Pelatihan Pencatatan Akuntansi Double Entry dan Akuntansi Persediaan untuk Produk Madu CV. An-Nahl

Richo Diana Aviyanti, Maya Novitasari, Bella Anistasya

Abstract


Pencatatan transaksi dan pengelolaan persediaan merupakan salah satu hal krusial dalam bisnis. Perubahan stok persediaan akan berpengaruh dan berkaitan dengan penjualan, retur penjualan, pembelian, retur pembelian, beban angkut, potongan penjualan atau pembelian. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan literasi/pengetahuan pencatatan akuntansi double entry dan akuntansi persediaan (menghitung unit cost) di produk madu CV An-Nahl yang memiliki masalah terkait pencatatan dan pengendalian persediaan. Kegiatan pengabdian mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pencatatan akuntansi double entry dan persediaan di CV An-Nahl. Kesuksesan pencatatan dan pengelolaan persediaan dibutuhkan konsistensi dan dukungan dari seluruh stakeholder CV An-Nahl.

Kata Kunci: Transaksi, Akuntansi, Double Entry, dan Persediaan.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, I., & Priatna, H. (2019). Pentingnya Double Entry System dalam Akuntansi Perusahaan. AKURAT: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 10(1), 90–98.

Budianto, H., & Ferriswara, D. (2017). Penerapan Metode Pencatatan dan Penilaian Persediaan Barang Menurut SAK ETAP Pada CV. Tjipto Putra Mandiri Indonesia. Jurnal Aplikasi Administrasi, 20(2), 124–138.

Maesaroh, Y., & Dewi, E. P. (2020). Analisis Akuntansi Persediaan Barang Dagang Berdasarkan PSAK 14 (Studi Kasus Pada PT XYZ-CTP 1). Jurnal Buana Akuntansi, 5(1), 1–14.

Naningsih, N. (2019). Analisis Akuntansi Persediaan dan Pengaruhnya Terhadap Laba pada CV. Bintang Timur Jaya. Universitas Muhammadiyah Makasar.

Oliyan, F., Heriyanto, R., Gustati, Maryati, U., & Ferdawati. (2022). Pelatihan Akuntansi Persediaan Berdasarkan PSAK 14 Bagi Guru SMK N 2 Bukittinggi. Japepam: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 33–38.

Weygandt, J. J., Kimmel, P. D., & Kieso, D. E. (2015). Financial Accounting: IFRS Edition (3rd Editio). John Wiley & Sons, Inc.,.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun