PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN USER EXPERIENCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SECOND DI MARKETPLACE FACEBOOK (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Madiun)

Cakti Bintan Dwi Harisma, Heny Sidanti, Dian Citaningtyas Ari Kadi

Abstract


Abstrak

Marketplace Facebook adalah di mana orang bisa menemukan, membeli, dan menjual produk. Orang bisa menelusuri tawaran, mencari produk yang dijual di sekitar mereka, atau menemukan produk yang bisa dikirimkan. Salah satunya penggunaan handphone second yang banyak diminati oleh semua kalangan menjadi alternatif baik bagi konsumen maupun pelaku bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial dan user experience terhadap keputusan pembelian handphone second di marketplace Facebook. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Kota Madiun dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sebanyak 384 responden. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan SPSS versi 25. Sedangkan analisis data menggunakan analisis garis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) Media Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (2) User Experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (3) Media sosial dan User Experience secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

 Kata Kunci: Media Sosial, User Eperience, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun