PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PRODUK PANTENE MIRACLES HAIR SUPPLEMENT CONDITIONER (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Pantene di Kota Madiun)

Karin Cesa Andhini, Hendra Setiawan

Abstract


Perkembangan dunia bisnis dalam bidang perawatan rambut saat ini sedang mengalami persaingan. Perawatan rambut sudah menjadi salah satu kebutuhan sekunder manusia pada setiap kalangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh celebrity endorser dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening produk Pantene miracles hair supplement conditioner di Kota Madiun. Pengambilan sampel sebanyak 385 responden. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan bantuan software SmartPLS (Partial Least Square) versi 4. Hasil dari penelitian ini adalah variabel celebrity endorser dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, celebrity endorser dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli, minat beli berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, celebrity endorser tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli.

 

Kata Kunci: Celebrity Endorser, Kualitas Produk, Minat Beli, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Algiffary, M. A., Wahab, Z., Shihab, M. S., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Online Advertising dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Tokopedia. Amar (Andalas Management Review), 4(2), 16–31. https://doi.org/10.25077/amar.4.2.16-31.2020

Alie, U. B. H. M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal EKonomi, 22.

Dewi, A. G. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Konsumen Sabana Desa Waru Induk di Perumahan Grand Parung, Kabupaten Bogor) Anteng. Humanities, Management and Science Proceeding, 1(2), 173–189.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Square (Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris

Mustopa, A. N., & Ekawaty, N. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pantene Miracles Hair Supplement Conditioner (Studi Kasus Pada Followers Instagram @Panteneid). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Desember, 2022(24), 423–429. https://doi.org/10.5281/zenodo.7494563

Pratiwiningsih, I. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Mela lui Brand Image (Studi pada Konsuen Honda Vario di CV. Sumber Makmur Abadi). Unnes, 1–60.

Rinawati, G. A., Agung, A. A. P., & Anggraini, N. P. N. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Freshcare Di Kota Denpasar. Jurnal Emas, 2(1), 98–106.

Rosita, D., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa. Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 494–505. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.200

Sihombing, N. E., Gultom, C. O., Pengaruh Inovasi Produk , Kualitas Produk dan Kesesuaian Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Mahasiswi Pengguna Hair Care. 42–57.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun