ANALISA PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, HEDONIC SHOPPING, FLASH SALE, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN PROMOSI TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE (Studi Kasus Pada Konsumen E-Commerce Shopee di Kota Madiun)

Handita Ayu Wardani, Rizal Ula Ananta Fauzi

Abstract


Bagi setiap orang, belanja dianggap sebagai bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Kehadiran e-commerce
memberikan kemudahan bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhan belanja secara efektif dan efisien
dengan transaksi jual beli secara daring. Salah satu e-commerce populer yang banyak digunakan dan digemari
oleh masyarakat dari berbagai kalangan adalah Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
jumlah sampel sebanyak 384 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel purposive sampling dan
instrumen pengumpulan data menggunakan skala likert. Metode pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik
analisis data menggunakan alat uji beruppa software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini adalah Shopping lifestyle
berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulse buying pada konsumen e-commerce Shopee di Kota Madiun,
Hedonic shopping berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulse buying pada konsumen e-commerce Shopee
di Kota Madiun, Flash sale berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulse buying pada konsumen e-commerce
Shopee di Kota Madiun, Electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulse buying pada
konsumen e-commerce Shopee di Kota Madiun, dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulse
buying pada konsumen e-commerce Shopee di Kota Madiun


Full Text:

PDF

References


Ahdiat, A. (2023). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2023.

Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/03/5-ecommerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2023

Arnold, M. J., & Reynolds, K. E. (2003). Hedonic shopping motivations. 79, 77–95.

https://doi.org/10.1016/S0022-4359(03)00007-1

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9).

Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goyette, I., Ricard, L., & Bergeron, J. (2010). e-WOM Scale : Word-of-Mouth Measurement

Scale for e-Services Context *. 23, 5–23.

Japarianto, E., & Sugiharto, S. (2011). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvement

Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya. Jurnal

Manajemen Pemasaran, 6(1), 32–41.

https://doi.org/https://doi.org/10.9744/pemasaran.6.1.32-41

Mursalin, R., Pramesti, D. A., & Kurniati Bachtiar, N. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan,

Electronic Word Of Mouth, Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying.

The 5th Beneficium, 6(8), 493–506. https://journal.unimma.ac.id

Nighel, S., & Sharif, O. O. (2022). Pengaruh Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif ECommerce Shopee Di Jawa Barat The Effect Of Flash Sale On Impulse Purchase Of

Shopee E-Commerce In West Java. E-Proceedings of Management, 9(3), 1335–1344.

https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/

view/18031

Octaviana, A. R., Komariah, K., & Z., F. M. (2022). Impulse Buying Analisis Shopping

Lifestyle , Hedonic Shopping Motivation Dan Flash Sale Terhadap Online Impulse

Buying. 3(June), 1961–1970.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun