marketing, Celebrity Endorsement, Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Garnier Men Facial Wash Pada Marketplace Shopee Di Kota Madiun. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 384 responden, dengan menggunakan SmartPLS versi 4. Berdasarkan hasil pengujian secara statistik menunjukan bahwa secara parsial digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, celebrity endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Garnier men facial wash pada marketplace shopee di Kota Madiun.  

 

Kata Kunci: Digital Marketing, Celebrity Endorsement, Brand Image, Harga

Full Text:

PDF

References


Afifah, I., & Sopiany, H. M. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis Dan Bauran Pemasaran Pt. Intercom Mobilindo Padang. 87(1,2), 149–200.

Amirudin M. Amin Dan Yuli Natalia. (2017). Analysis Of The Influence Of Celebrity Endorser, Brand Image, And Trust On The Purchasing Decision Of Garnier Products For Students At Stie Pelita Indonesia. Stem Cells, 25(7), 1603–1609.

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand And Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V4i1.277

Arianto, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 12. Https://Doi.Org/10.32493/Jpkpk.V3i2.4075

Ayuniah, P. (2017). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Iekonomi Bisnis, 22(3), 208–219.

David, A. (2013). Manajemen Pemasaran Startegis. Jakarta: Salemba Empat.

Harianto, A. O., & Yucha, N. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Di E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa Umaha. Iqtishadequity Jurnal Manajemen, 4(1), 40. Https://Doi.Org/10.51804/Iej.V4i1.1663

Hidayat, R. R., & Rayuwanto, R. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas

Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Keizai, 3(2). Https://Doi.Org/10.56589/Keizai.V3i2.292

Ilhami, S, Al, M., & Hendrastomo, G. (2020). Perawatan Kulit Wajah Sebagai Gaya Hidup Laki-Laki. E-Societas : Jurnal Pendidikan Sosiologi, 9(3), 2–17. Https://Journal.Student.Uny.Ac.Id/Index.Php/Societas/Article/Download/17119/16528

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. Https://Doi.Org/10.37403/Mjm.V6i1.143

Kerin, S. M., & Musadad, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo Di Kota Cirebon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(September), 498–510.

Kotler & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 (Edisi 13). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 (Edisi 12). Jakarta: Erlangga.

Leksono, R. B., & Herwin, H. (2017). Pengaruh Harga Dan Promosi Grab Terhadap Brand Image Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Transportasi Berbasis Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat, 2(3), 381–390. Https://Doi.Org/10.36226/Jrmb.V2i3.72

Meutia, I., Kardinah, Widjarnarko, Wirawan, Ekonomi Dan Bisnis, F., & Bhayangkara Jakarta Raya, U. (2021). Journal Of Technopreneurship On Economics And Business Review Dampak Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Miniso. 02(02), 75–87. Https://Jtebr.Unisan.Ac.Id

Ngesti, A. N. (2021). Pengaruh Harga Dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over Di Kota Yogyakarta. Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, 18(1), 77. Https://Doi.Org/10.31315/Be.V18i1.5626

Pangastuti, J., Sudjiono, S., & Prastiti, E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Counter Wardah Di Borobudur Kediri. Jimek : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 69. Https://Doi.Org/10.30737/Jimek.V2i1.424

Panjaitan, R. (2019). Manajemen Pemasaran. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Parengkuan, V., Tumbel, A., & Wenas, R. (2014). Analisis Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head And Shoulders Di 24 Mart Manado. Jurnal Emba, 2(3), 1792–1802.

Pebrianti, W., Arweni, A., & Awal, M. (2020). Digital Marketing, E-Wom, Brand Awareness Dan Keputusan Pembelian Kopi Milenial. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 11(1), 48–56. Https://Doi.Org/10.35724/Jies.V11i1.2848

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. Https://Doi.Org/10.32812/Jibeka.V11i2.45

Pratami, Rezki, & Prima Hasiholan, T. (2020). Representasi Maskulinitas Pria Dalam Iklan Televisi Men’s Biore Cool Oil Clear. Jurnal Komunikasi, 14(2), 119–138. Https://Doi.Org/10.20885/Komunikasi.Vol14.Iss2.Art2

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. Https://Doi.Org/10.46367/Iqtishaduna.V11i1.526

Rahmani, Riska Gusti, & Bursan, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 10, 51–60. Https://Doi.Org/10.23960/Jbm.V18i0.408

Septianingsih, D., Idawati, W., & Darmastuti, D. (2021). Prosiding Biema. Business Management, Economic, And Accounting National Seminar, 2(1), 766–780.

Siregar, A. H. (2020). Pengaruh Harga , Brand Image Dan Personal Branding Terhadap Keputusan Membeli Secara Online Di Toko Medan Top Galeri. Jurnal Ilmiah Smart, Iv(2), 98–106. Http://Www.Stmb-Multismart.Ac.Id/Ejournal/Index.Php/Jmba/Article/View/69

Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249–258. Https://Doi.Org/10.32670/Coopetition.V13i2.1057

Sudirjo, F., Ratnawati, H, Putranti, &, & D. (2022). The Role Of Product Attributes , Brand Image , And Celebrity Endorser On Purchase Decision And Their Effects On Consumer Satisfaction On Homypad Shoes Product In Yogyakarta. 29(6), 4888–4898.

Wiranata, I. K. A., Agung, A. A. P., & Prayoga, I. M. S. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Quality Product Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Di Holland Bakery Batubulan. Jurnal Emas, 2(3), 133–146.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun