PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTORAN LOMBOK IDJO MADIUN

Bayu Rizky Harmawan, Rizal Ula Ananta Fauzi, Hendra Setiawan

Abstract


Banyaknya pilihan kuliner yang bermunculan tidak lepas dari selera masyarakat yang beragam.
Tingkat persaingan dibidang kuliner saat ini di kota Madiun semakin ketat, karena setiap produsen
senantiasa berusaha untuk dapat meningkatkan pangsa pasar dan meraih konsumen baru. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, pengaruh harga dan pengaruh
kualitas produk terhadap keputuasan pembelian pada Restoran Lombok Idjo Madiun. Metode dalam
penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan merode simple
random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan analisis data
menggunakan Analisi regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat
pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Restoran Lombok Idjo Madiun,
sehingga hipotesis pertama diterima. 2) Terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian
pada Restoran Lombok Idjo Madiun, sehingga hipotesis kedua diterima. 3)Terdapat pengaruh
kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Restoran Lombok Idjo Madiun, sehingga
hipotesis ketiga diterima. 4) Terdapat pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kualitas produk
terhadap keputusan pembelian pada Restoran Lombok Idjo Madiun, sehingga hipotesis keempat
diterima.


Full Text:

PDF

References


Gustafsson, I., Öström, Å., Johansson, J., & Mossberg, L. (2006). The Five Aspects

Meal Model : a tool for developing meal services in restaurants. Journal

of Foodservice, 17, 84–93.

https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1745-4506.2006.00023.x

Kotler, P., & Keller, K. . (2013). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Erlangga.

Kotler, p., dan Amstrong, G. (2011). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi keti).

Erlangga.

Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi

dan Kontrol. PT Pabelan.

Kurian, George., dan Muzumdar, P. . (2017). Restaurant Formality And Customer

Service Dimensions In The Restaurant Industry : An Empirical Study

Restaurant Formality and Customer Service Dimensions in the Restaurant

Industry : An Empirical Study. Atlantic Marketing Journal, 6(1), 75–92.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran dan Jasa Kompetensi. Salemba

Empat.

Sangadji, E.M., dan S. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis,

Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Penerbit Andi.

Subakti, A. G. (2014). Analisis Kualitas Pelayanan di Restoran Saung Mirah,

Bogor. Binus Business Review, 5(1), 49–56.

https://doi.org/https://doi.org/10.21512/bbr.v5i1.1195

Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017b). Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sujarweni, W. (2020). Statistik Untuk Penelitin. BPFEE.

wastha, B., dan H. (2018). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen.

BPFEE.

Swastha, & Irawan. (2013). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.

Tjiptono, F. (2016). Startegi Pemasaran (Edisi 2). Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun