PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHDAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Sindi Widiyanas Tuti, Heny Sidanti, Rizal Ula Ananta Fauzi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris dari kualitas pelayanan dan Kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat konsumen TIKI  di Kota Madiun. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 384 sampel. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, analisis regresi linier berganda, uji t, uji R, dan Analisis Path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. (2) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. (3) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (4) kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.(5) kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.(6) kepuasan pelanggan memediasi kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan.(7) kepuasan pelanggan tidak memediasi kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun