PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHDAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris dari kualitas pelayanan dan Kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat konsumen TIKI di Kota Madiun. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 384 sampel. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, analisis regresi linier berganda, uji t, uji R, dan Analisis Path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. (2) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. (3) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (4) kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.(5) kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.(6) kepuasan pelanggan memediasi kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan.(7) kepuasan pelanggan tidak memediasi kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Universitas PGRI Madiun
Kampus 3 Lantai 2
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jl. Auri no. 14-16 Madiun