PENGARUH STORE ATMOSPHERE, RAGAM MENU, DAN KUALITASPELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI SEMESTA CAFE CARUBAN

Cindy Marcheliananda, Hari Purwanto, Dian Citaningtyas Ari Kadi

Abstract


The purpose of this research is to find out whether there is an influence of store atmosphere, menu variety, and service quality on customer satisfaction at Semesta Cafe Caruban. The population in this study are consumers of Semesta Cafe Caruban. Sampling from the population was carried out by purposive sampling technique with the Hair formula and obtained as many as 120 consumers. The data collection method used in this study was a survey using a questionnaire. The research method used is a quantitative approach using multiple linear regression analysis through the help of the SPSS version 16.0 program. The results of this study indicate that the t test (partial) on store atmosphere, menu variety, and service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction. Furthermore, through the F test (simultaneous) it was found that the store atmosphere, menu variety, and service quality together had a positive and significant effect on satisfaction.

Full Text:

PDF

References


Abdul Gofur. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap

Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas

Ekonomi UNIAT, 4(1), 37-44. http://dx.doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240

Adam, Muhammad. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Ake Akbar Mahe, Bambang Suwarsono, & Umi Nadhiro. (2023). Pengaruh

Keragaman Menu, Kualitas Pelayanan Kualitas Produk, dan Harga

Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Bebek H. Slamet Kota

Kediri. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce,

(1). https://doi.org/10.30640/digital.v2i1.672

Ali, A. H. M. W., Djoko, W. H., & Listyorini, S. (2013). Pengaruh Keragaman

Menu, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Iklan Terhadap Keputusan

Pemebelian. Diponegoro Journal of Social and Politic Tahun, Hal. 1-9.

http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/

Ardesto Prima Artha & Prijati. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas

Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kopi Lain Hati

Cabang Deltasari. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 12(1).

Asniar, N., Prananingrum, D. K., Putra, Z., & Yasir. (2023). Pengaruh Kualitas

Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Bongkar Muat pada PT.

Pelabuhan Indonesia IV (PERSERO) Cabang Kendari. Jurnal Pendidikan

Tambusai, 7(2), 3665–3675. Retrieved from

https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/6259

Barata, Atep Adya. (2012). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. (Cetakan Kedua). jakarta: Elex Media Komputindo.

Benjamin, S. D., Longkotoy, M., & Renouw, A. A. (2023). Pengaruh Kualitas

Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Mariat Hotel di Kota

Sorong. Journal on Education, 5(3), 10466-10478.

https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1950

Berman, B., & Evans, J. R. (2001). Retail management: A Strategic Approach.

New Jersey: Prentice Hall Inc.

Bramsom, R. (2012). Faktor dan Model Loyalitas Konsumen, Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama.

Cholik, F. I., Rufial, Sari, B. (2022). Pengaruh Harga, Keragaman Menu dan

Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kusuma Catering

di Bekasi. IKRAITH-EKONOMIKA, 5(1).

Christono, A. B. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap

Kepuasan Pelanggan. Journal of Economics & Business, 8(1).

Christovel Zuriel Umbase, William Areros, Lucky Tamengkel. (2022). Pengaruh

Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kedai Kopi

Senyawa di Manado. Productivity, 3(4)

Daryanto dan Setyobudi, Ismanto. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima.

Malang: Gava Media.

Dasril, J. D. M., & Sumadi. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas

Pelayanan dan Brand Image terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

pada Coffee Shop Janji Jiwa di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan

Konseling (JPDK), 5(2), 996–1008.

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13018

Dea Nissa Budiarto & Suhermin. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Store

Atmosphere dan Word of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal

Ilmu dan Riset Manajemen, 7(4).

Fandi Ardiansyah & Kartin Aprianti. (2020). Pengaruh Keragaman Produk dan

Lokasi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kantin Yuank Kota

Bima. Jurnal Brand, 2(2).

Febby Febriani & Dadan Ahmad Fadili. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan

Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey Pada Café Patroli

Kopi Karawang). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(3).

http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v4i3.10100

Fiolina & Elizabeth (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan

Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Chatime PIM. 2

nd MDP Student

Conference (MSC) 2023. https://doi.org/10.35957/mdp-sc.v2i2.4159

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23

(Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas

Diponegoro.

Irawan, Handi. (2012). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Istianto, J. H., & Tyra, M. J. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan

Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Ketty Resto. Jurnal Ekonomi

dan Informasi Akuntansi (JENIUS), 1(3).

Kadir, R.A. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Pendekatan Integratif Antara

Teori dan Implementasi. Bogor: IPB Press.

Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo.

Latief, F. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Catering Rumahan di

Makassar Melalui Promosi di Instagram, Harga dan Ragam Menu. Jesya

(Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1095-1105.

https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.724

Levy, M. & Weitz, B. A. (2001). Retailing Management. New York: McGrawHill.

Lorenzi, N., & Lorina Siregar Sudjiman. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan

Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee Express (Studi Kasus Pada

Mahasiswa Universitas Advent Indonesia). JEMSI (Jurnal Ekonomi,

Manajemen, Dan Akuntansi), 9(2), 303–311. Retrieved from

http://journal.lembagakita.org/index.php/jemsi/article/view/1033

Lovelock, Christhoper. & Wirtz, John. (2012). Pemasaran Jasa Perspektif. (Edisi

ke-7). Jakarta: Erlangga.

Meika Marito Sihombing, Muhammad Hasanur Arifin, Maryono. (2021).

Pengaruh Varian Menu, Harga, dan Suasana Cafe, Terhadap Kepuasan

Konsumen Cafe Miltie Garden Mulawarman Banjarmasin. Smart Business

Journal, 1(1), 26-33. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jiabi/index

Miratia Afriani & Tito Pratama . (2022). Pengaruh Cita Rasa dan Variasi Menu

Terhadap Tingkat Kepuasaan Konsumen di Rumah Makan Aneka Seblak

Sei Panas Kota Batam. Jurnal Mata Pariwisata, 1(2), 55–61.

https://jurnal.btp.ac.id/index.php/mata-btp/article/view/47

Mubayyanah, M., Kunaifi, A., Rahman, F., & Rosyid, A. (2021). Ragam Menu,

Harga, Dan Lokasi: Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran?

MASYRIF: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(1).

http://dx.doi.org/10.28944/masyrif.v1i1.220

Mursid. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mutmainnah, M., & Dimyati, A. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas

Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Nuri Mart di Bekasi. Journal

on Education, 5(4), 12502-12511. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2235

Netti Mulya Sari. SG & Aditya Wardhana. (2015). Pengaruh Store Atmosphere

Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Roemah Kopi Bandung. e-Proceeding

of Management , 2(3).

Peter, J. Paul dan Olson, Jerry C. (2014). Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. (Edisi 9 Buku 2). Jakarta: Salemba Empat.

Purnama Putra, I. M., & Wimba, I. G. A. (2021). Pengaruh Store Atmosphere,

Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen

pada Pizza Hut Cabang Gatot Subroto Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal

Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(2), 744-756.

https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i2.1341

Rahayu Wahyuningtias & Aniek Wahyuati. (2017). Pengaruh Kualitas Produk,

Harga dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu

dan Riset Manajemen, 6(3).

Rahmayanty, Nina. (2012). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha

Ilmu.

Ratnasari, Eka & Aksa, Mastuti. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Ghalia

Indonesia.

Rini Sugiarsih Duki Saputri. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga

Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. CoverAge: Journal of

Strategic Communication, 10(1),46-53.

https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1232

Riska Jangko, dkk. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan

Pelanggan Pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Journal of Economic and

Business Education, 1(1).https://doi.org/10.37479/jebe.v1i1.18684

Satrya, M.A.R., & Telagawathi, N.L.W.S. (2021) yang berjudul Pengaruh

Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan

KFC. Bisma:Jurnal Manajemen, 7(2).

https://doi.org/10.23887/bjm.v7i2.32134

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta, CV.

Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam

Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunyoto, Danang. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta:

CAPS Center for Academic Publishing Sevice.

Suparyanto dan Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media.

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan

Pangsa Pasar. (Cetakan Keempat). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. (2011). Service, Quality & Satisfaction.

(Edisi Ketiga). Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia. (2019). Kepuasan Pelanggan KonsepPengukuran & Strategi. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia

Utami, C. W. (2006). Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Vinny Dwi Rahim Safavi & Hawignyo. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan

citra merek terhadap kepuasan konsumen kartu prabayar. Jurnal

Manajemen, 13(1).

Walker, J. R. (2011). The Restaurant from concept to operation. 6th. John Wiley &

Sons, INC


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun