PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENYEWA MOBIL PADA SEMBILAN JAYA RENT CAR MADIUN

Kurniawan Nur Al Aziz, Karuniawati Hasanah, Dian Citaningtyas Ari Kadi

Abstract


Keputusan menyewa adalah pemilihan dari dua atau lebih alternatif pilihan keputusan menyewa, artinya bahwa seseorang dapat membuat keputusan, haruslah tersedia alternatif pilihan lain, kemudian proses yang dilakukan pada saat mengambil produk atau jasa tertentu, konsumen memilih satu alternatif dari beberapa alternatif yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menyewa mobil pada Sembilan Jaya Rentcar Madiun. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh penyewa mobil Sembilan Jaya Rentcar Madiun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling tepatnya purposive sampling. Penentuan jumlah sample menggunakan rumus Lemeshow (1997) dan ditetapkan sebesar 385 Responden. Teknik analisis menggunakan model pengukuran (Outer Model) uji validitas dan reliabilitas, modal struktural (inner model), Uji Hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa: Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menyewa.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Menyewa


Full Text:

PDF

References


Berutu, F. (2017). Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Pedagang Menyewa Kios (Study Kasus Perusahaan Daerah Pusat Pasar Sidikalang).

Dr. Meithiana Indrasari. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Fatimah, S. (2019). Pengantar Transportasi. Myria Publisher.

Fetrizen, & Aziz, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merek Aicos Produksi PT. Bumi Sarimas Indonesia. Osf preprints, 1, 1–9.

Hijriyatuzzaharah. (2020). Pengaruh Lokasi dan Harga terhadap Keputusan Pedagang Menyewa kios di pasar Belantik Siak.

Ibrahim, M., & thawil, s. M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (jrmb) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251

Kotler, & Amstrong, G. (2011). Principle of Marketing. 5thedition,prentice hall internasional (englewood).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua (kedua). PT. Indeks.

Mandey, J. B. (2013). Promosi, Distribusi, Harga pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. 1(4), 95–104.

Polla, F. C., Mananeke, l., & Taroreh, R. N. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4), 3068–3077. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21224

Qomaruddin, M. B. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Falin Jaya Trans ). 経済志林, 87(1,2), 149–200.

Rozalia, Rinuastuti, H., & Hs, R. (2020). Ketertarikan Konsumen pada Brand Ambassador dan Citra Merek pada Keputusan Pembelian. 8(2), 149–162.

Sarini Kodu. (2013). Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Journal of Polymer Science, Part a: Polymer Chemistry, 1(8), 1252–1259. https://doi.org/10.1002/pola.21914

Secapramana, V. (2000). Model Dalam Strategi Penetapan Harga. UNITAS, 9(1), 30–43.

Suwanti. (2021). Pengaruh kualitas pelaya nan dan harga terhadap Keputusan Pembelian di Unit UMKM KUD Karya Mukti (Studi kasus: Unit Mini Market KUD Karya Mukti). Ii(1), 15–24.

Wahyudi, J. F. (2012). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Harga terhadap Keputusan Konsumen dalam Menyewa Kos.

Widyakto, A., & Putra, Y. P. (2023). Analisis Pengaruh Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Konsumen Menyewa Lapagan Bulutangkis Pb Saba Semarang. 2(1), 19–27.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun