ANALISIS PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, INTENSITAS ASSET TETAP, ARUS KAS OPERASI, DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN REVALUASI ASSET TETAP PADA PERUSAHAAN BUMN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA

Siska Siska, Halimahtussakdiah Halimahtussakdiah, Satria Erfin Rialiko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh leverage, ukuran perusahaan, intensitas aset tetap, arus kas operasi dan likuiditas terhadap kebijakan revaluasi aset tetap pada perusahaan BUMN yang go public di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu sehingga jumlah sampel sebanyak 23 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data sekunder berupa laporan keuangan dari perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi logistik dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial leverage, ukuran perusahaan dan arus kas operasi berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan revaluasi aset tetap. Sedangkan variabel arus kas operasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kebijakan revaluasi aset tetap dan likuiditas tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan revaluasi aset tetap. Secara simultan variabel leverage, ukuran perusahaan, intensitas aset tetap, arus kas operasi, dan likuiditas secara simultan berpengaruh terhadap kebijakan revaluasi aset tetap.

Full Text:

PDF

References


Andison. 2015. Fixed Asset Revaluation Market Reactions. Universitas Trisakti. Proceeding Simposium Nasional Akuntansi ke XVIII. No. 29. Medan.

Brigham dan Huston. 2015. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Buku 1 (Edisi 11). Salemba Empat. Jakarta.

Dewi, Putri N. 2014. Implementasi Revaluasi Aset Tetap Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 79 Tahun 2008 pada Perusahaan di Indonesia. Jurnal Akuntansi UNESA. Vol. 2. No. 2.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima.) Universitas Diponegoro. Semarang.

Godfrey, Hodgson & Holmes, S. 2010. Accounting Theory (7th Ed.). John Wiley & Sons Inc.

Harahap, Sofyan Syafri. 2013. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Hery. 2017. Teori Akuntansi: Pendekatan Konsep dan Analisis. Grasindo. Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat.

Jakarta.

International Accounting Standard Board. 2013. IAS 16 Property, Plant and Equipment.

Kasmir. 2013. Pengantar Manajemen Keuangan. Edisi Kedua. Cetakan Kedua.Kencana. Jakarta.

Munawir. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 5. Liberty. Yogyakarta.

Rokhman, Ali. 2010. Regresi Logistik. Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto.

Seng, Dyna dan Jiahua, Su. 2010. Managerial Incentives Behind Fixed Asset Revaluation. International Journal of Business Research. Vol 10. No. 2.

Ulum, Ihyaul dan Hafiez, Sofyani. 2016. Akuntansi (Sektor) Publik. Aditya Media Publishing. Yogyakarta.

Yulistia. 2012. Pengaruh Leverage, Arus Kas Operasi, Ukuran Perusahaan dan Fixed Asset Intensity Terhadap Revaluasi Aset Tetap. Simposium Nasional Akuntansi XVIII. Medan. Indonesia.

Wahyudin, Agus. 2015. Metodologi Penelitian. Unnes Press. Semarang. Waluyo. 2011. Perpajakan Indonesia. Salemba Empat. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun