PENGARUH IKLAN DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION SEBAGAI VARIABEL INTERVENNG PADA ECOMMERCE SHOPEE (Studi kasus pada mahasiswa di Kota Madiun)
Abstract
buying melalui hedonic shopping motivation sebagai variabel intervening pada took online
Shopee di Madiun. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan
sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 372 responden.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan analisis data menggunakan
Softwear SmartPLS (Partial Least Squares). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Iklan
berpengaruh signifikan terhadap hedonic shopping motivation pada toko online shopee. 2) Price
diskon berpengaruh signifikan terhadap hedonic shopping motivation pada toko online shopee. 3)
Hedonic shopping motivation berpengaruh signifikan terhadap impulse buying pada toko online
shopee. 4) Iklan berpengaruh signifikan terhadap impulse buying melalui hedonic shopping
motivation sebagai variabel intervening. 5) Price discount berpengaruh signifikan terhadap
impulse buying melalui hedonic shopping motivation sebagai variabel intervening
Full Text:
PDFReferences
Ismah M, Dian A.S, & Abdul R (2018). Pengaruh Visual Merchandising, Display
Produk, Dan Store Atmosphere Terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi
Kasus : Konsumen Matahari Department Store Di Kota Makasar
Kasimin; Dhiana, Patricia; Warso, Muh Mukery. (2014). “Effect Of Discounts,
Sales Promotion And Merchandising On Impulse Buying At Toko Intan
Purwokerto” Fakultas Ekonomi: Universitas Pandanaran Semarang
Muayyidah, U. Z., & Wiyono, A. S. (2023). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic
Shopping Value, dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada
Online Consumer E- Commerce (Studi Kasus Pengguna E- Commerce
Shopee di Madiun) (Doctoral dissertation, UIN Raden Mas Said Surakarta)
Munandar, I. (2022). Pengaruh Kualitas Website Terhadap Pembelian Impulsif
Konsumen Shopee Melalui Hedonic Shopping Motivation dan Utilitarian
Value Sebagai Intervening (Survey pada Mahasiswa Universitas Sultan
Ageng Tirtayasa). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa,
Nurtanio, I. N., Bursan, R., Wiryawan, D., & Listiana, I. (2022). The Influence Of
Shopping Lifestyle And Hedonic Shopping Motivation On Impulse Buying
In Bukalapak E-Commerce (Study On Bukalapak Consumers In Bandar
Lampung). Jurnal Tafkirul Iqtishodiyyah (JTI), 2(2), 1-28.
Nur Ratnasari (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement
Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pembelian Hijab pada Mahasiswi
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah Makassar)
Pasaribu, L. O., Dewi, C. K., Studi, P., Bisnis, A., Komunikasi, F., & Telkom, U.
(2015). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Universitas PGRI Madiun
Kampus 3 Lantai 2
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jl. Auri no. 14-16 Madiun