PENGARUH BRAND AMBASSADOR, FLASH SALE, CASHBACK, GRATIS ONGKIR, WOM TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF

Chusnul Arofah, Rizal Ula Ananta Fauzi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand ambassador, flash
sale, cashback, gratis ongkos kirim dan word of mouth terhadap pembelian impulsif.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
Masyarakat pengguna TikTok Shop di Madiun. Teknik pengambilan sampe yang
digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 385
responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan bantuan google form. Metode
analsis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation
Model (SEM) dengan menggunakan bantuan software SmartPLS versi 4.9.0.3.Hasil
penelitian ini brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan pada TikTok Shop
terhadap pembelian impulsif masyarakat di Madiun, flash sale berpengaruh positif dan
signifikan pada TikTok Shop terhadap pembelian impulsif masyarakat di Madiun, cashback
berpengaruh positif dan tidak signifikan pada TikTok Shop terhadap pembelian impulsif
masyarakat di Madiun, gratis ongkos kirim berpengaruh positif dan tidak signifikan pada
TikTok Shop terhadap pembelian impulsif masyarakat di Madiun, word of mouth
berpengaruh positif dan signifikan pada TikTok Shop terhadap pembelian impulsif
masyarakat di Madiun.


Full Text:

PDF

References


Rahayu, Puji, and Muhammad Edward. 2014. “Pengaruh Word Of Mouth

Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Smartfren Andromax.”

Universitas Negeri Surabaya 1(1): 1–16.

Rahmaningsih, Desi, and Devilia Sari. 2022. “YUME : Journal of Management

Pengaruh E-WoM Di Sosial Media Tiktok Terhadap Pembelian Impulsif

Produk Kosmetik Di Indonesia.” 5(2): 371–78.

Sartika, Armilda et al. 2021. “Journal of Accounting Finance ( JAF ).” 2(1).

Sya’diyah, Halimatus, and Jojok Dwiridotjahjono. 2022. “Pengaruh Sales

Promotion Cashback Dan Price Discount Terhadap Perilaku Impulse Buying

Pengguna Di Situs Belanja Online Tokopedia.” Fair Value: Jurnal Ilmiah

Akuntansi dan Keuangan 4(10): 4538–52.

Trimulyani, Sulistining, and Nina Herlina. 2022. “Pengaruh Iklan, Diskon Dan

Brand Ambassador Terhadap Pembelian Impulsif Pada Lazada Di Masa

Pandemi Covid-19.” Liaison Journal of Best 1(2): 47–58.

Utami, Niza, Purnama Ramadani Silalahi, and Khairina Tambunan. 2022.

“Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Pada ECommerce Tokopedia (Studi Kasus Remaja Kota Medan).” Jurnal Ilmu

Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM) 1(1): 41–46.

V.A.R.Barao et al. 2022. “Pengaruh Cashback, Flash Sale, Tagline ‘Gratis Ongkir’

Terhadap Impulse Buying Konsumen Generasi Z Pada Shopee (Studi Kasus

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).” Braz Dent J. 33(1):

–12.

Wangi, Laura Pandan, and . Sonja Andarini. 2021. “Pengaruh Flash Sale Dan

Cashback Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Pengguna Shopee.” Jurnal

Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen 5(1): 79–91


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun