PENGARUH IKLAN DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION SEBAGAI VARIABEL INTERVENNG PADA ECOMMERCE SHOPEE (Studi kasus pada mahasiswa di Kota Madiun)

Wisnu Junia Indriani, Dian Citaningtyas Ari Kadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan dan price discount terhdap implse
buying melalui hedonic shopping motivation sebagai variabel intervening pada took online
Shopee di Madiun. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan
sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 372 responden.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan analisis data menggunakan
Softwear SmartPLS (Partial Least Squares). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Iklan
berpengaruh signifikan terhadap hedonic shopping motivation pada toko online shopee. 2) Price
diskon berpengaruh signifikan terhadap hedonic shopping motivation pada toko online shopee. 3)
Hedonic shopping motivation berpengaruh signifikan terhadap impulse buying pada toko online
shopee. 4) Iklan berpengaruh signifikan terhadap impulse buying melalui hedonic shopping
motivation sebagai variabel intervening. 5) Price discount berpengaruh signifikan terhadap
impulse buying melalui hedonic shopping motivation sebagai variabel intervening


Full Text:

PDF

References


Ismah M, Dian A.S, & Abdul R (2018). Pengaruh Visual Merchandising, Display

Produk, Dan Store Atmosphere Terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi

Kasus : Konsumen Matahari Department Store Di Kota Makasar

Kasimin; Dhiana, Patricia; Warso, Muh Mukery. (2014). “Effect Of Discounts,

Sales Promotion And Merchandising On Impulse Buying At Toko Intan

Purwokerto” Fakultas Ekonomi: Universitas Pandanaran Semarang

Muayyidah, U. Z., & Wiyono, A. S. (2023). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic

Shopping Value, dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada

Online Consumer E- Commerce (Studi Kasus Pengguna E- Commerce

Shopee di Madiun) (Doctoral dissertation, UIN Raden Mas Said Surakarta)

Munandar, I. (2022). Pengaruh Kualitas Website Terhadap Pembelian Impulsif

Konsumen Shopee Melalui Hedonic Shopping Motivation dan Utilitarian

Value Sebagai Intervening (Survey pada Mahasiswa Universitas Sultan

Ageng Tirtayasa). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa,

Nurtanio, I. N., Bursan, R., Wiryawan, D., & Listiana, I. (2022). The Influence Of

Shopping Lifestyle And Hedonic Shopping Motivation On Impulse Buying

In Bukalapak E-Commerce (Study On Bukalapak Consumers In Bandar

Lampung). Jurnal Tafkirul Iqtishodiyyah (JTI), 2(2), 1-28.

Nur Ratnasari (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement

Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pembelian Hijab pada Mahasiswi

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas

Muhammadiyah Makassar)

Pasaribu, L. O., Dewi, C. K., Studi, P., Bisnis, A., Komunikasi, F., & Telkom, U.

(2015). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun