PENGARUH PROFITABILITAS, SLACK RESOURCE DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2017-2020

Della Widyastuti, Anny Widiasmara, Heidy Paramitha Devi

Abstract


The purpose of this study is to analyze the effect of profitability, slack resources and good corporate governance on firm value with corporate social responsibility as a moderating variable. This research was conducted in mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2017-2020. The research sample amounted to 30 companies. The research method used is a quantitative approach using multiple linear regression analysis and Moderated Regression Analysis (MRA) and using the SPSS version 25 program. The result of this research is that profitability has an effect on firm value. Slack resource has no effect on company value. Good corporate governance has no effect on firm value. Corporate Social responsibility is able to moderate the effect of profitability on firm value. Corporate Social responsibility is able to moderate the influence of slack resources on firm value. Corporate Social responsibility is not able to moderate the effect of good corporate governance on firm value.

Keywords: Profitability, Slack Resource, Good Corporate Governance, Firm Value, Corporate Social Responsibility


Full Text:

PDF

References


Agostino, D., Saliterer, I., & Steccolini, I. (2022). Digitalization, accounting and

accountability: A literature review and reflections on future research in public

services. Financial Accountability & Management, 38(2), 152-176.

Anggraeni, D. Y., & Djakman, C. D. (2017). SLACK RESOURCES, FEMINISME

DEWAN, DAN KUALITAS PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

PERUSAHAAN. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia,14(1).

Antoni, S., Vitolla, F., & Rubino, M. (2021).Online Information on Digitalisation Processes

and It’s Impact on Firm Value. Journal of Bussines Research Vol 124, 437-444.

Aprilliana, A., & Fidiana, F. (2021). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE

DAN PERTUMBUHAN LABA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN.Jurnal Ilmu

dan Riset Akuntansi (JIRA), 10(6).

Ayu, D. P & Suarjaya. A. A. G. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan

dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Mediasi pada Perusahaan

Pertambangan. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(2),1112-1138.

Bintarti, A. R., & Fitria, A. (2020). PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN,

PENGELOLAAN, DAN KEBIJAKAN DEVIDEN TERHADAP NILAI

PERUSAHAAN. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 9(10).

Chumaidah, & Priyadi,M. P. (2018). PENGARUH PROFITABILITAS DAN SIZE

TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CSR SEBAGAI VARIABEL

PEMODERASI. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 7(3).

Dewi, K. R. C., & Sanica, I. G. (2017). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan

Manajerial, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai

Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Jurnal Ilmiah Akuntaansi dan Bisnis, 2(1).

Dewi, L. S., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Kepemilikan

Institusional dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal

Manajemen, 8(10), 6099-6118

Dewi,N.M.L, & Suputra, D.I.D.G.(2019). PENGARUH PROFITABILITAS DAN

LEVERAGE PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL

RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. E-Jurnal Akuntansi,

(1) ,26-54.

Fahmi, I. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. Mitra Wacana

Media.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (5th ed.).

Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafizah, N. Y. (2020). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN

UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris

pada Perusahaan Property and Real Estate Tahun 2016-2018). Jurnal Ilmiah

Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 4(1), 41–48.

Hasanah, I. L., Maslichah, M., & Junaidi, J. (2019). Slack Resource, rapat Dewan Komisaris

dan Feminisme Dewan Direksi Terhadap Kualitas Pengungkapan Tanggung Jawab

Sosial Perusahaan. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 8(11).

Hery. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta:PT Grasindo.

https://modi.esdm.go.id. (Diakses 3 Desember 2021).

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976).Theory of the firm: Managerial behavior, agency

costs and ownership structure.Journal of financial economics, 3(4), 305-360.

Kasmir.(2012).Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kusumayanti,N. K. R., & Astika. I. B. P. (2016). CORPORATE SOCIAL

RESPONSIBILITY SEBAGAI PEMEDIASI PENGARUH UKURAN

PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE PADA NILAI

PERUSAHAAN.E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 15 (1), 549-583.

Kontan.co.id. (2021). “Walhi : Industri tambang Indonesia belum mampu mematuhi kaidah

lingkungan dengan baik”. https://industri.kontan.co.id/news/walhi-industri-tambangindonesia-belum-mampu-mematuhi-kaidah-lingkungan-dengan-baik. (Diakses 3

Desember 2021).

Lestari, E. S., Rinofah, R., & Maulida, A. (2022). Pengaruh profitabilitas, leverage,

kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan csr sebagai

variabel moderating. In Forum Ekonomi , 24(1), 30-44.

Madyakusumawati, S. (2019). Peran Slack Resources dan Diversitas Gender Terhadap

Kualitas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Jembatan: Jurnal Ilmiah

Manajemen, 16(2), 69–92.

Mufidah, N. M., & Purnamasari, P. E. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai

Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good

Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating. El Dinar, 6(1), 64-82.

Orazalin, N. (2019). Corporate governance and corporate social responsibility (CSR)

disclosure in an emerging economy: evidence from commercial banks of

Kazakhstan. Corporate Governance: The International Journal of Business in

Society.

Permatasari, V. P., & Yuliandari, W. S. (2019). Pengaruh Mekanisme Good Corporate

Governance Terhadap Nilai Perusahaan (studi Empiris Pada Perusahaan Sektor

Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017).

eProceedings of Management, 6(2).

Pramana, I. N. A. D., & Mustanda, I. K. (2016). PENGARUH PROFITABILITAS DAN

SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CSR SEBAGAI VARIABEL

PEMODERASI. E-Jurnal Manajemen Unud,5(1), 561 -594.

Pratama, J. A., & Khairunnisa, K. (2018). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kebijakan

Deviden, Keputusan Pendanaan dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan

(Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang dan Konsumsi yang Terdaftar

Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016). eProceedings of Managements, 5(2).

Prastowo, J.,& Huda, M. (2011). Corporate Social Responsibility: Kunci Meraih Kemuliaan

Bisnis. Yogyakarta: Samudra Biru.

Putri, Z. B., & Budiyanto, B. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap

Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderating.

Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7(3).

Rukmana, U. N. A., Akram & Pituringsih, E. (2020). PREDIKTOR PENGUNGKAPAN

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PENGARUHNYA TERHADAP

NILAI PERUSAHAAN. Jurnal EMBA, 8(4), 156-167.

Setiawan,E., & Christiawan,Y.G.(2017). PENGARUH PENERAPAN CORPORATE

GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN

PERUSAHAAN DAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL KONTROL. Business

Accounting Review, 5(2).

Shafina, F., & Anwar, S. (2021). Determinan Pada Nilai Perusahaan Dengan Corporate

Social Responsibility Sebagai Variabel Intervening.Seminar Nasional Akuntansi dan

Call for Paper (SENAPAN), 1(1), 513-524.

Shoimah, I. L., & Aryani, Y. A. (2019). SLACK RESOURCE, FAMILY OWNERSHIP

AND Corporate Social Responsibility Disclosure. Jurnal Reviu Akuntansi dan

Keuangan, 9(2), 192-199.

Sofiamira, N. A., & Asandimitra, N. (2017). CAPITAL EXPENDITURE, LEVERAGE,

GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CORPORATE SOCIAL

RESPONSIBILITY: PENGARUHNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN.

Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(2).

Sugiarti, R. (2020). PENGARUH FIRM MATURITY DAN SLACK RESOURCES

TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY.

Journal of Applie Business and Economic (JABE), 7(1), 48-64.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Vidarani, I. A. G. S., & Budiasih, I. G. A. N. (2020). Pengungkapan Corporate Social

Responsibility Sebagai Pemoderasi Pengaruh Leverage dan Kepemilikan Manajerial

Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 30(1).

Widyaningsih, D. (2018). Kepemilikan Manajerial,Kepemilikan Institusional, Komisaris

Independen, serta Komite Audit pada Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan CSR

sebagai Variabel Moderating dan Firm Size sebagai Variabel Kontrol. Jurnal

Akuntansi dan Pajak,19 (1).

Wulandari, N. M. I., & Wiksuana, I. G. B. (2017). PERANAN CORPORATE SOCIAL

RESPONSIBILITY DALAM MEMODERASI PENGARUH PROFITABILITAS,

LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI

PERUSAHAAN. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3).

Yusuf, Y. Y., Rahman, A. F., & Mardiati, E. (2017). DETERMINAN PENGUNGKAPAN CSR DAN PENGARUHNYA TERHADAP NILAI

PERUSAHAAN. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(2)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun