PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Abstract
The purpose of the study was to determine the effect of disclosure of corporate social responsibility and capital structure on firm value with firm size as a moderating variable. This research was conducted on manufacturing companies that have been listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2020. The data used is secondary data in the form of Annual Reports of manufacturing companies for 2016-2020 which are downloaded through www.idx.co.id and each company's website and data in the form of 2016-2020 sustainability reports. The population of this study is all manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2020 with a total of 196 companies. The sampling technique used purposive sampling method in order to obtain 41 companies. The data analysis technique used moderate regression analysis (MRA). The data is processed using the SPSS Version 16 program. The results of this study are the disclosure of corporate social responsibility has an effect on firm value, capital structure has no effect on firm value, firm size is not able to moderate the effect of corporate social responsibility disclosure on firm value, firm size is unable to moderate the effect capital structure on firm value.
Keywords: Disclosure of Corporate Social Responsibility, Capital Structure, Firm Value, Company Size.
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Growth
Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai
Variabel Intervening. Jurnal Statistika Industri Dan Komputasi, 4(1), 15–30.
Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.34151/Statistika.V4i01.1047
Astari, Y., Rinofah, R., & Mujino. (2019). Pengaruh Struktur Modal Dan
Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai
Moderasi. Jurnal Ilmial MEA, 3(3), 191–201.
Https://Doi.Org/10.31955/Mea.Vol4.Iss1.Pp191-201.
Ayem, S., & Nikmah, J. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility
Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel
Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa
Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara, 1(2),
–149. Https://Doi.Org/10.24964/Japd.V1i1.874
Bae, K. H., El Ghoul, S., Guedhami, O., Kwok, C. C. Y., & Zheng, Y. (2018).
Does Corporate Social Responsibility Reduce The Costs Of High Leverage?
Evidence From Capital Structure And Product Market Interactions. Journal
Of Banking And Finance, 1–61.
Https://Doi.Org/10.1016/J.Jbankfin.2018.11.007
Desiyanti, E., Kalbuana, N., Fauziah, S., & Sutadipraja, M. W. (2020). Pengaruh
Pengungkapan CSR, Persistensi Laba Dan Pertumbuhan Laba Terhadap
Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Jakarta Islamic Index Yang Terdaftar Di
Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Jurnal Mala’bi, 3(1), 1–5.
Https://Doi.Org/10.47824/Jme.V3i1.66
Dewi, K. R. C., & Sanica, I. G. (2017). Pengaruh Kepemilikan Institusional,
Kepemilikan Manajerial, Dan Pengungkapan Corporate Social
Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur
Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan
Bisnis, 2(1).
Elisa, S. N., & Amanah, L. (2021). Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran
Perusahaan Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal
Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(7), 1–20.
Http://Www.Yinglisolar.Com/Us/About/Sustainability/
Erawati, T., & Cahyaningrum, D. (2021). Pengaruh Corporate Social
Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan
Manajerial Sebagai Variabel Pemoderasi. Journal Of Accounting, Finance,
Taxation, And Auditing (JAFTA), 2(2), 151–169.
Https://Doi.Org/10.28932/Jafta.V2i2.3296
Fista, B. F., & Widyawati, D. (2017). Pengaruh Kebijakan Dividen, Pertumbuhan
Penjualan, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan.
Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(5), 2051–2070.
Http://Jurnalmahasiswa.Stiesia.Ac.Id/Index.Php/Jira/Article/View/1188
Harun, M. S., Hussainey, K., Kharuddin, K. A. M., & Farooque, O. Al. (2020).
CSR Disclosure, Corporate Governance And Firm Value: A Study On GCC
Islamic Banks. International Journal Of Accounting And Information Management. Https://Doi.Org/10.1108/IJAIM-08-2019-0103
Hermawan, A. D. (2018). Pengaruh Kebijakan Deviden, Growth Opportunity Dan
Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial
Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, 10(2), 131–142.
Https://Doi.Org/10.30998/Sosioekons.V10i2.2690
Hidayat, W. W. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Return On Equity Dan
Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di
Indonesia. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 21(1), 67–75.
Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.29264/Jfor.V21i1.5223
Irawan, D., & Kusuma, N. (2019). Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran
Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal AKTUAL, 17(1), 66–81.
Https://Doi.Org/10.47232/Aktual.V17i1.34
Jovita, S., & Lisandri. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility
Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel
Moderating Pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batu Bara Di
Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 21(2), 117–129.
Kalalo, M. C. Y., Saerang, I., & Maramis, J. B. (2020). Pengaruh Ukuran
Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Dan Nilai
Perusahaan Plastik Dan Kemasan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2013-2017.
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi,
(4), 467–474.
Kesumastuti, M. A. R. M., & Dewi, A. A. (2021). Pengaruh Pengungkapan CSR
Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Usia Dan Ukuran Perusahaan Sebagai
Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 31(7), 1854.
Https://Doi.Org/10.24843/Eja.2021.V31.I07.P19
Mahadi, T. (2020). Emiten Makanan-Minuman Dinilai Aman Dari Sentimen
Resesi Dan PSBB. Kontan.Co.Id.
Https://Investasi.Kontan.Co.Id/News/Emiten-Makanan-Minuman-DinilaiAman-Dari-Sentimen-Resesi-Dan-Psbb
Mudjijah, S., Khalid, Z., & Astuti, D. A. S. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan
Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Yang Dimoderasi Variabel
Ukuran Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 41–56.
Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.36080/Jak.V8i1.839
Nugroho, P. S., Sumiyanti, T., & Astuti, R. P. (2019). Pengaruh Struktur Modal
(Der), Profitabilitas (Roa) Dan Ukuran Perusahaan (Size) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Variabel Moderasi Kepemilikan Manajerial. JAB,
(02), 61–77.
Nurfauziah, F. L., & Utami, C. K. (2021). Pengaruh Pengungkapan CSR Dan Tata
Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Industri Sub Sektor
Tekstil Dan Garmen. Jurnal Akuntansi, 15(1), 42–70.
Https://Doi.Org/10.25170/Jak.V15i1.1619
Oktrima, B. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Struktur Modal
Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris: PT. Mayora Indah, Tbk. Tahun
– 2015). Jurnal Sekuritas, 1(1), 98–107.
Pohan, H. T., Noor, I. N., & Bhakti, Y. F. (2018). Pengaruh Profitabilitas Dan
Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan
Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi
Trisakti, 5(1), 41–52.
Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.25105/Jat.V5i1.4850
Pratami, Y., & Jamil, P. C. (2021). Pengaruh Sustainability Reporting,
Profitabilitas, Struktur Modal Dan Insentif Manajer Terhadap Nilai
Perusahaan. Journal Of Economic, Bussines And Accounting (COSTING),
(2), 434–444. Https://Doi.Org/10.31539/Costing.V4i2.1989
Rahmantari, N. L. L. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap
Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Sebagai
Variabel Moderasi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek
Indonesia. Ganec Swara, 15(1), 813.
Santoso, A., & Susilowati, T. (2020). Ukuran Perusahaan Memoderasi Pengaruh
Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Adbis: Jurnal Administrasi Dan
Bisnis, 13(2), 156. Https://Doi.Org/10.33795/J-Adbis.V13i2.74
Santoso, B. A., & Budiarti, A. (2020). Profitabilitas Sebagai Mediasi
Pertumbuhan Penjualan Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan.
Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(2), 45–57.
Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V3i2.158
Sari, D. P., Putri, W. A., Neldi, M., & Candra, Y. (2021). Pengaruh Intellectual
Capital, Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan
Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018.
Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(2), 235–244.
Sari, R., & Sayadi, M. H. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai
Perusahaan Dengan Moderasi Komite Audit. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 11(02), 115–119.
Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.36982/Jiegmk.V11i2.1193
Seok, J., Lee, Y., & Kim, B. Do. (2020). Impact Of CSR News Reports On Firm
Value. Asia Pacific Journal Of Marketing And Logistics, 32(3), 644–663.
Https://Doi.Org/10.1108/APJML-06-2019-0352
Sunandes, A. (2020). Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan
Dengan Struktur Modal Sebagai Moderasi Pada Indeks Sri Kehati BEI.
Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi, 13(1), 90–105.
Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35457/Xxx
Taufiq, M. (2019). Corporate Social Responsibility Dalam Value Perusahaan
Dengan Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating.
ASSETS : Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan Dan Pajak, 3(1), 57–66.
Https://Doi.Org/10.30741/Assets.V3i1.368
Wassie, F. A. (2020). Impacts Of Capital Structure: Profitability Of Construction
Companies In Ethiopia. Journal Of Financial Management Of Property And
Construction, 25(3), 371–386. Https://Doi.Org/10.1108/JFMPC-08-2019-
Wedayanti, L. P., & Wirajaya, I. G. A. (2018). Pengaruh Pengungkapan
Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan Dengan Ukuran
Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 24(3), 2304–
Https://Doi.Org/10.24843/Eja.2018.V24.I03.P25
Widiatmi, S. W. A. (2019). Interaksi Manajemen Laba Dalam Pengungkapan
Corporate Social Responsibility Dan Kinerja Keuangan Sektor Manufaktur
Di Bursa Efek Indonesia (Bei). Akurasi : Jurnal Studi Akuntansi Dan
Keuangan, 2(2), 139–153. Https://Doi.Org/10.29303/Akurasi.V2i2.21
Wijaya, A. L., & Pancawati, E. L. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate
Social Responsibility (CSR) Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan
Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Pada
Perusahaan Food And Beverage Tahun 2013-2017). INVENTORY : Jurnal
Akuntansi, 3(2), 131–140.
Winarto, Y. (2019). Ini Penyebab Anjloknya Kinerja Indeks Sektor Manufaktur
Sejak Awal Tahun. Kontan.Co.Id. Https://Investasi.Kontan.Co.Id/News/IniPenyebab-Anjloknya-Kinerja-Indeks-Sektor-Manufaktur-Sejak-Awal-Tahun
Yang, S., He, F., Zhu, Q., & Li, S. (2017). How Does Corporate Social
Responsibility Change Capital Structure? Asia-Pacific Journal Of Accounting And Economics, 1–36.
Https://Doi.Org/10.1080/16081625.2017.1354710
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Universitas PGRI Madiun
Kampus 3 Lantai 2
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jl. Auri no. 14-16 Madiun