PENGARUH E-COMMERCE DAN MODAL USAHA TERHADAP KINERJA UMKM DI MASA PANDEMI COVID19 DENGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Mega Kurniawati

Abstract


The purpose of this study is to empirically test the effect of e-commerce and business capital on the performance of MSMEs during the COVID-19 pandemic with human resources as a moderating variable. This research is aimed at MSME actors in the dolopo sub-district. The population of this study was 3,119. The research sample is 100 respondents. The research method used is a quantitative approach using the SPSS version 23 software program. The results of this study are e-commerce has an effect on the performance of MSMEs, business capital does not affect the performance of MSMEs, human resources cannot moderate the e-commerce relationship on MSME performance variables, human resources cannot moderate the relationship between business capital and MSME performance.

Keywords: E-commerce, Business Capital, MSME Performance, Human Resources

 


Full Text:

PDF

References


Abbas, D. (2018). Pengaruh Modal Usaha, Orientasi Pasar, Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UKM Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 95–111. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.4991

Anomin. (2020). PPKM Darurat, Pelaku Usaha Kecil Menolak Pembatasan Kegiatan: ‘Bisa Kembali Hancur Lebur UMKM, Kami Dapat Uang Dari Mana. Https://Www.Bbc.Com/Indonesia/Indonesia-57650848. Diakses 22 Desember 2021

Burhan, F. A. (2021). Survei KIC: Mayoritas UMKM Berdagang Online di Shopee dan Tokopedia. https://katadata.co.id/yuliawati/digital/608fc9fd30bac/survei-kic-mayoritas-umkm-berdagang-online-di-shopee-dan-tokopedia%0A

Fadhli, K., Maghfiroh, V. F., & Munawaroh, S. (2021). Peningkatan Penjualan Produk UMKM Di Kabupaten Jombang Pada Masa Pandemi Covid-19 19. 5(1).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Huda, N., & Munandar, A. (2021). Pengaruh digital marketing dan network dalam meningkatkan kinerja umkm di masa pandemi covid-19. Journal Scientific of Mandalika (JSM), 2(9), hal 470.

Johana, J. (2016). Analisis Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan E- Commerce Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Skripsi, Asian Banking Finance And Informatics Institute, 21–22. https://digilib.perbanas.id/index.php?p=fstream-pdf&fid=1437&bid=26437

Karyati, I. P. (2019). E-commerce untuk UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2019. https://bppk.kemenkeu.go.id/content/berita/pusdiklat-keuangan-umum-ecommerce-untuk-umkm-dan-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-2019-11-05-ebe6e220/

Larasati, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Deepublish:Yogyakarta.

Mukoffi, A., & As’adi. (2021). Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Kecanggihan Teknologi terhadap Kinerja UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Paradigma Ekonomika, 16(2), 235–246.

Nadra, I. (2020). Analisa Pengaruh Strategi Pemasaran Dimasa Pandemi Covid-19 Terhadap Peningkatan Kinerja Umkm Kota Medan Dimoderasi Oleh Teknologi. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 20–33.

Nizar, M. (2018). Pengaruh Sumber Daya Manusia, Permodalan dan Pemasaran terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah Sari Apel di Kecamatan Tutur. Jurnal Ekonomi Islam, 1–19.

Prasetyo, S. R. (2019). Pengaruh Sumber Daya Manusia, Permodalan dan Pemasaran Terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah Jamu Gendong di Kelurahan Wonolopo Kecamatan Mijen, Semarang. Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo.

Prasetyo, W. B. (2020). Di Tengah Pandemi, Industri E-Commerce Dapat Berkah. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/digital/714201/di-tengah-pandemi-industri-ecommerce-dapat-berkah

Purwaningsih, R. R., & Haryono, N. A. (2019). Sumber Daya Manusia, Operasional, Pemasaran, Dan Kebijakan Pemerintah Terhadap Kinerja UMKM Di Kota Surabaya. Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 390–409. https://journal.stienas-ypb.ac.id/index.php/jdeb/article/view/207

Putra, I. G. B. N. P., Maharani, I. A. D. P., & Soraya, D. (2021). Kewirausahaan. Penerbit Nilacakra, Badung, Bali.

Rosyida, S. (2017). Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Internet dalam Berbelanja Online. Jurnal Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa, 2, 81–86. https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/623

Safitri, H., & Setiaji, K. (2018). Pengaruh Modal Usaha dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro dan Kecil di Desa Kedungleper Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Economics Education Analysis Journal, 7(2), 799–800.

Sari, D. N. (2020). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha Dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Jelmu Kota Jambi. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Hal 20.

Sriyanto, & Adelina, N. (2020). Orientasi Pasar dan Kinerja Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid-19: Peran E-Commerce Sebagai Moderasi (Studi UMKM Di Kota Solo). Riset Manajemen Dan Akuntansi, 11(Nomor 2), 62–75.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Suindari, N. M., & Juniariani, N. M. R. (2020). Pengelolaan Keuangan, Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Strategi Pemasaran Dalam Mengukur Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm). KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 152–153. https://doi.org/10.22225/kr.11.2.1423.148-154

Syamruddin. (2021). Geliat E-Commerce di Tengah Pandemi COVID-19. INDUSTRY.Co.Id.https://www.industry.co.id/read/80308/geliat-e-commerce-di-tengah-pandemi-covid-19

Triandra, N., Hambali, D., Nurasia, & Rosalina, N. (2019). Analisis Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Di Kabupaten Sumbawa). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 6–10. https://doi.org/10.37673/jebi.v4i1.259

Yuliantoko. (2021). Pengaruh Inovasi Produk, Modal Usaha, Dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha ( Studi Empiris UMKM Di Kecamatan Kaliangkrik Dan Bandongan ). Skripsi,Universitas Muhammadiyah Magelang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun