ANALISIS PEMASARAN VIRAL, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN LIVE STREAMING PARFUM POPCORN DI MARKETPLACE TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GENERASI Z DI MADIUN

Gilang Surya Ramadhon, Rizal Ula Ananta Fauzi, Dian Citaningtyas Ari Kadi

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Pemasaran Viral, Kualitas Produk, Harga dan Live Streaming
Parfum Popcorn Di Marketplace Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Pada Generasi Z Di
Madiun”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
pemasaran viral, kualitas produk, harga dan live streaming terhadap keputusan pembelian
konsumen. Serta pengaruh tidak langsung pemasaran viral, kualitas produk, harga dan live streaming
terhadap keputusan pembelian konsumen sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan
terhadap satu buah toko online Parfum Popcorn di Marketplace Tiktok dengan melibatkan sampel
penelitian sejumlah 384 responden. Metode yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif
menggunakan teknik analisis statistika yang dikembangkan dari analisis regresi linear berganda
(analisis jalur) dan menggunakan program SPSS. Dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan
bahwa pemasaran viral berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, kualitas produk
berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, harga berpengaruh terhadap keputusan
pembelian konsumen, serta live streaming berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.


Full Text:

PDF

References


Budhiartini, N. L., & Yulianthini, N. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Dan

Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Berbelanja

Online Pada Tokopedia di Bali. Manajemen Perhotelan dan Pariwisata,

-237.

Imsar, Marliyah, & Harahap, F. H. (2023). Strategi Pemasaran Warung Kopi di Kota

Medan dengan Game Theory. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 20-32.

Juliana, H. (2023). Pengaruh Siaran Langsung dan Manfaat Yang Dirasakan

terhadap Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen pada Aplikasi Tiktok

Shop. Sinomika Journal, 1517-1538.

Lestari, S. R. (2021). Pengaruh Live Streaming, Brand Awareness, Desain web,

Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada e-commerce Shopee di

Jakarta Pusat.

Mahayasa, G. H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Gitar pada Melodramatic Music Store di Kabupaten Gianyar.

Maryati, & Khoiri, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan

Promosi terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio.

Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 542-550.

Munandar, I., & Sari, T. N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Customer

Relationship Management (CRM) terhadap Keputusan Pembelian

Pelanggan Pada CV Mars Global Group. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan

Manajemen (EBISMEN), 15-26.

Nadya, M., Soewarno, Y., & Nirawati, L. (2020). Analisis Strategi Pemasaran untuk

Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Griya Manik di Desa

Plumbon Jombang. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 21-30.

Nurivananda, S. M., & Fitriyah, Z. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Live

Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Media Sosial

Tiktok (Studi Pada Konsumen Generasi Z @Scarlett_Whitening Di

Surabaya). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3664-3671.

Purba, P. Y., Andi, Pratiwi, T., & Irwansyah, A. (2020). Product Prices, Service

Quality, Promotion Affect Decisions on Purchasing Motorcycle Parts.

International Journal of Social Science and Business, 455-463.

Putra, P. Y., & Soebandi, S. (2023). The Influence of Celebrity Endorser, Brand

Image, and Brand Trust on Consumer Purchasing Decisions to Nike Brand

Sports Shoes in Surabaya. Journal of World Conference, 208-218.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun