PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, KUALITAS PRODUK, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOMETHINC PADA PLATFORM E-COMMERCE (Studi Kasus Pada Konsumen Di Kota Madiun)

Nabela Cindy Mahartriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian produk Somethinc pada Platform E-Commerce (Studi Kasus Pada Konsumen di Kota Madiun) dan jumlah sampel yang ditentukan 384 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan diolah menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis secara parsial dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Online Customer Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan secara simultan Online Customer Review, Kualitas Produk, Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk Somethinc pada platform e-commerce di Kota Madiun.

 

Kata Kunci: Kepercayaan, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Online Customer Review

Full Text:

PDF

References


Ediyarsono, N. D. (2022). Pemaknaan Khalayak Terhadap Trend Penggunaan Brand Ambassador Korea Dalam Iklan Skincare Lokal (Analisis Resepsi Iklan Somethinc X Nct Dream).

Ika Sugiarti, D., & Iskandar, R. (2021). Pengaruh Consumer Review Terhadap Keputusan Pembeli Terhadap Toko Online Shopee. Jurnal Sosial Teknologi, 1(9), 954–962. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i9.195

Indrajaya, S. (2016). Analisa Pengaruh Kemudahan Belanja, Kualitas Produk Belanja di Toko Online. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 5(2), 134–141.

Intan, K. (2019). Pasar produk perawatan kulit punya potensi berkembang. https://industri.kontan.co.id/news/pasar-produk-perawatan-kulit-punya-potensi-berkembang

khofifa siti, Arief mohammad yahya, F. randika. (2022). Produk , Kepercayaan Terhadap Ke 4606 Words Dec 2 , 2022 2 : 50 PM GMT + 7 23 % Overall Similarity Excluded from Similarity Report. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 1, 2209–2220.

Lestari, P. I. (2022). Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap Kepercayaan Merek Dan Loyalitas Merek Pada Pengguna Produk Skincare Somethinc Di Surabaya.

Nurjaya, N., Erlangga, H., Oktarini, R., Sunarsi, D., & Jasmani, J. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Wahana Motor Di Wilayah Cianjur. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(2), 291. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i2.11044

Octaviani, L. (2016). Fenomena Perilaku Belanja Online Sebagai Alternatif Pilihan Konsumsi Di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. 04.

Purwita Sari, M., Aulia Rachman, L., Ronaldi, D., & F Sanjaya, V. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Y.O.U. Enterpreneuer Dan Bisnis (JEBI), 1(2), 122–129.

Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia. Mbia, 20(1), 40–50. https://doi.org/10.33557/mbia.v20i1.1271

Septianie, I., & Wiyata, M. T. (2020). Pengaruh kemudahan dan kepercayaan terhadap niat pembelian secara online pada platform e-commerce lazada Indonesia. Imwi Student Research Journal, 1(1), 73–83.

Silfiani, V. D. (2021). Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Positioning Serta Dampaknya Terhadap Customer Trust Produk Somethinc (Studi Pada Pengguna Produk Somethinc Di Kota Malang).

Sukmawati, D. A. R., Mathori, M., & Marzuki, A. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 579–599. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.487

Tamon, N. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Cv. Defmel Leilem.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun