ANALISIS PENGARUH PROMOSI DAN HARGA PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN BANGUNAN DI KECAMATAN BALEREJO KABUPATEN MADIUN

Mulyana Megawati, Heny Sidanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui : a) pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian bahan bangunan di Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun, b) pengaruh harga terhadap keputusan pembelian bahan bangunan di Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun, c) Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian bahan bangunan di Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun. Jenis Penelitian ini yaitu Penelitian Kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 99 responden. Menggunakan random sampling. Pengambilan data menggunakan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan Regresi linear berganda melalui software SPSS 2.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian bahan bangunan di Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun. Harga penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian bahan bangunan di Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun.

Kata Kunci: Promosi Penjualan, Harga Penjualan, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Unud, 7(1), 441–469.

Firmansyah, S., & Setiyarini, T. (2021). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Bahan Material Bangunan Ud. Jaya Abadi Di Sampang. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (Jkim), 1(2), 130–136.

Habe, H., & Wulandari, F. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Bahan Banguna Pada Ud Sumatra Baja Di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Mandiri Saburai, 02(01), 1–10.

Hariadi, D., & Martoatmodjo, S. (2012). Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Projector Microvision. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 1(8), 1–21.

Hidayat, A. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Voucher Isi Ulang Xl Di Universitas Semarang. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Semarang, 2(5), 113–128.

Indumathi, & Dawood, D. A. K. (2016). Impact Of Marketing Mix On Consumer Buying Behavior In Organic Product. International Journal Of Research In Finance & Marketing International Journal Of Research In Finance And Marketing (Ijrfm), 6(10), 2231–5985.

Http://Euroasiapub.Org/Current.Phphttp://Www.Euroasiapub.Org

Kurnianingsih, W., & Sugiyanto. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Nestle Indonesia. Prosiding Semir Nasional Humanis, 1(1), 510–524.

Manggala, F. F. (2015). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Handphone Samsung Jenis Android Di Magelang. Segmen - Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 11(1b), 1–12.

Mutmainnah, M. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Sarana Multigriya Lestari. Jurnal Ilmiah Feasible (Jif), 2(1), 83. Https://Doi.Org/10.32493/Fb.V2i1.2020.83-94.3710

Rahajo, K., & Santosa, B. S. (2015). Analisis Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di T.B Rajawali Kalicilik, Demak (Vol. 4, Issue 2003). Universitas Diponegoro Semarang.

Rajput, A. A., Kalhoro, S. H., & Wasif, R. (2012). Impact Of Product Price And Quality On Consumer Buying Behavior: Evidence From Pakistan. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, 4(4), 485–496.

Saputra, R., & Semuel, H. (2013). Analisa Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia Di Sidoarjo. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1–12.

Sari, C. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Beras (Studi Kasus Konsumen Kilang Padi Kamoa Di Desa Aek Badak Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan). In Iain Padang Sidimoun. Iain Padang Sidimoun.

Setiadi, E. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Pembelian Strup Pada Pt. Kharisma Sukses Gemilang [Universitas Buddhi Dharma]. In Universitas Buddhi Dharma (Vol. 68, Issue 1). Http://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Ndteint.2014.07.001%0ahttps://Doi.Org/10. 1016/J.Ndteint.2017.12.003%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Matdes.201 7.02.024

Susanto, A. (2013). Pengaruh Promosi, Harga Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Batik Tulis Karangmlati Demak. In Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Susnita, T. A. (2021). Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Bangunan Simpang Tiga Jaya Lemahsugih Kabupaten Majalengka. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(5), 1013–1020. Https://Doi.Org/10.36418/Jiss.V2i6.348

Sutrayani. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt . Kumala Celebes Motor ( Mazda Makassar ). In Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Widharta, W. P., & Sugiharto, S. (2013). Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–15. Https://Www.Neliti.Com/Id/Publications/134744/Penyusunan-Strategi- Dan-Sistem-Penjualan-Dalam-Rangka-Meningkatkan-Penjualan-Tok

Yanti, F. (2017). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan P E M B E L I A N Viva Kosmethc Pada Mahasiswi F A K U L T A S Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang. Universitas Muhammadiyah Palembang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun