PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN DEWAN KOMISARIS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEBIJAKAN DEVIDEN TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR

Stevanus Antoni, Yolanda Pratami

Abstract


Pengungkapan CSR adalah komitmen industri dalam mempertanggungjawabkan dampak dari operasi perusahaan dalam aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan serta memastikan aktivitas operasi perusahaan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel profitabilitas, ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan dan kebijakan deviden terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Populasi pada penelitian ini sebanyak 53 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 12 perusahaan yang memenuhi kriteria penelitian selama rentang waktu 2019-2021. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara signifikan variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Variabel ukuran dewan komisaris dan kebijakan deviden tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan CSR. Secara simultan variabel profitabilitas, ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan, dan kebijakan deviden tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR.

Full Text:

PDF

References


Aprilia, D. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Kurnianingsih, H. T. (2013). Pengaruh Profitabilitas Dan Size Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, Vol.13 No.

Kurniawan, M. B. (2022). Gurbernur Kaltim Geram Perusahaan Tambang Keluarkan CSR Tak Sesuai Regulasi. Detiksulsel. https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6098784/gurbernur-kaltim-geram-perusahaan-tambang-keluarkan-csr-tak-sesuai-regulasi

Lory, J. (2020). Koalisi Rakyat Palu Desak Perusahaan Tambang Bayar Kewajiban CSR. Berita Satu. https://www.beritasatu.com/news/595601/koalisi-rakyat-palu-desak-perusahaan-tambang-bayar-kewajiban-csr

G4, G. (2013). www.globalreporting.org.

Ghozali, I. (2016). Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (IX). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Fahmi, M. (2019). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Resposibility Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 19(1), 26–39.

Prasetio, R., & Paramitha, M. (2020). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI (Periode 2016-2018). Seminar Nasional Ilmu Terapan IV.

Yurdila, M., Mukhzarudfa, H., & Wiralestari. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris, Leverage dan Pengungkapan Media Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Yang Go Public dan Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2017. Alumni Magister Ilmu Akuntansi Pascasarjana Universitas Jambi.

Zulhaimi, H., & Nuraprianti, N. R. (2019). Pengaruh Profitabilitas , Ukuran Dewan Komisaris, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Konstruksi Yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2016. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7 (3), 555–566.

Putri, E. I., & Gunawan, B. (2019). Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Di Perusahaan Property Dan Real Estate. Seminar Nasional Dan The 6th Call For Syariah Paper, 388–406.

Redaksi. (2014). Dana CSR PT. Indominco tidak transparan. Wartakutim.Co.Id. https://wartakutim.co.id/2014/12/22/kades-martadinata-dana-csr-pt-indominco-tidak-transparan/?amp

UU RI No 40 Tentang Perseroan Terbatas, (2007).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susilowati, F., Wafirotin, K. Z., & Hartono, A. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Tipe Industri, Dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi.

Pangestu, R. D. (2014). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham dan Kebijakan Deviden Terhadap Tanggung Jawab Sosial (CSR) Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di ISSI. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (IX). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harjito, D. A., & Martono. (2014). Manajemen Keuangan (Edisi 2). Ekonisia.

Restu, M., Yuliandari, W. S., & Nurbaiti, A. (2017). Pengaruh Ukuran Dewan Komisaris, Proporsi Dewan Komisaris Independen dan Komite Audit Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-Proceesing of Management, Vol.4 No., 27–42.

Sanjaya, S., & Rizky, M. F. (2018). Analisis Profitabilitas Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada PT . Taspen (Persero) Medan. KITABAH, Volume 2.

Cahyani, C., & Suryaningsih, R. (2016). The Effect of Leverage, Board of Commisioner, Foreign Ownership, Company Age, and Company Size Towards the Disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) Implementation. Accounting and Finance Review, 1(1), 27–33.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun