PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Study Pada Toko Maju Hardware Kota Madiun)

Nadilla Ayu Kusuma

Abstract


Peran penting loyalitas konsumen dalam menjaga keberlanjutan bisnis telah mengarahkan perhatian pada faktor-faktor yang memengaruhinya. Dalam konteks ini, faktor kepercayaan dan kepuasan konsumen diidentifikasi sebagai elemen kunci yang dapat membentuk pola perilaku loyalitas tersebut. Namun, dalam konteks toko ritel seperti Maju Hardware Madiun. penelitian tentang bagaimana kepercayaan dan kepuasan konsumen secara bersama-sama mempengaruhi loyalitas konsumen masih belum sepenuhnya terjelaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) memberikan bukti empiris pengaruh kepercayaan konsumen terhadap loyalitas konsumen Maju Hardware Madiun; (2) memberikan bukti empiris pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen Maju Hardware Madiun; dan (3) memberikan bukti empiris pengaruh stimultan kepercayaan konsumen dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen Maju Hardware Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang penah berbelanja di Maju Hardware Madiun lebih dari satu kali. Sampel yang digunakan sejumlah 384 yang dihitung dengan rumus Lemeshow. Pengujian dilakukan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa (1) Kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Maju Hardware Madiun; (2) Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Maju Hardware Madiun; dan (3) Kepercayaan konsumen dan kepuasan konsumen berpengaruh secara stimultan terhadap loyalitas konsumen Maju Hardware Madiun.

Kata Kunci: Kepercayaan, Kepuasan, Loyalitas, Konsumen


Full Text:

PDF

References


Aini, T. N. (2020). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan komitmen sebagai variable intervening. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 88–98.

Alfiyanto, C., Indriani, F., & Perdhana, m. S. (2020). The effect of service quality on consumer trust and customer satisfaction to improve customer loyalty on go-car transportation online in semarang city. Diponegoro journal of economics, 9(1), 58.

Andervazh, L., Gaskari, R., Tarakmeh, S., & Vafazadeh, S. (2013). The Influence of Brand Trust and Customer Satisfaction on Customer Loyalty by SEM. J. Basic. Appl. Sci. Res, 3(9), 687–693.

Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63.

Bachman, R & Akbar Z, Hanbook of Trusst Reseacrh (USA, Edwar Elgar Publising, 2006).

Bastian, J., & Widodo, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Station Sato Petshop Cibinong Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA), 2(1), 29–35.

Fahira, A., & Moh. Djemdjem Djamaludin. (2023). The Influence of Brand Trust and Satisfaction towards Consumer Loyalty of a Local Cosmetic Products Brand X among Generation Z. Journal of Consumer Sciences, 8(1), 27–44.

Fauzi Nasution, A., Safari, S. S., Ayu Purwati, A., Patuan Panjaitan, H., & Bisnis Dan Teknologi Pelita Indonesia, I. (2017). The effect of service quality and trust on customer satisfaction and loyalty at pt. Agung toyota harapan raya pekanbaru. In Business Management And Accounting (ICOBIMA) (Vol. 1, Issue 1).

Fauzia, Ika Yunia. (2013) Etika Bisnis dalam Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Harianto, E. F. E., & Ellyawati, J. (2023). The Influence of Perceived Usefulness, Trust, and Risk on Loyalty in the TikTok Shop: Test of Consumer Satisfaction as a Mediation Variable. Journal of Entrepreneurship & Business, 4(1), 13–23.

Margaretha Ardhanari, (2008) “Customer Satisfaction Pengaruhnya terhadap Brand Preference dan Repurchase Intention Private Brand”.

Maulidiyahwati, Septi, (2017).Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Risiko menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian online, Jurnal, Fak. Ekonomi Universitas Yogyakarta

Ramadhan, H., Ronny Edward, Y., & Ariesa, Y. (2017). Analysis Of The Influence Of Service Quality And Trust On Customer Loyalty With Customer Satisfaction As Intervening Variable In Menantea Field.

Philip Kotler, (2012). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Terj. Teguh hendra (Jakarta: Prenhalindo.

Setiyaningsih, Dewi Nur, “Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen dengan Switching Cost sebagai Variabel Mediasi”, Jurnal Ekonomi – Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta,6.

Surapati, U., & Abidin, Z. (2020). The effect of service quality and customer trust on customer satisfaction and customer loyalty pt surya rafi bersaudaRA. Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 4.

Utami, S. (2015). The influence of customers’ trust on customer loyalty. In International Journal of Economics, Commerce and Management United Kingdom: Vol. III.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun