PENGARUH DAYA TARIK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI MINAT BERKUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Pengunjung Pasar Pundensari Wilayah Madiun)

Pramita Wahyu Setianingsih, Hendra Setiawan

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah mengetahui adanya daya tarik dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) terhadap keputusan berkunjung Pasar Pundensari penelitian ini dilakukan pada pengunjung Pasar Pundensari di wilayah Madiun, dengan melalui pengambilan sampel sebanyak 385 responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan bantuan sofware SPSS25. Hasil penelitian ini adalah daya tarik dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung, daya tarik danElectronic Word Of Mouth (E-WOM) berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, minat berkunjung berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, daya tarik dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung melalui minat berkunjung sebagai variable intervening.

Kata Kunci: Daya Tarik, E-WOM, Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung



Full Text:

PDF

References


Anggraeni, D. (2020). Citra Destinasi Dan Daya Tarik Terhadap Minat. Pengaruh City Branding, Motivasi Wisata, E-Wom, Citra Destinasi Dan Daya Tarik Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Kabupaten Banyuwangi.

Anggraini, R. P., Sulistyowati, L. N., & Purwanto, H. (2019). Pengaruh Fasilitas, Harga Tiket Dan Daya Tarik Terhadap Keputusan Berkunjung Di Obyek Wisata Telaga Ngebel. Simba (Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi I), 1, 987–999.

Aprilia, E. R. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Pantai Ampenan Mataram. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2), 51.

Aprilia, F., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2015). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Tempat Wisata Âjawa Timur Park 2â Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis, 24(1), 1–6.

Asia, N. (2020). Pengaruh Word Of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Bagi Konsumen Alfamart Di Lembang Kabupaten Pinrang. Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Parepare, 4(2).

Budi Susianto. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Amenitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Desa Wisata Kabupaten Kerinci.

Lebu, C. F. K., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2019). Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Linow. Jurnal Emba, 7(4), 5505–5513.

Nora Pitri Nainggolan, H. (2018). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. Jurnal Iimiah Manajemen Dan Bisnisurnal Iimiah Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 64–72.

Nurchomariyah, U. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas, Fasilitas, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Umbul Ponggok. Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas, Fasilitas, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Umbul Ponggok Umi, 1(2), 76–82.

Pangestu, A. Dan F. Dalam. (2020). Pengaruh Persepsi Harga Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Niat Beli.

Prasetyo, D. (2019). Dwi Prasetyo_Bab Ii. 10–26.

Suwarduki, P. R., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Niat Dan Keputusan Berkunjung (Survei Pada Followers Aktif Akun Instagram). Jurnal, 16(2), 1–10. Http://Administrasibisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id/Index.Php/Jab/Article/View/1449

Titiek Arafiani Ruray, R. P. (2020). Pengaruh Daya Tarik Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Pantai Akesahu Kota Tidore Kepulauan.

Viana 2021. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Website Terhadap Minat Beli Shoppe Pada Mahasiswa Iain. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Wahyuni, S., Anggriani, I., & Putra, I. U. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Pada Wisata Buana Alit Bengkulu Tengah. 10, 379–390.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun