PENGARUH EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DAN KEPERCAYAAN PADA TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA) TERHADAP KINERJA INDIVIDUAL

Windi Wulan Dari, Zulhelmy Zulhelmy, Rona Naula Oktaviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas penggunaan dan kepercayaan teknologi sistem informasi akuntansi terhadap kinerja individual pada minimarket di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Sampel yang digunakan dalam penelitian, yaitu berjumlah 46 karyawan dari 23 minimarket yang ada di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Data penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu melalui kuesioner. Yang telah diuji menggunakan uji validitas dan reabilitas dan dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda dan pengujian hipotesis secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan dan kepercayaan teknologi sistem informasi akuntansi secara persial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja individual.

Full Text:

PDF

References


Canseria, Y. (2019). Pengaruh Efektivitas Penggunaan dan Kepercayaan atas TeknologiSistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Individual Pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang Di Kota Pekanbaru. Skripsi. Universitas Islam Riau di Pekanbaru.

Fahrizaldi. (2020). Pengaruh Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi, Kepercayaan Terhadap Sistem Informasi Akuntansi Dan Kenyamanan Fisik Terhadap Kinerja Individu Pada Bank Perkreditan Rakyat Di Pekanbaru. Skripsi. Universitas Islam Riau di Pekanbaru.

Faiz Zamzami, D. (2021). SISTEM INFORMASI AKUNTANSI. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21

Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Handoko. (2014). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE, Yogyakarta.

Jumaili. (2016). Kepercayaan Terhadap Teknologi Sistem Informasi Baru dalam

Evaluasi Kinerja Individual. Simposium Nasional Akuntansi VIII, Solo.

Jumaili, S. (2014). Kepercayaan Terhadap Teknologi Sistem Informasi Baru Dalam Evaluasi Kinerja Individual. Simposium Nasional Akuntansi V111, Solo.

Juwita, R. (2017). Pengaruh efektivitas penggunaan dan kepercayaan atas sistem informasi akuntansi terhadap kinerja individual Kepala Bagian pada SKPD Kota Pekanbaru. Skripsi. Universitas Islam Riau di Pekanbaru.

Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi. Edisi Revisi. Andi. Yogyakarta. Lestari, K. C. (2020). Sistem Informasi Akuntansi Beserta Contoh Penerapan Aplikasi SIA Sederhana Dalam UMKM(Pertama). Jurnal. Yogyakarta.

Puspitawati, L. (2021). Sistem Informasi Akuntansi : Kualitas dan Faktor

Lingkungan Organisasi yang Mempengaruhi. Rekayasa Sains. Bandung.

Rahma, A. (2019). Pengaruh Efektivitas Penggunaan dan Kepercayaan Pada Teknologi Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Individual Pada Perusahaan Travel Di kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Skripsi. Universitas Islam Riau di Pekanbaru

Riyanti, Y. (2019). Pengaruh efektivitas penggunaan dan kepercayaan atas teknologi sistem informasi akuntansi terhadap kinerja individual pada PT. Mayapada Auto Sempurna. Skripsi. Universitas Islam Riau di Pekanbaru.

Romindo. (2020). Sistem Informasi Bisnis. Medan : Yayasan Kita Menulis. Romney dan Steinbart. (2014). Accounting Information System. Pearson Education. Jakarta : Salemba Empat

Romney, M. B. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat

Saragih, R. (2017). Pengaruh Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi dan Kepercayaan Pada Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Individual Pada Kejaksaan Tinggi Di Kota Pekanbaru.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sujarweni, V. W. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta : Pustaka Baru Press.

Sumarsan. (2013). Sistem Akuntansi. Edisi Kedua. Jakarta : Indeks

Suratini, N. P. E. S., Sinarwati, N. K., & Atmadja, A. W. T. (2015). Penggunaan Teknologi Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Individual Pada PT . Bank Pembangunan Daerah e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. E- Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Susanto, A. (2012). Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Perdana. Bandung: Lingga Jaya

Sutarman. (2009). Pengantar teknologi Informasi. Jakarta : Bumi Aksa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun