ANALISIS PEMASARAN VIRAL, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN LIVE STREAMING PARFUM POPCORN DI MARKETPLACE TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GENERASI Z DI MADIUN
Abstract
Parfum Popcorn Di Marketplace Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Pada Generasi Z Di
Madiun”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
pemasaran viral, kualitas produk, harga dan live streaming terhadap keputusan pembelian
konsumen. Serta pengaruh tidak langsung pemasaran viral, kualitas produk, harga dan live streaming
terhadap keputusan pembelian konsumen sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan
terhadap satu buah toko online Parfum Popcorn di Marketplace Tiktok dengan melibatkan sampel
penelitian sejumlah 384 responden. Metode yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif
menggunakan teknik analisis statistika yang dikembangkan dari analisis regresi linear berganda
(analisis jalur) dan menggunakan program SPSS. Dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan
bahwa pemasaran viral berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, kualitas produk
berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, harga berpengaruh terhadap keputusan
pembelian konsumen, serta live streaming berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.
Full Text:
PDFReferences
Budhiartini, N. L., & Yulianthini, N. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Dan
Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Berbelanja
Online Pada Tokopedia di Bali. Manajemen Perhotelan dan Pariwisata,
-237.
Imsar, Marliyah, & Harahap, F. H. (2023). Strategi Pemasaran Warung Kopi di Kota
Medan dengan Game Theory. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 20-32.
Juliana, H. (2023). Pengaruh Siaran Langsung dan Manfaat Yang Dirasakan
terhadap Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen pada Aplikasi Tiktok
Shop. Sinomika Journal, 1517-1538.
Lestari, S. R. (2021). Pengaruh Live Streaming, Brand Awareness, Desain web,
Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada e-commerce Shopee di
Jakarta Pusat.
Mahayasa, G. H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan
Pembelian Gitar pada Melodramatic Music Store di Kabupaten Gianyar.
Maryati, & Khoiri, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan
Promosi terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio.
Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 542-550.
Munandar, I., & Sari, T. N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Customer
Relationship Management (CRM) terhadap Keputusan Pembelian
Pelanggan Pada CV Mars Global Group. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan
Manajemen (EBISMEN), 15-26.
Nadya, M., Soewarno, Y., & Nirawati, L. (2020). Analisis Strategi Pemasaran untuk
Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Griya Manik di Desa
Plumbon Jombang. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 21-30.
Nurivananda, S. M., & Fitriyah, Z. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Live
Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Media Sosial
Tiktok (Studi Pada Konsumen Generasi Z @Scarlett_Whitening Di
Surabaya). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3664-3671.
Purba, P. Y., Andi, Pratiwi, T., & Irwansyah, A. (2020). Product Prices, Service
Quality, Promotion Affect Decisions on Purchasing Motorcycle Parts.
International Journal of Social Science and Business, 455-463.
Putra, P. Y., & Soebandi, S. (2023). The Influence of Celebrity Endorser, Brand
Image, and Brand Trust on Consumer Purchasing Decisions to Nike Brand
Sports Shoes in Surabaya. Journal of World Conference, 208-218.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Universitas PGRI Madiun
Kampus 3 Lantai 2
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jl. Auri no. 14-16 Madiun