PELATIHAN E COMMERCE UNTUK PERDAGANGAN ONLINE SEBAGAI USAHA PENINGKATAN OMZET PERDAGANGAN BAGI UMKM
Abstract
satu program tersebut merupakan peningkatan kapasitas manag\jemen dari UMKM. UMKM di Kabupaten
Tangerang belum mengoptimalkan pemanfaatan teknologi sebagai sarana perdagangan produk. kondisi ini
harus diantisipasi agar UMKM bisa berkompetisi dalam pasar lokal maupun Internasional. Salah satu usaha
yang bisa dilakukan untuk menaikkan kemampuan Kkapasitas manajemen UMKM denggan mengadakan
pelatihan dan pendampingan perdagangan digital dengan memperkenalkan pemakaian e-commerce.
Pelatihan yang akan diberikan untuk menaikkan pengetahuan para pelaksana UMKM di Kabupaten
Tangerang ini memiliki beberapa tahapan antara lain sosialisasi, pendampingan serta penilaian. Berdasarkan
hasil catatan yang dilakukan terlihatbahwa 79% UMKM peserta merasa aktivitas pelatihan yang diberikan
sangat bermanfaat sedangkan sisanya sebesar 21% menganggap aktivitas bermanfaat dan 0% yang belum
merasakan manfaat dari pelatihan tersebut. Sebanyak 83% UMKM peserta memiliki pengetahuan yang
sedikit sebelum pelatihan, sedangkan 17% sisanya dianggap memiliki pengetahuan yang cukup. Setelah
dilakukan aktivitas penataran, 45% pengetahuan siswa dinilai sangat tinggi, 55% sisanya dinilai cukup
berpengetahuan
Full Text:
PDFReferences
Darmawan, D. , Alamsyah, T. P. & Rosmilawati, I. (2020). Participatory Learning and Action untuk
Menumbuhkan Quality of Life pada Kelompok Keluarga Harapan Di Kota Serang Journal of
Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2):,160-169. DOI
15294/pls.v4i2.41400
Fitriyadi, E. P. (2019). Inovasi E-Commerce Dan Starup Sebagai Tantangan Masyarakat Industri
0. Journal Teknologi Dan Informasi ESIT, 14(03), 34–39.
Heeks, R & Duncombe, R. (2006). E-Commerce for small enterprise development. Institute
for Development Policy and Management (IDPM). Manchester
Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan e-commerce dalam dunia bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis–
ISSN, 2085(1375), 161-171
Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K., (2015). Pengaruh Promosi online Dan Persepsi Harga
Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang).Jurnal
Administrasi Bisnis (JAB), 21(1).
Mahzura, T. A. S. (2020). Pemanfaatan E-Commerce dalam Peningkatan Penjualan pada Buger
Sei Putih Kota Medan. Jurnal ekonomi bisnis manajemen prima, 2(1), 65-
https://doi.org/10.34012/jebim.v2i1.1178
Rakanita, A. M. (2019). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di
Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Jurnal Ekbis, 10(2), 1280–
Sukmasetya, P., Haryanto, T., Sadewi, F. A., Maulida, R. B. G., Aliudin, H. S., &
Sugiarto, B. (2020).
Sukmasetya, P., Haryanto, T., Sadewi, F. A., Maulida, R. B. G., Aliudin, H. S., & Sugiarto, B. (2020).
Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan
Penjualan Produksi pada Home Industry. Community Empowerment, 5(2), 28-
https://doi.org/10.31603/ce.v5i2.3514
Sunarti, S., Rachmawati, S., & Handayanna, F. (2019). Peningkatan Pendapatan Ukm Pada Hacord
Gallery Dengan Aplikasi Web Marketplace E-Commerce. Jurnal Terapan Abdimas, 4(2), 166-
http://doi.org/10.25273/jta.v4i2.4840
Swasta, I., B., J., Karyasa,I., W., Rai, I.,W., dan Suardika, I., P., 2011. Implementasi Program Ipteks
Bagi Wilayah Di Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng Tahun 2010. Majalah
Aplikasi Ipteks Ngayah, 2 (2), 12-21.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Universitas PGRI Madiun
Kampus 3 Lantai 2
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jl. Auri no. 14-16 Madiun