PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, PENGALAMAN USAHA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PERSEPSI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA PELAKU UMKM DI PEKANBARU

Sobrun Jamil, Dina Hidayat, Hidayatulmunashiroh Hidayatulmunashiroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh pengetahuan akuntansi, pengalaman usaha dan motivasi kerja terhadap persepsi penggunaan informasi akuntansi pada pelaku UMKM di Pekanbaru. Dengan menggunakan purposive sampling, kuesioner dikirimkan kepada 33 pengusaha UMKM yang telah menerapkan sistem informasi akuntansi dalam usahanya. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial dan simultan pengetahuan akuntansi, pengalaman usaha dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap persepsi penggunaan informasi akuntansi. Hal ini dapat dilihat dari nilai R2 sebesar 0.820, yang berarti pengetahuan akuntansi, pengalaman usaha, dan motivasi kerja dapat menerangkan perubahan variasi variabel penggunaan informasi akuntansi senilai 82%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Full Text:

PDF

References


Agatha, C. K., & Mulyadi. (2018). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Atas Penggajian Dan Pengupahan Pada PT. Batik Arjuna Cemerlang Sukoharjo. Advance, 5(2), 1–13.

Darmawan, Y. Y., Supartha, W. G., & Rahyuda, A. G. (2017). PRAMA SANUR BEACH -BALI Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali ,E- Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 3, 1265–1290.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Teaching and Educations, 1, 272.

Matapere, N. M., & Nugroho, P. I. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Prodi Akuntansi UKSW Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1).

Mukti, M. H., & Asmaroni, D. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja berdasarkan Sistem Pemberian Upah Borongan di Kabupaten Sampang (Studi Kasus Pembangunan ICU RSUD Kabupaten Sampang). Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 4(1), 1–10.

Nurhayati, N., & Yasir, M. (2019). Implementasi Peraturan Walikota Batam No 7 Tahun 2014 Tentang Pengarusutamaan Gender Di Kota Batam Tahun 2016.

Riyadi dan Rismawandi. (2016). Motivasi, Pengetahuan Akuntansi Dan Penerapan Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi. Akuntansi Dan Keuangan, 5(1).

Saputra, F. F. H. (2019). Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Pengalaman Kerja, Pelatihan, dan Pengetahuan Pengurus Terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi (Studi Empiris Pada Koperasi Simpan Pinjam yang Berada di Wilayah Ciputat). Skripsi, 1–70.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.

Supriono. (2015). Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Persepsi Penggunaan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dengan Minat Penggunaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 3, 54–68.

Tambunan, F. (2019). Pengaruh pengetahuan akuntansi dan pengalaman usaha terhadap pengembangan usaha dan penggunaan informasi akuntansi sebagai variabel intervening. Jurnal Ekonomi Islam, 4(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun